oleh

Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV yang Hadir di IIMS 2022

Pabrikan berlogo T akhirnya menghadirkan mobil listrik, Toyota Kijang Innova EV di IIMS 2022. Mobil tersebut hadir dengan spesifikasi yang unik.

Jika melihat secara kasat mata, Innova versi elektrik ini tidak jauh beda dengan model lama. Cuma ada sedikit ubahan. Sebut saja di bagian paras, grille kini lebih tertutup. Kemudian muncul logo Toyota beraksen biru.

Dari samping, tidak ada ubahan yang berarti. Paling juga kehadiran stiker atau livery biru di bodinya. Sementara velg dan ban, sepertinya msih serupa dengan model Innova konvensional.

Lalu di sektor belakang, masih sama. Hanya saja kalau dilihat secara detail, knalpotnya hilang. Di bagian kolong, pun ada baterai dengan ukuran cukup besar yang menggantikan posisi ban serep.

“Tahun ini lini produk elektrifikasi Toyota lengkap, salah satunya dengan kehadiran Innova EV ini,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy saat ditemui di IIMS 2022, Kamis (31/03/2022).

Interior Innova EV

spesifikasi toyota kijang innova ev - interior
Tuas transmisi hilang digantikan tombol-tombol, itulah ciri khas Innova versi listrik

Kalau melihat spesifikasi interior Toyota Kijang Innova EV,  tidaklah istimewa. Masih banyak kesamaan dengan Innova dengan bahan bakar minyak, namun ada beberapa ubahan. Sebut saja warna jok dibuat cerah.

Baca juga  Hyundai Ioniq 5 Facelift Meluncur, Jarak Tempuh Lebih Jauh!

Sementara untuk kapasitasnya tetap, alias masih memiliki tiga baris bangku. Lalu bangku baris kedua atau yang tengah menggunakan gaya captain seat.

Di bagian dashboard, juga tidak beda dengan Innova lama. Hanya saja ada ubahan di sektor transmisi. Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV tidak pakai tuas transmisi, melainkan menggunakan tombol.

Ada empat tombol transmisi di Innova versi listrik: D, B, N, dan R. Huruf B berarti brake, kalau di mobil hybrid Toyota maka berfungsi meningkatkan engine brake agar pengisian baterai secara otomatis lebih maksimal. Istimewa bukan?

Konsumen Sudah Bisa Beli Innova EV?

spesifikasi toyota kijang innova ev - tampak belakang
Sosok Innova listrik dari belakang

Hanya saja terkait spesifikasi Toyota Kijang Innova EV secara detail, pabrikan berlogo T belum mau memberi informasi secara gamblang. Pasalnya menurut mereka, ini adalah mobil konsep. Jadi, bukan dibuat untuk penjualan massal.

“Mobil ini masih konsep dan untuk studi, tapi kami buat khusus untuk pameran, bagian kaca harus terang. Jadi pengunjung bisa melihat secara jelas interiornya,” kata Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska.

Baca juga  7 Masalah Toyota Rush Bekas yang Sering Dikeluhkan

Walau, ketika mau masuk atau buka pintu untuk melihat spesifikasi Toyota Kijang Innova EV secara detail, tidak diperbolehkan. Sekali lagi, hal ini dikarenakan masih mobil konsep.

Lalu kapan kira-kira Innova listrik dijual di Indonesia? Pihak Toyota belum mau mengungkapkan secara detail. Satu yang pasti, Toyota bakal menghadirkan produk hybrid versi lokal pada akhir 2022. Kemungkinannya adalah Innova Hybrid.

Itulah bahasan soal spesifikasi Toyota Kijang Innova EV yang hadir di IIMS 2022. Setidaknya mobil konsep ini bisa jadi gebrakan buat pabrikan berlogo T di Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru