Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Wuling Victory, MPV Terbaru Pesaing Innova

by Baghendra Lodra
spesifikasi dan harga wuling victory

Spesifikasi Wuling Victory – Pabrikan asal Cina, Wuling meresmikan logo terbaru mereka. Secara bentuk, tampilannya tidak beda jauh dari yang lama. Masih mengandalkan kombinasi lima berlian yang disusun menjadi huruf W. Hanya saja dari sisi pewarnaan dibuat lain.

Logo Wuling anyar mengaplikasikan warna perak. Uniknya, logo lama yang berwarna merah tetap dipertahankan. Alhasil mereka kini punya dua logo. Untuk apa?

“Logo warna merah merepresentasikan gaya konvensional dan semangat pekerja keras, bakal dipakai untuk mobil-mobil niaga di dalam negeri (Cina), sementara logo perak merupakan pengembangan dari SAIC-GM-Wuling untk strategi global,” seperti dikutip dari laman pcauto.

Kemungkinan mobil-mobil penumpang yang dijual di seluruh dunia dengan nama Wuling bakal mengaplikasikan logo perak terbaru itu. Warna silver juga sekaligus menandakan bahwa Wuling siap berhadapan dengan masa depan. Oleh karenanya, diharapkan mobil-mobil yang bakal lahir selanjutnya memiliki kelengkapan teknologi modern.

Meski canggih, kendaraan penumpang Wuling tetap diharapkan mampu dipasarkan dengan harga terjangkau. Tidak ketinggalan punya kapasitas kabin lega, serta kualitas terbaik.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Wuling juga merilis Victory, MPV terbaru mereka dengan logo perak. Jika melihat desainnya, cukup mengagumkan. Tidak lagi mengaplikasikan gaya kuno layaknya Confero dan Cortez yang dipasarkan di Indonesia.

“Victory punya desain yang sylish, bakal menjadi senjata untuk bertarung di pasar Internasional, sekaligus memberitahukan kekuatan Wuling,” seperti dikutip dari rilis resmi General Motors China.

Wuling Victory memang belum dijual secara bebas. Maklum peluncurannya direncanakan berlangsung pada Juli 2020 di Cina. Prosesi tersebut bertepatan dengan ajang Chengdu Motor Show 2020.

Meski belum diluncurkan, namun sejumlah bocoran terkait spesifikasi Wuling Victory sudah terungkap. Bahkan kalau melihat informasi yang beredar, mobil ini diklaim siap menggantikan eksistensi Cortez di Indonesia. Dengan kata lain Victory bakal berhadapan langsung dengan Toyota Kijang Innova jika masuk Tanah Air nanti.

Ingin tahu lebih detail tentang MPV terbaru Wuling? Penasaran dengan spesifikasi Wuling Victory? Simak bahasan berikut:

Desain Modern Wuling Victory, Paras Mirip Almaz

interior wuling victory

Kalau melihat dari gambar ini, interior Wuling Victory bakal pakai captain seat untuk bangku baris kedua. Persis dengan yang diterapkan Wuling di kabin Cortez

Memang tidak seluruh spesifikasi Wuling Victory terungkap. Pabrikan lima berlian cuma menampilkan MPV yang masih tertutup selubung kamuflase. Meski demikian, ada beberapa komponen yang tampak jelas.

Baca juga  Review Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Masih Layak Dibeli?

Sebut saja pelek MPV Wuling ini pakai gaya two tone dengan lima palang. Lalu spion tampaknya telah terintegrasi dengan lampu sein LED.

Tampak depan, sekilas siluet paras modern layaknya Wuling Almaz. Maksudnya lampu depan diletakkan agak ke bawah, kemudian di atasnya ada lampu senja atau daytime running light (DRL). Desain seperti ini tidak hanya diterapkan oleh Wuling Almaz, tapi juga Mitsubishi Xpander.

Bahkan kalau dicek lebih detail, spesifikasi Wuling Victory dari sisi muka begitu istimewa. Lampu depannya memang terletak agak ke bawah, namun dengan desain kombinasi empat lampu. Pokonya benar-benar tampil beda.

Sementara bagian belakang, tidak terlihat jelas. Dari pengamatan kami, desainnya agak unik. Bagian bokongnya seperti agak menjorok ke belakang, melebihi kaca.

Di bagian atap, Wuling Victory juga dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup menarik. Ada roof rail yang tugasnya untuk memudahkan pemasangan roof rack dan roof box. Khususnya roof box dapat dihadirkan dalam memberi ruang tambahan bila mau meletakkan barang bawaan. 

Biasanya fitur roof rail ini ada di SUV. Namun, kehadirannya di MPV Wuling tentu menjadikan nilai plus tersendiri.

Jika dilihat dari dimensinya, Wuling Victory lebih besar sedikit dari Cortez yang dijual di Indonesia saat ini. Maka seharusnya kabinya jauh lebih lapang. 

Interior Wuling Victory, Pakai Tiga Baris Bangku

interior wuling victory

Interior Wuling Victory begitu elegan seperti MPV mewah

Kemudian untuk interior Wuling Victory, media Cina percaya bahwa MPV anyar tersebut memiliki konfigurasi tiga baris. Hal ini wajar, lantaran dimensi mobil tampak begitu bongsor. Sekilas mirip Wuling Cortez. Bahkan bukan tidak mungkin, Victory hadir sebagai pengganti Cortez.

Dengan tiga baris bangku, pastinya seluruh keluarga bisa tertampung di sini. Bahkan jok paling belakang bisa dilipat sehingga dapat dijadikan tempat ruang penyimpanan yang sangat luas.

Konfigurasi bangku seperti ini sangat disukai tentunya oleh konsumen Indonesia. Terbukti MPV 7-Seater merupakan model yang paling laku di Tanah Air.

Baca juga  Konsumsi BBM Hyundai Stargazer, Lebih Irit dari Xpander dan Veloz?

Soal detail interior Wuling Victory, sejauh ini cuma ada bocoran dari bangku baris pertama dan kedua. Di dashboard depan tampilannya begitu elegan dan tidak banyak tombol.

Interiornya memiliki kombinasi warna hitam dan beige. Ada pula head unit layar sentuh dan panel instrumen LCD. Tidak ketinggalan panoramic sunroof, dan negative ion generator.

Jok Wuling Victory telah menggunakan material kulit. Ini sangat penting terutama untuk mobil keluarga. Kehadiran jok kulit memudahkan pembersihan, bila terkena kotoran atau tumpahan minum dan makanan.

Di samping bocoran tersebut, banyak media Cina yang mengatakan bahwa Wuling Victory memiliki fitur-fiturnya bakal jauh lebih modern dari MPV sekarang.

Ambil contoh voice command dalam bahasa Indonesia, mereka sudah menempatkannya di Almaz selaku SUV. Bukan tidak mungkin, ke depannya fitur tersebut masuk juga ke produk-produk MPV seperti Victory.

Baca juga:

Spesifikasi Mesin Wuling Victory

spesifikasi mesin wuling victory

Di dalam kap mesin Wuling Victory dipercaya ada mesin 1.5 liter turbo yang lebih buas dari Wuling Cortez dan Almaz

Hingga saat ini memang belum ada spesifikasi resmi untuk mesin Wuling Victory. Walau demikian, bocoran sudah banyak bertebaran di dunia maya. Salah satunya GM Authority yang mengatakan bahwa MPV terbaru pesaing Toyota Innova ini bakal pakai mesin 1.5 Liter dengan turbo.

Kalau benar demikian, maka spesifikasi Wuling Victory dalam hal mesin, tidak ada beda dengan Wuling Almaz dan Cortez? Sekilas memang konfigurasinya mirip, namun tetap ada revisi yang diberikan oleh pabrikan lima berlian.

Mesin Wuling Victory digadang-gadang lebih mantap dari sisi performa. Tenaga yang dapat dihasilkannya bisa mencapai 174 hp. Artinya jika dibandingkan dengan mesin Almaz dan Cortez bedanya sangat jauh. pasalnya dua mobil itu cuma bisa mengluarkan tenaga 140 hp.

“Dipersenjatai salah stu dari mesin 1.5L turbocharged empat silinder yang mampu menawarkan tenaga 145 hp dan 174 hp,” seperti dikutip dari laman GM Authority.

Tabel Spesifikasi Wuling Victory

Panjang 4.876 mm
Lebar 1.879 mm
Tinggi 1.701 mm
Jarak Sumbu Roda 2.800 mm
Mesin 1.5 Liter Turbocharged
Tenaga Maksimal 145 hp / 174 hp
Baca juga  Sejarah Honda Mobilio, Dari Generasi ke Generasi

MPV Wuling di Indonesia

mpv baru wuling

Wuling Victory diperkenalkan di Cina, beberapa waktu lalu

Di Tanah Air, MPV Wuling sudah ada dua produk: Cortez dan Confero. Khusus Cortez kelasnya lebih tinggi dari Confero, lantaran pakai mesin 1.500 cc dengan teknologi turbo. Kemudian fiturnya juga lebih modern.

Wuling Cortez memiliki AC digital, panoramic sunroof, engine start stop, hingga suspensi belakang independen. Lalu bodinya juga bongsor, sehingga mampu menampung penumpang dengan lebih nyaman.

Soal kompetitor, Cortez disebut-sebut sebagai penantang dari Toyota Innova. Meski demikian, dari sisi harga Wuling Cortez jauh lebih murah, mulai Rp238 jutaan.

Wuling Confero beda lagi, karena masuk kelas low MPV. Rivalnya adalah Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan lain-lain. Kelebihan Confero punya banderol terjangkau mulai Rp150 jutaan. Meski demikian, dari sisi mesin dan fitur tidak kalah dari kompetitor.

Jantung mekanisnya cukup istimewa dengan mesin 1.500 cc DOHC berteknologi DVVT. Di atas kertas mampu memuntahkan torsi 142 Nm pada 3.800 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 107 hp pada 5.800 rpm. Performa ini mengungguli mesin Xpander, Avanza, dan Ertiga.

Dari sisi kelegaan kabin, Confero juga baik. Hal ini dikarenakan desain mengotak yang mampu memberi ruang lega di dalam interior. Terkait fitur, Wuling Confero pun lebih dari cukup. Di varian tertinggi ada rem cakram untuk keempat roda, ABS, EBD, kamera parkir, sensor parkir, TPMS, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan MPV Wuling yang dijual di Indonesia? Jangan-jangan masih ragu dengan produk Cina? Atau kamu mau menunggu kedatangan Wuling Victory sang MPV baru?

Tentunya spesifikasi Wuling Victory bakal lebih modern dibanding dua saudaranya tersebut. Kita tunggu saja sama-sama kedatangannya. Tentu sambil berharap, harganya jauh lebih terjangkau dibanding mobil pabrikan Jepang.

Wuling Victory siap meluncur di Cina pada Chengdu Motor Show 2020 yang berlangsung Juli. Selanjutnya mobil ini bakal dipasarkan ke seluruh dunia. Ketika itulah kemungkinan masuk Indonesia bakal terbuka luas.

Apalagi pasar MPV di Tanah Air memang cukup besar. Kehadiran Victory bisa menjadi mengganti buat Cortez. Sekaligus menantang eksistensi dari Toyota Kijang Innova!

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika