Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Suzuki Baleno Vs Honda City hatchback, Pilih yang Murah!

by Firdaus Ali
Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback. Dimana kedua mobil ini akan kami uji, baik dari sisi mesin, kenyamanan kabin, serta konsumsi bahan bakarnya.

Suzuki Baleno terbaru berganti model, dari sedan menjadi hatchback. Sementara untuk Honda City Hatchback banyak yang bilang sebagai pengganti Honda Jazz.

Kedua mobil hatchback dari pabrikan otomotif Jepang ini mengusung tampilan yang menarik serta didukung dengan berbagai fitur modern. Baik Suzuki Baleno maupun Honda City Hatchback mempunyai desain eksterior yang menarik. Suzuki baleno mempunyai tampilan yang segar dan modern. Hal tersebut bisa dilihat dari kombinasi desain grill dan headlamp yang sudah menggunakan LED. Ditambah, adanya garis aerodinasmis pada bumper serta disematkan foglamp LED.

Kemudian, untuk bagian belakangnya terlihat lebih membulat dari generasi sebelumnya. Desain lampunya juga baru, menyelaraskan lekukan body sampingnya. Nah, untuk menunjang penampilannya terlihat fresh, disematkan velg two tone berukuran 16 inci yang dibalut dengan ban berprofil 195/55R16.

Untuk Honda City Hatchback, mobil pengganti Honda Jazz ini punya tampilan yang kental dengan aura sporty. Hal itu bisa terlihat jelas dari perpaduan lekukan body, headlamp, grill dan bumpernya. Untuk menunjang penampilannya, Honda City RS Hatchback mengadopsi velg alloy berukuran 16 inchi yang dibalut ban berprofil 185/55 R16.

Nah, ingin lebih tahu sisi menarik dari kedua mobil hatchback ini? mari kita simak ulasan lengkap komparasi Suzuki Baleno vs Honda City hatchback berikut ini.

Dimensi Honda City Hatchback Lebih Bongsor

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Dimensi Honda City Hatchback lebih bongsor

Honda City Hatchback memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.600 mm. Sementara itu untuk Suzuki Baleno mempunyai panjang 3.990 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.485 mm, serta ground clearance 160 mm. Jarak poros roda hatchback Suzuki di angka 2.520 mm.

Jika melihat dimensi dari kedua mobil itu, jelas Honda City RS Hatchback lebih bongsor. Hal itu juga kami buktikan saat menguji akomodasi kabin interior. 2 orang dengan tinggi 186 cm duduk di bangku supir dan 1 orang dengan tinggi 178 cm duduk di bangku baris kedua di belakang supir.

Baca juga  Transmisi AGS Suzuki S-Presso Mirip Ignis, Rawan Rusak?

Hasilnya, jarak dari senderan bangku supir ke dengkul penumpang bangku kedua untuk Honda City Hatchback adalah 5 jari. Sementara untuk Suzuki Baleno hanya 2 jari. Dari sisi kenyamanan orang di dalam interior, hatchback pabrikan berlogo H pemenangnya.

Meski begitu, untuk kapasitas bagasinya, Suzuki Baleno lebih lega, yaitu 399 liter. Sementara untuk City hanya 300 liter. Jadi, Baleno lebih sip bila membawa barang.

Performa Mesin Suzuki Baleno Lebih Unggul

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Performa mesin Baleno lebih unggul

 

Ulasan rivalitas Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback selanjutnya adalah dari sisi jantung pacunya. Honda City Hatchback menggunakan mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC, di atas kertas mobil ini bisa mengeluarkan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm. Untuk transmisi ada dua opsi: manual 6-percepatan dan CVT.

Sementara itu untuk Suzuki Baleno menggunakan mesin K14B 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Di atas kertas, mesin itu bisa mengeluarkan tenaga 93 PS yang dicapai pada 6.000 RPM dengan torsi 130 Nm pada 4.200 RPM. Untuk transmisinya ada manual 5-percepatan dan matik konvensional 4-percepatan.

Jika dilihat dari spesifikasi pabrikan, di atas kertas Honda City Hatchback memang lebih unggul dibanding Baleno. Namun begitu, saat kami menguji langsung akselerasi dan drag race sejauh 201 meter hasilnya mengejutkan.

Untuk tes akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dimenangkan oleh Suzuki Baleno Hatchback, adapun catatan waktunya 11,7 detik. Sementara untuk Honda City RS Hatchback raihan angkanya 12,4 detik.

Selanjutnya untuk drag race sejauh 201 meter juga nyatanya dimenangkan oleh Suzuki Baleno Hatchback dengan catatan waktu 11,7 detik dan Honda City RS hatchback 12,0 detik.

Berbeda halnya dengan konsumsi BBM, kali ini dimenangkan oleh Honda City RS Hatchback. Adapun catatn angka konsumsi BBM yaitu 15 km/liter untuk rute dalam kota dan 20,5 km/liter untuk rute jalan tol.

Baca juga  Suzuki Carry Buatan Indonesia, Sumbang 7,28 Juta Penjualan Suzuki Global!

Sementara itu konsumsi BBM dari Suzuki Baleno Hatchback yaitu 14,7 km/liter untuk rute dalam kota dan 19,7 km/liter untuk rute jalan tol.

Sebagai informasi, dalam tes komparasi ini, kami menggunakan Honda City Hatchback varian tertinggi, yaitu CVT with Honda Sensing dan Suzuki Baleno AT.

Tampilan Interior Baleno Vs City Hatchback

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Interior Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Rivalitas Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback berlanjut ke bagian interiornya. Dimana kedua mobil ini juga sama-sama menyuguhkan desain yang menarik.

Honda City Hatchback menawarkan tampilan interior yang modern dan sporty. Mobil ini mengadopsi Meter Cluster berteknologi TFT dengan desain yang lebih atraktif berukuran 7 inci. Lalu ada pula Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio berukuran 8 inci. Head unit ini sama dengan varian lainnya, tapi yang beda yaitu bisa menampilkan gambar mobil lain dari Honda LaneWatch.

Selain itu, fitur lainnya tetap ada. Sebut saja ULTRA Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang (Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode).

Untuk Suzuki Baleno, menyuguhkan interior yang modern berkat adanya Head Up Display (HUD) serta headunit touchscreen berukuran 6,8 inci dengan model floating yang sudah bisa terkoneksi dengan Android dan Apple CarPlay. Bagian lingkar kemudi atau setirnya juga tampil lebih modern, mirip dengan yang digunakan Suzuki XL7. Dimana terdapat beberapa tombol untuk mengatur audio.

Kenyamanan Kabin Suzuki Baleno Vs City Hatchback

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Tes guncangan dan kekedapan kabin

Selain drag race dan akselerasi, dalam komparasi antara Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback kami juga menguji kenyamanan kabin dari sisi kebisingan suara dan getaran mobil.

Hasilnya saat melewati speedtrap di jalan raya, Honda City RS Hatchback tercatat maksimal guncangan 0,4 m/s dan maksimal level suara 71,2 db. Sementara untuk Baleno Hatchback 0,6 m/s untuk maksimal guncangan, serta 70,2 db untuk maksimal suara.

Baca juga  Konsumsi BBM City Hatchback Hybrid, LCGC Kalah Irit

Dari angka tersebut bisa disimpulkan bahwa Honda City RS Hatchback kabinnya lebih minim guncangan. Jadi pengemudi dan penumpang di dalam mobil tidak mudah terkocok-kocok saat melewati jalan tidak rata. 

Sementara untuk kelebihan dari Suzuki Baleno adalah dalam hal kesenyapan kabin. Utamanya kabin terasa lebih sunyi dari gangguan suara-suara dari luar.

Fitur Honda City Hatchback Lebih Lengkap

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

City Hatchback Sudah dilengkapi fitur Honda Sensing

Membahas perseteruan Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback tentu kurang lengkap tanpa membahas fitur-fiturnya.

Honda City Hatchback varian tertinggi telah dilengkapi dengan Honda Sensing yang sudah terintegrasi dengan fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), LaneWatch, Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam (AHB), serta Walk Away Auto Lock yang berfungsi mengunci mobil dengan sendirinya saat pemilik keluar dari mobil.

Sementara itu, untuk Suzuki Baleno hanya dilengkapi fitur Hill Hold Control, Electric Stabilizer Power (ESP), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Immobilizer, dan fitur lainnya.

Harga Honda City Hatchback Lebih Mahal

Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback

Harga Suzuki Baleno lebih murah

Mengulas rivalitas Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback tentu akan lebih lengkap jika membahas harganya. Saat ini, harga Honda City RS Hatchback dijual dengan harga Rp 343,6 juta untuk varian MT, 353,6 juta untuk varian CVT dan Rp 373,6 juta untuk varian CVT with Honda Sensing.

Sementara itu, harga Suzuki Baleno adalah Rp 265,5 juta untuk varian MT dan Rp 277,5 juta untuk varian AT. Dengan demikian, Baleno jelas lebih murah dibanding City Hatchback. Meski murah, tapi performa mesin, luas bagasi, serta kekedapan kabinnya boleh diacungi jempol

Di sisi lain, Honda City Hatchback yang dijual mahal punya keunggulan soal fitur-fitur modern. Plus kabinnya lebih lega, sehingga untuk penumpang dengan tinggi di atas 170 cm, masih terasa nyaman.

Moladiners, itulah ulasan mengenai komparasi Suzuki Baleno vs Honda City Hatchback. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika