Jumat, Juni 14, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Suzuki Ertiga Hybrid 2022, Siap Meluncur!

by Tigor Sihombing
Ertiga Hybrid 2022

Suzuki diprediksi segera merilis unit MPV terbru mereka Ertiga Hybrid 2022. Bocoran iformasi ini semakin jelas, karena Suzuki kembali merilis teaser resmi di Instagram mereka.

Dalam postingannya pada 17 May 2022 tersebut Suzuki menyematkan caption “Experiencing the new sensation of driving for a better day…
Coming to you soon!”.

Sedangkan fotonya, bergambar siluete yang menyerupai mobil jenis MPV. Selain itu di dalam foto tersebut juga tertulis ‘Segera 10.06.22’. Dimana tulisan ini menandakan jika mobil tersebut akan dirilis pada bulan 10 Juni 2022 mendatang.

Lainnya jika diperhatikan dari caption, sudah pasti yang akan dirilis adalah model kendaraan ramah lingkungan, karena mengacu pada “kehidupan yang lebih baik”. Di mana kata-kata ini adalah jargon kendaraan listrik dan hybrid secara global.

Sebagaimana kita tahu beberapa waktu lalu di IIMS 2022 Suzuki Indonesia memperkenalkan teknologi hybrid mereka yang disematkan pada Ertiga.

Soal harga, beberapa sumber menyebut Suzuki Ertiga Hybrid 2022 dipasarkan mulai Rp 270,3 juta, untuk model termurah type GX M/T. Kemudian Rp 292,3 juta untuk type tertingginya SS A/T.

Baca juga  Diskon Suku Cadang Suzuki 25 Persen di GJAW 2023!

Info yang kami terima, Suzuki Ertiga hybrid total akan memiliki 4 type. Dua type lainnya adalah varian GX A/T dibanderol Rp 281,3 juta dan SS M/Tm Rp 281,3 juta.

Teknologi Smart Hybrid sendiri adalah teknologi yang masih menggunakan basis mesin bensin K15C berkapasitas 1.500 cc yang mampu memuntahkan tenaga 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin itu kemudian dikombinasikan dengan baterai lithium-ion dan Integrated Starter Generator atau ISG yang diklaim mampu membuat mesin jadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Pengembangan Ertiga Diesel?

Ertiga Hybrid 2022

Sistem Hybrid diesel ini akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda.

Sebenarnya tidak ada yang baru dari teknologi ini. Maklum, cara kerjanya mirip-mirip Ertiga Diesel Hybrid yang dirilis di Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Kalau pada Ertiga Diesel Hybrid mengandalkan mesin 1.300cc DOHC yang ditambah dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System). Mesin diesel ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Baca juga  5 Risiko Mobil Pikap Bawa Muatan Berlebih, Jangan Dicoba!

Nah sistem Hybrid ini akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda.

Pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambatan). Kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Efek yang ditimbulkan adalah getaran mesin lebih halus pada saat restart dan konsumsi BBM pun semakin irit dibanding mesin konvensional. Dari tes jalan yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017, jumlah konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 Km/Liter.

Bedanya untuk Suzuki Ertiga Hybrid 2022, pakai mesin bensin. Pertanyaannya apakah mesin bensin dengan kombinasi teknologi hibrida bisa lebih irit dibanding versi diesel hybrid? Kita tunggu saja ya guys peluncurannya pada 10 Juni mendatang.

Demikian ulasan terkait Ertiga Hybrid 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika