Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Suzuki Jimny 5 Pintu Terdaftar di Indonesia, Harganya Segini!

by Tigor Sihombing
Inden Suzuki Jimny 5 pintu

Akhirnya Suzuki Jimny 5 pintu terdaftar di Indonesia. Kabar ini kami dapat dari laman resmi Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terkait nilai jual kendaraan bermotor (NKB). Di sana terdaftar dua kode mobil baru: 6N5VX (4X4) AT dan 6N5VX (4X4) MT yang diduga sebagai SUV anyar tersebut. 

Dugaan itu bukan tanpa alasan, karena kodenya mirip sekali dengan Jimny 3 pintu yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia yaitu 6G5VX. Lagi pula, Jimny 5 pintu memang sudah ada di global. Mobil ini resmi diperkenalkan pertama kali pada 12 Januari 2023 di ajang Auto Expo India. Harga Suzuki Jimny 5 pintu di India mulai ₹ 1.274.000 atau setara Rp 236 jutaan untuk varian Zeta AllGrip Pro dan yang termahal ₹ 1.489.000 sekitar Rp 276 jutaan untuk varian Alpha AllGrip Pro AT.

Kehadiran Jimny dengan 5-pintu ini semakin dikuatkan lagi oleh pernyataan 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra. “Rencananya ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line-up legend SUV kami,” katanya beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ketika masuk Indonesia tentu lebih mahal lagi. Hal tersebut bisa terlihat dari NJKB Jimny 5 Pintu yang nilainya lebih mahal dari Jimny 3 Pintu. Di mana untuk varian 6N5VX (4X4) AT Rp 335 juta dan 6N5VX (4X4) MT Rp 325 juta. Artinya harga jual dari Jimny 5-door nantinya di Tanah Air lebih mahal lagi, karena NJKB merupakan harga dasar. 

Baca juga  Suzuki Jimny Lite, Lebih Murah!

Eksterior Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu Mirip

suzuki jimny 5 pintu

Jimny 5-pintu punya paras mirip dengan versi 3-pintu

Bicara desain eksterior Suzuki Jimny 5 Pintu, nyaris tidak ada perbedaan dengan Jimny 3 pintu yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Termasuk pada paras depan, bumper depan dan belakang, kap mesin, kaca depan, serta desain peleknya pun mirip dengan Suzuki Jimny 3 Pintu.

Ubahannya hanya sedikit untuk eksterior yaitu pada bodi samping dibuat lebih panjang. Hal ini dikarenakan ada tambahan pintu belakang dan satu kaca lagi di belakang untuk Jimny 5-door. Di atas kertas, mobil ini memiliki panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, tingi 1.720 mm, dan weheel base 2.590 mm. Sedangkan Jimny 3 pintu, cuma memiliki panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dan wheel base 2.550 mm.

Interior Suzuki Jimny 5 Pintu Lega, Bukan Untuk 5-Orang

bagasi interior suzuki jimny 5 pintu

Bagasi Jimny 5 pintu muat 332 liter barang (sumber: 91 wheels)

Kemiripan Suzuki Jimny 5 pintu dan 3 pintu ini juga terasa sampai ke interiornya. Di mana kapasitas penumpangnya masih tetap untuk 4-orang dengan konfigurasi dua baris bangku. Jadi jangan harap bisa meningkat ke 5-orang.

Walau demikian, interior Jimny 5 pintu tersa lebih nyaman terutama untuk penumpang belakang. Hal ini lantaran untuk masuk ke jok bari kedua, ada pintu sendiri, tidak perlu lagi lewat pintu depan seperti di Jimny 3 pintu. Kemudian ruang kaki untuk penumapng belakang juga lebih luas. Alhasil duduk di belakang, bisa lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Baca juga  Ukuran Velg Suzuki Ertiga dan Pilihan Variasinya

Kelebihan lain dari Suzuki Jimny 5 pintu adalah ruang bagasi yang luas. Dengan penuh penumpang atau semua jok diposisikan berdiri, tersedia ruang untuk penyimpanan barang mencapai 208 liter. Menariknya bagasi ini bisa diperluas kalau jok belakangnya dilipat, mampu memberi bagasi 332 liter.

Ubahan lain di interiornya adalah kehadiran head unit layar sentuh 9 inch. Sedangkan pada Suzuki Jimny 3 pintu yang dijual di Indonesia, masih menggunakan head unit ukuran 6,8 inch.

Fitur 4WD Jadi Andalan

Interior Jimny 5 pintu

Tampilan dashboard interior Jimny 5-pintu

Terkait jantung pacu, Suzuki Jimny 5 pintu dipersenjatai mesin bensin 1.5 liter atau 1.462 cc berkode K15B. Di atas kertas, bisa menghasilkan torsi puncak 134,2 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 104.8 PS pada 6.000 rpm. Soal transmisi, Suzuki menyediakan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Untuk fitur, tentu saja penggerak 4WD jadi kebanggan. Seperti misalnya, Suzuki Jimny 5-Door sudah menggunakan teknologi ALLGRIP Pro. Suzuki mengklaim, dengan tiga mode penggerak yang diadopsinya yakni 2WD-high, 4WD-high, dan 4WD-low, Suzuki Jimny diklaim bisa menaklukkan medan offroad ekstrem sekalipun.

Transfer case 4WD pada mobil ini memungkinkan pengemudi memindahkan dari posisi 2H ke 4H dengan mulus. Sementara gir 4L membuat Jimny 5-Door ini memiliki torsi dan traksi maksimal untuk menaklukkan medan offroad.

Ada pula fitur idling start stop (ISS) system yang bisa mematikan mesin mobil secara otomatis saat berhenti di kemacetan. Efeknya tentu bisa membuat konsumsi BBM Jimny 5 pintu lebih irit.

Baca juga  Review Suzuki S-Presso, Irit tapi Kuat Nanjak?

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Bisa Tembus Rp 500 Juta

eksterior suzuki jimny 5 pintu - tampak depan

Kalau masuk Indonesia, harga Suzuki Jimny 5-door bisa tembus Rp 500 juta

Jika melihat NJKB Suzuki Jimny 5 pintu di Indonesia, besarannya untuk varian 6N5VX (4X4) AT Rp 335 juta dan 6N5VX (4X4) MT Rp 325 juta. Maka harga jualnya juga pasti akan lebih mahal lagi. Pasalnya NJKB adalah harga dasar sebelum dikenakan pajak-pajak lain.

Sebagai gambaran, Suzuki Jimny 3 pintu yang NJKB-nya cuma Rp 303 juta, harga jualnya untuk varian MT single tone Rp 443 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, harga Suzuki Jimny 5 pintu yang punya NJKB Rp 325 juta, bisa tembus Rp 460 jutaan itu baru varian termurahnya. Lumayan mahal bukan? Sementara untuk varian termahalnya, bukan tidak mungkin mencapai Rp 500 jutaan.

Kalau mahal saja, sebenarnya bukan masalah. Persoalannya apakah kuota produknya akan cukup banyak untuk dibeli konsumen Tanah Air, karena kemungkinan hasil impor dari India. Bila itu terjadi, maka nasibnya tidak beda jauh dengan Jimny 3-door.

Kapan Suzuki Jimny 5 pintu meluncur di Indonesia? Harapannya tentu akhir tahun 2023. Walau demikian, belum ada informasi resmi soal peluncuran SUV legendaris versi anyar tersebut.

Demikian ulasan terkait Suzuki Jimny 5 pintu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika