Friday, January 27, 2023
Banner

Biaya dan Syarat Perpanjang SIM Terbaru 2022 serta Caranya  

by Baghendra Lodra
biaya dan syarat perpanjang sim

Surat izin mengemudi kini sudah bisa diperpanjang melalui berbagai metode. Cara dan syarat perpanjang SIM pun juga dapat kamu kenali tergantung di mana tempat mengurusnya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui berapa biaya perpanjang SIM mobil dan motor, yang harus dibayarkan selama mengurusnya.

Bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai biaya, cara dan syarat perpanjang SIM terbaru, kamu perlu membaca artikel kali ini hingga selesai. Kenali tujuan dan jenis sim yang ingin dibayarkan agar lebih praktis. Baca selengkapnya:

Syarat perpanjang SIM Mobil dan Motor

 

syarat perpanjang sim

Perpanjang SIM dilakukan setiap 5 tahun sekali

Salah satu hal yang penting untuk dibawa saat mengurus adalah daftar syarat perpanjangan SIM yang wajib disertakan. Pastikan berkas dan kelengkapan yang diperlukan sudah kamu bawa, ya. Cek kumpulan persyaratannya berikut!

Syarat perpanjangan SIM di Kantor SAMSAT

  1. Mengisi formulir permohonan untuk perpanjangan yang ada di loket 
  2. KTP Asli
  3. Fotokopi KTP sebanyak 4 lembar
  4. SIM Asli (belum telat)
  5. Berkas surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter
  6. Masukkan ke dalam map berwarna

Kalau kamu berencana mengurus perpanjang SIM di kantor SAMSAT terdekat, ada baiknya untuk memiliki map yang umumnya dijual di koperasi. Biasanya koperasi tersebut masih dalam satu lingkungan kantor SAMSAT. 

Kemudian untuk surat keterangan sehat, kamu bisa cek kondisi di dokter yang ada di lokasi sekitar kantor SAMSAT atau mengunjungi puskesmas terdekat. Tentunya biaya yang dikeluarkan bisa jadi berbeda pada kedua tempat tersebut.

Syarat perpanjangan SIM di SIM Corner

  1. SIM Asli
  2. KTP Asli
  3. Fotokopi SIM
  4. Fotokopi KTP
  5. Surat keterangan sehat dari dokter
  6. SIM yang tidak telat

Untuk di SIM Corner, beberapa hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C saja. Sehingga untuk SIM B dan SIM D bisa mengurus di pilihan tempat lainnya. Selain itu, untuk kasus kehilangan kartu SIM, kamu bisa mengunjungi SIM Corner dengan membawa laporan hilang dari Polsek terdekat di daerahmu. 

Syarat perpanjang SIM Keliling

  1. SIM Asli 
  2. Fotokopi SIM 
  3. KTP Asli
  4. Fotokopi KTP
  5. Surat keterangan kesehatan dari dokter
  6. Syarat terakhir adalah syarat opsional jika kamu tidak memiliki KTP, maka bisa digantikan dengan Surat Keterangan pengganti e-ktp

Apakah di SAMSAT Keliling bisa mengurus perpanjangan SIM C? Jawabannya bisa. Karena sama dengan kantor SIM Corner sebelumnya, di SAMSAT Keliling hanya bisa mengurus perpanjang SIM A dan SIM C saja. Yang pasti kamu sudah menyiapkan berkas yang diperlukan dan biaya yang harus dibayarkan. 

Syarat perpanjangan SIM Online

  1. Pastikan kamu sudah teregistrasi di Aplikasi Digital Korlantas POLRI
  2. Foto fisik E-KTP
  3. Foto fisik SIM
  4. Foto tanda tangan di atas kertas berwarna putih
  5. Pas foto formal (bukan selfie) dengan latar warna biru
  6. Hasil cek kesehatan jasmani dan rohani
  7. Hasil tes psikologi pengemudi

Kamu bisa melakukan cara perpanjangan SIM online dengan mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI terlebih dahulu di App store maupun Play store. Lalu, untuk bagian pas foto, ada beberapa keterangan lain yang perlu dipenuhi, seperti: 

  • Tidak menggunakan kacamata
  • Tidak memakai hijab berwarna biru agar tidak sewarna dengan latar belakang foto
  • Tidak menggunakan penutup kepala

Apa yang terjadi jika telat perpanjang SIM?

Salah satu syarat wajib yang berlaku untuk perpanjangan SIM di semua tempat adalah menyertakan SIM asli yang belum terlambat. Artinya jika kamu terlambat perpanjang SIM satu hari saja dari tanggal masa berlaku SIM kamu, maka kamu harus melakukan pengajuan baru dan melakukan ujian teori, keterampilan dan uji praktek seperti saat membuat kartu SIM. 

Biaya perpanjang SIM

biaya perpanjang sim mobil dan motor

Untuk SIM A, biaya perpanjangnya adalah Rp 80 ribu

Selanjutnya, setelah mengetahui apa saja syarat perpanjang SIM di berbagai tempat, kini kamu bisa mempersiapkan sejumlah uang untuk biaya perpanjang SIM berdasarkan jenis SIM-nya.

Biaya perpanjang SIM A

Untuk biaya perpanjang SIM A atau SIM mobil perorangan, dikenai biaya Rp 80.000 yang belum termasuk biaya tes serta asuransi.

Biaya perpanjang SIM B

Untuk biaya perpanjang SIM B I dan SIM B II akan dikenai biaya yang sama yaitu Rp 80.000 dan belum termasuk biaya tes serta asuransi di dalamnya.

Biaya perpanjang SIM C

Biaya perpanjang SIM C atau SIM motor dikenai tarif Rp 75.000 dalam sekali pengurusan dan hanya untuk biaya perpanjangan saja. Untuk asuransi dan tes-tes lainnya akan dikenai biaya tambahan.

Biaya perpanjang SIM D

Terakhir ada SIM D yang dikenai biaya perpanjangan SIM sebesar Rp 30.000 serta belum termasuk biaya tes dan asuransi yang berlaku. 

Cara perpanjang SIM

cara perpanjang sim

Aplikasi Digital Korlantas Polri bisa untuk perpanjang SIM mobil secara online

Cara perpanjangan SIM bisa berbeda-beda di tiap metode yang kamu pilih. Jika kamu memilih untuk melakukan pengurusan secara langsung di kantor SAMSAT, SIM / SAMSAT Corner, atau SIM / SAMSAT Keliling, kamu hanya perlu membawa berkas-berkas syarat perpanjang SIM yang telah disampaikan di atas ke bagian loket. Beberapa tempat tersebut akan meminta kamu untuk mengisi formulir yang ada terlebih dahulu. Untuk itu, ada baiknya untuk membawa alat tulis pulpen sendiri agar lebih cepat.

Cara perpanjang SIM online Lewat Aplikasi Digital Korlantas Polri (SINAR)

Sedangkan untuk cara perpanjang SIM online terbaru, kamu perlu mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri (SINAR). Kemudian bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini supaya lebih jelas:

  1. Unduh aplikasi Digital Korlantas POLRI dahulu di handphone kamu
  2. Lakukan registrasi dan masuk ke akun kamu
  3. Verifikasi e-mail dan berfoto selfie
  4. Masuk ke menu SIM, dan masuk ke fitur SIM
  5. Pilih menu perpanjangan SIM
  6. Pilih jenis SIM ( SIM A atau SIM C ) yang akan kamu perpanjang
  7. Lalu masukkan berkas-berkas syarat perpanjang SIM online yang telah disebutkan di atas
  8. Pilih metode pengiriman atau mengambil sendiri di SATPAS SIM terdekat di daerahmu
  9. Pilih metode pembayaran ATM atau mobile banking untuk membayar biaya perpanjangan SIM
  10. Jika sudah menerima SIM yang baru, lakukan konfirmasi melalui aplikasi tersebut

Pantau terus perkembangan hasil perpanjangan SIM melalui aplikasi tersebut. Jika ternyata belum terbarui atau masih sama, segera kunjungi kantor SATPAS terdekat. 

Apakah perpanjang SIM bisa langsung jadi?

Perpanjang SIM mobil

Perpanjang SIM Online butuh waktu 3-7 hari kerja, itu belum termasuk pengiriman SIM ke rumah kamu

Setelah melalui serangkaian proses untuk perpanjangan SIM, kamu perlu menunggu beberapa saat sampai SIM yang baru bisa kamu bawa pulang. Kurang lebih sekitar 120 menit atau 2 jam dari awal proses pengisian formulir, pendaftaran, pengumpulan berkas dan hingga proses pembayaran selesai, kamu sudah bisa membawa pulang SIM baru dengan masa berlaku yang telah diperpanjang. Namun estimasi ini hanya berlaku untuk pengurusan secara langsung, ya.

Jika kamu memilih untuk melakukan perpanjangan SIM online, maka estimasi waktu tersebut bisa berbeda dengan perpanjangan SIM secara langsung. Totalnya sekitar 3-7 hari kerja tergantung dari antrian. Ini belum termasuk proses pengiriman dari Satpas ke alamat kamu. Jam operasional Satpas yaitu Senin hingga Sabtu pukul 08:00 – 15:00. Permohonan SIM online di atas pukul 15:00 akan diproses esok hari. 

Itu tadi penjelasan apa saja syarat perpanjangan SIM C, A, dan cara perpanjangan SIM langsung maupun online yang bisa kamu pahami. Ada baiknya untuk mengurus perpanjangan SIM terlalu dekat dengan masa expired untuk menghindari kemungkinan adanya keterlambatan yang mengharuskan kamu membuat SIM yang baru. 

Selain itu kamu juga bisa membaca artikel terkait otomotif dan informasi menarik lainnya di Moladin. Karena tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas berkualitas dan terpercaya di Indonesia, kami juga menyediakan artikel-artikel informatif serta video yang bermanfaat untuk kamu di channel Youtube Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika