by

Biaya Pasang Jok Captain Seat, Ternyata Tidak Mahal!

Berapa biaya pasang jok captain seat? Pertanyaan ini wajar dilontarkan pemilik mobil yang ingin melakukan modifikasi interior.

Ya, memang tidak jarang pemilik mobil yang ingin mengubah bagian jok tengahnya dari model standar menjadi model captain seat. Tujuannya jelas, agar tampilannya terlihat lebih mewah. Selain tampilan lebih mewah, pasang jok captain seat akan membuat ruang kabin lebih lega.

Biaya pasang jok captain seat beragam, sesuai dengan spesifikasi yang dipilih. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

Mobil dengan jok berdesain captain seat memang bisa merubah tampilan kabin interior yang standar menjadi lebih elegan dan terlihat lebih lapang.

Meski demikian, disarankan tidak buru-buru, sebab ada baiknya dipastikan dahulu pemilihan bengkel, biaya dan material yang akan digunakan sesuai dengan selera dan bujet. Jangan sampai salah pilih bengkel dan hasilnya kurang memuaskan.

Selain itu, jika mobil yang akan dimodifikasi menjadi jok captain seat adalah mobil aktivitas sehari-hari, tentukan waktu yang tepat untuk proses pemasangan atau proses pembuatan jok captain seat tersebut. Sebab pengerjaanya bisa memakan waktu berhari-hari.

“Untuk mobil jenis Avanza atau Innova biaya mengubah jok menjadi captain seat dikisaran Rp 2,5 jutaan dengan pembungkus jok bahan sintetis. Namun jika ingin menggunakan bahan kulit jelas biayanya lebih mahal, apalagi jika ingin ditambahkan foot rest, bisa sampai Rp 5 juta lebih, ini untuk pemesanan alias dibuatkan dari awal mulai dari rangka, jenis busa dan sarungnya,” ungkap Aditya selaku pemilik bengkel spesialis jok dibilangan Maruyung Depok saat kami hubungi via pesan singkat pada Selasa (6/8/2021).

Baca juga  7 Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Beberapa pemilik mobil saat berniat mengganti jok mobil standar menjadi jok captain seat, rela jok aslinya dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi captain seat. Namun ada beberapa juga yang jok aslinya dipertahankan orisinilnya dan lebih memilih memesan atau dibuatkan sesuai dengan ukuran, material, desain dan warna dari jok captain seat yang dikehendaki.

“Kalau saran saya jok orisinil mending disimpan saja, jangan dimodifikasi. Dengan catatan kondisi jok mobil masih bagus baik busa dan sarungnya. Namun jika kondisi jok sudah tidak bagus, mending dimodifikasi saja supaya ongkosnya lebih murah,” tambah Aditya.

Hal yang harus diperhatikan dalam pasang jok captain seat

  • Sesuaikan dimensi ruang kabin

biaya pasang jok captain seat

Jangan asal pasang jok captain seat tanpa memperhatikan dimensi atau ukuran ruang kabin. Sebab jika ukuran ruang kabin kecil namun tetap memaksakan, maka kesan mewah malah akan sirna.

Misalnya untuk mobil jenis Toyota Avanza, jika hanya pasang jok captain seat masih terlihat mewah. Namun jika dipaksakan untuk ditambahkan foot rest itu akan mempersempit ruang kabin.

Baca juga  5 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat dan Solusinya

Contoh lain, pasang captain seat di mobil-mobil ringkas seperti Honda Brio, Toyota Agya, dan Karimun Wagon R. Sepertinya kurang pas!

  • Sesuaikan bujet

Menyesuaikan bujet merupakan hal yang penting dalam melakukan modifikasi interior, khususnya bagian jok ini. Umumnya biaya pasang jok captain seat dikisaran Rp 2,5 jutaan atau bisa lebih.

Namun jika berniat untuk menggunakan bahan sarung jok yang kualitasnya lebih bagus dari yang ditawarkan, baiknya pemilik mobil untuk sabar sampai bujet tercukupi. Karena biayanya jelas lebih mahal.

Lalu untuk penambahan foot rest agar kaki bisa lebih rileks, juga ada biaya tambahan. Maka dari itu, sesuaikanlah bujet dan kebutuhan kamu, sebelum mengganti jok dengan jenis captain seat.

  • Pilih bengkel yang berkualitas

biaya pasang jok captain seat

Saat ini banyak bengkel spesialis jok yang menawarkan jasa untuk pasang jok captain seat. Namun jangan sampai terkecoh, harus waspada dan cari jejak rekamnya yang bagus.

Disarankan untuk mencari bengkel dari kolega dekat yang sudah menggunakan jasa bengkel tersebut dalam hal pasang jok captain seat di mobilnya. Dengan begitu, kualitas hasil kerja bengkel tersebut bisa langsung dilihat secara langsung.

Jangan pula tergiur dengan biaya pasang jok captain seat yang terlalu murah. Pasti ada rupa, ada harga.

  • Menyesuaikan selera

Menyesuaikan selera penting dalam hal pasang jok captain seat. Sebab jangan sampai sudah terpasang namun ternyata tidak sesuai dengan selera pemilik mobil.

Baca juga  5 Pilihan Merek Alarm Mobil yang Bagus untuk Kamu

Pilih warna sarung jok yang sesuai atau senada dengan warna raung kabin. Meski ada beberapa pemilik mobil yang punya selera eksentrik dengan memilih warna yang kontras dengan ruang kabin.

“Umumnya pemilihan warna yang senada dengan ruang kabin. Namun beberapa konsumen memang ada yang seleranya berbeda, mereka memilih warna yang kontras dari warna ruang kabin mobil,” ungkap Aditya.

  • Waktu pengerjaan

jok captain seat

Untuk waktu pengerjaanya, tergantung antrian dan kondisi bagian jok mobil. Umumnya jika tidak ada antrian dan kondisi bagian jok mobil tidak ada karat atau masalah, waktu yang dibutuhkan sekitar satu mingguan.

“Kita harus cek kondisi jok mobil terlebih dahulu sebelum pasang jok captain seat. Ada yang kursi aslinya dipotong dan dimodifikasi menjadi kursi captain seat, namun ada juga yang jok aslinya tidak mau diubah, jadi dibuatkan ulang sesuai dengan ukuran mobil dengan spesifikasi, desain dan warna dari kursi captain seat tersebut (itu bisa lebih lama lagi pengerjaannya),” jelas Aditya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya pasang jok captain seat dan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasangnya.

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Terbaru