by

Teka-Teki Generasi Penerus Honda Jazz di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya buka-bukaan soal kelanjutan nasib Honda Jazz di Indonesia. Pasalnya bisa dipastikan bahwa generasi penerus Honda Jazz atau All New Honda Fit yang dijajakan di Negeri Sakura tidak cocok dengan profil konsumen Tanah Air.

Sejalan dengan itu, berhembus kabar bahwa sosok Honda Jazz yang mengisi segmen hatchback di Indonesia, akan digantikan dengan Honda City hatchback yang bakal menjalani debut di Thailand dalam waktu dekat.

Menanggapi hal tersebut, salah satu petinggi Honda Indonesia pun akhirnya angkat bicara. Mengenai kemungkinan Honda Jazz terbaru dipasarkan di Indonesia.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM menjelaskan, Honda Jazz yang akan dipasarkan di Indonesia harus tetap mengusung karakter sportif.

“Kalau Honda Fit yang diluncurkan saat Tokyo Motor Show yang lalu itu khusus untuk pasar Jepang. Tentunya DNA Sporty yang melekat pada Honda Jazz harus sangat diperhatikan,” ujar Billy.

Pertanyaan besarnya, lalu apakah Honda City hatchback siap menjadi penerus Honda Jazz di Indonesia?

Baca juga  5 Mobil Balap Tercepat di Ajang 24 Hours of Le Mans

Peralihan Honda Jazz ke City Hatchback, Benarkah?

honda city hatchback jadi penerus honda jazz
Render Honda City hatchback

Seperti diberitakan Moladin sebelumnya, Honda City hatchback akan segera menggelar debut perdana dunia pada tanggal 24 November 2020 mendatang di Thailand. Produk ini menjadi perbincangan hangat sejumlah media otomotif dunia beberapa waktu terakhir.

Menariknya, Honda City hatchback bakal bertarung dengan produk kompetitor sejenis seperti Toyota Yaris dan Mazda2 hatchback di segmen B untuk Negeri Gajah Putih.

Ada tanda tanya besar terkait prosesi peluncuran Honda City hatchback. Kenapa Thailand melewatkan Jazz generasi terbaru dan lebih memilih city hatchback? Apakah peran Jazz berganti ke City hatchback? Hingga mungkinkah City hatchback dijajakan di Indonesia? 

Informasi tersebut, seakan memberikan sinyal kuat, sejatinya tidak menutup kemungkinan jika Honda City hatchback juga dipasarkan di Indonesia. Mobil tersebut siap jadi penerus Honda Jazz.

“Kalau kita lihat untuk model hatchback ke depan DNA Sporty yang melekat itu model apa sih, bisa saja model baru lainnya. Yang penting DNA Sporty yang melekat di hatchback itu harus tetap ada, karena orang tau-nya Jazz itu ya sporty. Kita tunggu saja waktu yang tepat,” beber Billy.

Baca juga  Rahasia Desain dan Perawatan Kendaraan Komersial Isuzu

Sekadar informasi, kehadiran Honda City hatchback sejatinya semakin memanaskan persaingan di segmen hatchback yang sebelumnya dihuni oleh Jazz dan Civic hatchback.

Mobil berkapasitas 5-penumpang itu juga akan ditawarkan di sejumlah negara di kawasan Amerika Latin dan juga ASEAN. Jadi tidak menutup kemungkinan jika mobil ini juga akan ditawarkan di Indonesia.

Honda City hatchback dibekali dimensi panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1467 mm. Dengan jarak sumbu roda 2.589 mm. Bagaimana dengan jantung mekanisnya?

City hatchback kemungkinan besar pakai mesin seperti versi mobil sedan atau Honda City. Uniknya City punya tiga pilihan mesin: 1.000 cc turbo, 1.500 cc DOHC tanpa turbo, dan hybrid.

Khusus mesin 3-silinder berkapasitas 1.000 cc dengan turbocharged, performanya cukup istimewa. Jantung mekanis ini bisa melontarkan daya sebesar 122 PS dengan torsi 173 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis CVT dengan 7-percepatan.

Lalu untuk pilihan mesin 1.500 cc tanpa turbo dan e-HEV atau hyrbid. Keduanya merupakan mesin baru yang belum pernah dipakai oleh Jazz maupun City di Indonesia.

Baca juga  5 Kekurangan Honda BR-V, Konsumen Wajib Tahu

Khusus jantung mekanis 1.500 cc terbarunya, kini mengaplikasikan teknologi DOHC. Bisa menghasilkan torsi 145 Nm dan tenaga 121 PS.

Sementara untuk City versi hybrid atau e-HEV ada tambahan motor listrik i-MMD yang tenaganya disuplai dari baterai lithium-ion 1,3 kWh. Penggerak listrik ini mampu menghasilkan tenaga 108 PS dengan torsi 253 Nm.

Kira-kira mesin mana yang bakal digunakan oleh penerus Honda Jazz alias City hatchback? Mari kita tunggu sama-sama peluncurannya di Tanah Air.

Baca juga:

Terbaru