by

10 Tips Penting Saat Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas – Beli mobil dari tangan kedua atau kondisi bekas, tidak semudah itu. Terlebih kalau kamu tidak mau merugi di kemudian hari.

Sebelum membelinya,  perlu melakukan pengecekan banyak hal. Dengan melakukan ini,  tidak akan sampai salah beli dan akhirnya menyesal di kemudian hari.

Mau tahu panduan lengkapnya? Simak 10 tips penting saat membeli mobil bekas, berikut ini:

1. Menyiapkan Bujet yang Cukup

tips membeli mobil bekas
Jangan asal beli mobil, pikirkan kondisi keuangan kamu dan kemampuan bayar cicilannya

Sebelum membeli mobil bekas ada baiknya untuk menyiapkan bujet yang cukup. Setiap orang memiliki kondisi keuangan sendiri-sendiri, jadi kamu juga harus menyiapkan juga sesuai dengan kemampuan. Toh, harga mobil bekas bervariasi mulai dari yang kurang dari ratusan juta sampai di atas dua ratus jutaan.

Bujet harus ditentukan di awal agar kamu punya arah mau membeli kendaraan mana saja. Jadi, tidak kebingungan atau malah ingin membeli kendaraan yang harganya di atas bujet. Bujet kurang dari seratus juta dan ingin beli Honda Civic kan tidak mungkin.

2. Mendaftar Mobil yang Akan Dibeli

tips membeli mobil bekas
Buat daftar mobil bekas yang masuk bujet kamu, tentukan kelebihan dan kekurangan masing-masing

Setelah memiliki bujet yang akan digunakan untuk membeli mobil bekas, tahap selanjutnya adalah mendaftar semua kendaraan yang sesuai dengan bujet itu. Tulis semua kendaraan yang memang menarik dan ingin dibeli. Selanjutnya masukkan juga beberapa kendaraan yang berkualitas sesuai bujet itu.

Baca juga  Wuling Rilis Program Year End Surprise 2020, Ini Kelebihannya

Satu dari beberapa kendaraan ini mungkin akan kamu beli. Jadi, lakukan beberapa riset termasuk riset harga lebih dalam.

3. Melakukan Survei Harga Merupakan Tips Membeli Mobil Bekas yang Sangat Penting!

Ciri-ciri Toyota Avanza Bekas Tak Layak Dibeli
Salah satu mobil bekas terlaris di Indonesia adalah Toyota Avanza, harganya bervariasi mulai Rp80 jutan

Riset harga dibutuhkan untuk menentukan berapa harga pasar dari sebuah mobil bekas. Satu kendaraan dengan merek sama seperti Honda Jazz bisa saja memiliki perbedaan harga. Ada yang lebih mahal dan murah. Umumnya perbedaan harga ditentukan oleh tahun keluaran serta kondisi kendaraan.

Baca juga:

4. Mengecek Mobil Terdekat dari Lokasi

tips membeli mobil bekas
Pastikan lokasi mobil bekas yang kamu cari tidak terlalu jauh, atau ongkos pengirimannya tidak membebani

Cara paling mudah untuk membeli mobil bekas dengan aman adalah mengecek ke lokasi terdekat. Kalau lokasinya dekat kamu bisa dengan mudah melihat kondisi kendaraan secara langsung. Jadi, kalau ada masalah seperti cacat bodi dan lainnya bisa terlihat sebelum membelinya.

5. Tips Membeli Mobil Bekas yang Tidak Boleh Terlupa: Cek Riwayat Servis Kendaraan 

Mobil Kebanjiran 002
Sebaiknya hindari beli mobil bekas banjir

Setiap mobil akan memiliki riwayat servis yang dialami. Ada yang jarang mendapatkan gangguan dan ada yang sering mendapatkannya. Semakin banyak riwayat masuk bengkel untuk tujuan servis, bukan perawatan rutin, semakin besar risiko rusak.

Baca juga  6 Tips Merawat Mobil untuk Pemula, Sederhana dan Mudah!

6. Cek Bodi dan Mesin

mobil bekas
Cara paling mudah mengecek kondisi mobil, melalui buku servis berlaka. Kalau rutin dilakukan, seharusnya mobil dalam kondisi prima

Bodi dan mesin harus dicek apakah masih seperti mobil baru atau tidak. Kalau kamu memiliki dasar otomotif mungkin bisa dicek sendirian saja. Namun, kalau tidak mampu melakukannya bisa mengajak orang lain. Misal montir atau yang ahli dalam menyervis kendaraan roda empat.

Banyak sekali penjual mobil bekas yang nakal dan sengaja menutupi kerusakan yang terjadi pada kendaraannya. Dampaknya, risiko beli unit yang bobrok akan besar. Lebih baik ribet di awal dengan mengecek berkali-kali daripada rugi ratusan juta.

7. Cek Kelengkapan Dokumen

tips membeli mobil bekas
Dokumen harus lengkap, kamu juga perlu buat daftarnya. Terlebih untuk STNK dan BPKB

Pengecekan pada dokumen kendaraan perlu dilakukan untuk menghindari beli mobil curian. Tentu kamu tidak mau berurusan dengan penegak hukum gara-gara salah membeli mobil bekas bukan?

Kalau pembeli enggan menunjukkan berkas resmi atau banyak berkelit, lebih baik batalkan pembelian. Dikhawatirkan surat kendaraan palsu atau masih digunakan sebagai agunan saat mengambil utang pada lembaga keuangan.

8. Melakukan Test Drive

8. test drive
Test drive mobil bekas sangat perlu dilakukan untuk mengetahui rasa berkendara sebenarnya dari mobil tersebut

Mobil tidak terlihat kualitasnya kalau tidak dikendarai dahulu. Misal mobil bekas yang akan dibeli terlihat sempurna dari luar. Namun, belum tentu bisa berjalan dengan baik saat dilakukan test drive. Poin ini sangat penting dan jangan sampai dilewatkan.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

9. Melakukan Penawaran Harga

9. Menawar harga
Tidak ada harga baku untuk mobil bekas, tawarlah sampai harga yang kamu inginkan

Setelah melakukan pengecekan secara mendetail, lakukan penawaran harga. Selalu ingat kalau harga yang ditawarkan itu belum final. kamu masih bisa menawarnya kalau ada masalah pada bodi atau mungkin mesin. Selama tidak terlalu mayor masalahnya, kendaraan masih bisa dibeli.

10. Tips Membeli Mobil Bekas yang Terakhir Adalah Tidak Perlu Tergesa-gesa

Daihatsu Ayla model lawas
Daihatsu Ayla bekas dijual mulai Rp55 jutaan, tergantung varian, kondisi, dan tahun produksi

Beli mobil bekas tidak sama dengan membeli mobil baru. Kalau mobil baru kapan saja bisa dilakukan. Kalau mobil bekas, lakukan semua tips di atas. Kalau memang agak tidak suka, pilih yang lainnya.

Demikian ulasan tentang tips membeli mobil bekas. Kalau kamu juga berkeinginan membeli motor bekas, tips di atas kurang lebih bisa diaplikasikan juga. Selain itu, simak juga daftar motor bekas terbaik di sini.

Terbaru