oleh

6 Tips Servis Mobil untuk Mudik, Supaya Aman di Jalan

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu menyimak mengenai tips servis mobil untuk mudik berikut ini. Pasalnya, langkah tersebut penting tertuama guna meminimalisir adanya gangguan selama berkendara ke kampung halaman.

Apalagi momen Idul Fitri sudah semakin dekat, bakal berlangsung Mei 2022. Oleh karenanya, servis mobil untuk mudik harus diperhatikan sejak seakarang.

Namun ingat, karena saat ini kondisi masih dalam pandemi covid-19, kamu juga harus memperhatikan protokol kesehatan agar bisa memutus penyebaran virus corona. Caranya adalah dengan patuh pada 3M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak.

Sebelum perjalanan dimulai, ada tips servis mobil untuk mudik yang harus kamu perhatikan. Hal ini sedikit berbeda dengan servis biasanya.

Jika biasanya servis mobil biasa hanya sebatas untuk pemantauan sekitar ruang mesin, khusus mudik perlu ada komponen lain yang harus diperhatikan.

Pasalnya perawatan kendaraan untuk mudik sama dengan servis mobil untuk perjalanan jauh. Salah satu komponen yang harus benar-benar dicek selain dari ruang mesin mobil adalah radiator, timing belt, kaki-kaki, hingga kelistrikan. Berikut detailnya:

1. Mesin Harus Dicek Secara Menyeluruh

tips servis mobil untuk mudik - ganti oli mesin
Oli mesin harus dicek kekentalan dan volumenya sebelum mudik, kalau sudah encer dan berkurang segeralah ganti dengan yang baru

Toto menjelaskan sebelum melakukan perjalanan ratusan kilometer, salah satu hal yang harus dilakukan adalah pengecekan oli mesin. Penggantian oli bisa jadi alternatif tips servis mobil untuk mudik, kalau memang sudah banyak berkurang dan encer.

Hanya saja kalau kekentalan oli masih bagus dan dalam volumenya cukup, tidak diwajibkan untuk melakukan penggantian. Lalu komponen seperti filter oli, sebisa mungkin diganti agar kinerja dari komponen tersebut tetap bisa terjaga manfaatnya.

Selain itu masih di area mesin, tips servis mobil untuk mudik juga harus mengecek bagian timing belt. Ini merupakan komponen yang menggerakan antara satu komponen dengan yang lainnya, sehingga memiliki peran yang sangat vital.

Baca juga  Cara Pasang Alarm Mobil Universal, Ikuti 4 Langkahnya

“Dicek saja, itu timing belt sudah retak atau belum. Lalu juga bisa diperhatikan dari usia pakai, biasanya setelah penggantian timing belt, ada tulisan di bagian mesin mobil yang ditandai oleh mekanik pada kilometer berapa harus diganti,” imbuh Toyota

Melakukan servis mobil sebelum mudik memang menjadi keharusan bagi yang menjalankannya. Pasalnya, perjalanan yang tidak dipersiapkan dengan baik akan menimbulkan masalah pada mobil yang digunakan.

Sehingga, untuk memberikan kenyamanan selama mudik atau perjalanan jauh, komponen penting pada mobil harus dicek dan diperhatikan untuk menjaga performa mobil tetap dalam kondisi mumpuni sehingga bisa selamat sampati tujuan.

2. Perhatikan Air Radiator Supaya Mesin Tidak Overheat di Jalan

Tips servis mobil untuk mudik
Jangang lupa cek air radiator sebelum melakukan perjalanan mudik

Tips servis mobil untuk mudik selanjutnya adalah perhatikan air radiator mobil. Bagian ini kerap kali luput, karena dinilai tidak penting oleh kebanyakan orang.

Padahal, kalau level air radiator kurang, akan berdampak pada overheat mesin yang menyebabkan mobil akan mati total. Tentu hal ini tidak ingin kamu alami selama perjalanan mudik.

Untuk pengecekannya air radiator, kamu bisa lakukan sendiri di rumah sebelum perjalanan mudik. Caranya buka tutup radiator, lalu lihat seberapa banyak air yang terlihat. Jika memang cukup pada batas normal, maka kemudian komponen terkait yang harus dicek adalah tabung air atau reservoir radiator.

Jangan biarkan kondisi tabung tersebut di bawah minimal. Ini juga bisa menyebabkan gejala mobil menjadi bisa cepat panas nantinya. Jangan pula mengisinya terlalu banyak sampai penuh, karena itu jadi tempat pembuangan untuk air yang panas. Maka usahakan posisinya ada di batas normal saja.

Pengisian air radiator juga lakukan dengan cairan khusus. Tentu itu akan lebih baik dalam menyejukkan mesin selama melakukan perjalanan jauh atau perjalanan mudik.

Baca juga  6 Penyebab Kaca Mobil Pecah, Jangan Sepelekan!

3. Bearing di Sektor Kaki-Kaki Harus Dicek 

bearing roda mobil harus dicek secara berkala
Bila Bearing AS roda bermasalah, perjalanan mudik jadi terganggu

“Komponen ini sering luput dari pengecekan sebenarnya. Karena orang hanya fokus pada mesin, radiator dan itu-itu aja. Padahal, bearing di roda ini memiliki fungsi yang fatal kalau ada pecah atau rusak. Nah, sebisa mungkin cek juga bearing sebelum melakukan perjalanan jauh,” ujar Toto.

Untuk pengecekan, memang hal ini harus diberikan kepada bengkel. Tidak bisa dilakukan mandiri di rumah, sebab membutuhkan perkakas serta alat yang lengkap. Dengan dibawa ke bengkel, maka kamu hanya tinggal duduk manis saja.

Jika memang kondisi bearing tersebut sudah rusak dan usia pakai sudah lama, maka harus ganti dengan yang baru. Terutama persoalan tersebut sering terjadi di mobil-mobil dengan usia tidak lagi muda.

“Kalau bisa ya diganti. Karena kalau pecah di jalan, atau rusak di jalan, akan repot pastinya. Ini masalahnya mau perjalanan jauh, beli bearing baru juga enggak masalah demi kenyamanan,” tegas Toto.

Cara mengetahui bearing roda sudah bermasalah sebenarnya tidak sulit. Ada tanda seperti suara gemuruh di kaki-kaki mobil, laju roda juga jadi goyang atau tidak stabil. Jangan sampai gejala ini didiamkan, karena kalau benar-benar pecah bearing di jalan, mobil tidak akan bisa jalan lagi.

4. Wajib Periksa Ban dan Karet-Karet Lain

tips servis mobil sebelum mudik
Ban harus diperiksa secara benar sebelum mudik

Kemudian tips servis mobil untuk mudik selanjutnya adalah masih di bagian kaki-kaki, khususnya area ban. Perhatikan ban mobil, paling mudah cek bagian tapak. Bila sudah botak, maka wajib ganti dengan ban baru.

Pasalnya kalau dibiarkan ban botak dipakai mudik, bisa jadi penyebab kecelakaan. Cengkeraman ban botak, tentu tidak terlalu kuat, sehingga mengakibatkan selip saat melintas jalanan licin.

Baca juga  3 Efek Buruk Terlalu Sering ke Salon Mobil!

Lalu yang perlu dicek adalah tekanan angin ban. Ini bisa kamu lakukan sebeleum berangkat mudik. Ukuran tekanan angin ban mobil yang tepat, biasanya tertulis di lis pintu pengendara bagian dalam. Agar lebih maksimal, isi angin ban dengan nitrogen.

Karet-karet wiper pun perlu dicek. Apakah sudah getas atau belum. Pasalnya ini penting, agar ketika hujan, pandangan berkendara tetap baik. Ditambah lagi, air wiper harus terisi.

5. Kelistrikan Harus Baik

alarm mobil tidak berfungsi
Ilustrasi aki mobil

Sistem kelistrikan mobil juga harus dicek, ini merupakan salah satu tips servis mobil untuk mudik yang penting. Kelistrikan yang dimaksud, mulai dari lampu-lampu hingga lainnya.

Termasuk aki harus diperhatikan, jangan sampai tekor. Pasalnya dengan aki yang baik, kelistrikan juga aman.

6. Lakukan Juga Servis Setelah Mudik

Tips servis mobil untuk mudik
Lakukan pengecekan setelah perjalanan mudik

Tips servis mobil untuk mudik tidak cuma dilakukan sebelum perjalanan, tapi juga setelah perjalanan. Pasalnya setelah melewati jarak yang cukup jauh, pasti mobil akan lelah. Tentu sebagai pemilik, kamu wajib mengembalikan lagi kondisinya supaya prima agar mobil nyaman lagi dipakai untuk berkendara sehari-hari.

Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan untuk servis mobil setelah mudik. Sebut saja oli mesin, air radiator, timing belt, serta kaki-kaki. Intinya sih tidak beda dari servis sebelum mudik.

Tidak sulit bukan? Jika kamu repot dalam hal pemeriksaan satu persatu, maka agar memudahkan kamu setelah mudik nanti, jangan sungkan untuk bawa mobil ke bengkel resmi guna menjaga mobil dalam keadaan prima selalu.

Semoga tips servis mobil untuk mudik di atas bisa membantu ya, sehingga perjalanan pulang kampung kamu bisa aman dan nyaman. Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru