by

Touring Nmax ke Indonesia Timur Bersama Anak Usia 4 Tahun

Kisah touring Nmax ke Indonesia Timur kali ini benar-benar istimewa. Dilakukan oleh Lilik Gunawan dan anaknya, Balda yang masih berusia 4 tahun.

Mereka menunggangi motor Nmax 155 Connected/ABS sejauh 5.000 Km lebih dari Indonesia bagian barat, hingga ke timur Nusantara dalam tema Ride To East. Total waktu yang diperlukan adalah 50 hari perjalanan darat dan laut.

Sebanyak 12 provinsi, tujuh pulau sukses dilewati oleh keduanya. Bahkan mereka juga sempat masuk ke negara tetangga, Timor Leste. Di sana Lilik dan Balda bermalam dengan menginap di tepi Valu Beach Tutuala menggunakan tenda.

Touring Nmax Ke Indonesia Timur ini pun membuat pelakunya bisa melihat berbagai keindahan wisata alam di Indonesia. Sebut saja mereka mengunjungi Kampung Bena di Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Kampung ini terletak di puncak bukit dengan view gunung Inerie. Keberadaannya di bawah gunung merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa. Menurut penduduk kampung ini, mereka meyakini keberadaan Yeta, dewa yang bersinggasana di gunung ini yang melindungi kampung mereka,” seperti dikutip dari akun Instagram Lilik Gunawan, @jejakpalmarjambi.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

Lokasi wisata lain yang didatangi mereka bersama motor Yamaha Nmax terbaru adalah Sabana Tanjung Bendera, Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Desa Sasak Sade, dan lain-lain.

Permasalahan Sepanjang Perjalanan Touring Nmax ke Indonesia Timur

touring nmax ke indonesia timur
Lilik dan Balda bersama Nmax 155 Connected/ABS saat di Tanjung Bendera NTT

Dari penuturan Lilik Gunawan, Touring Nmax ke Indonesia Timur bertema Ride To East kali ini sungguh minim kendala. Padahal motor yang digunakannya bersama sang anak sudah dijejali tiga travel box dengan kondisi full load yang terpasang di sisi kiri, kanan, dan belakang motor. Bisa dibilang Nmax tersebut harus bekerja keras.

Beruntung, persoalan di perjalanan umumnya cuma soal cuaca yang kerap berganti-ganti. Ada kalanya panas terik, lalu tiba-tiba hujan.

Kemudian pernah pula motor terpaksa melewati jalur tanah, karena memang belum semua jalan terkena aspal. Walau demikian, perlahan tapi pasti Nmax bisa menerabasnya.

“Terima kasih sahabat dari pecinta trail adventure MCL (Motor Club Lospalos) pimpinan Om Alariku Li yang sudah kawal kami dari Baucau hingga ke Tutuala (Timor Leste) dan memaksa All New Nmax Balda menyalahi takdirnya ke jalur Trabas,” beber Lilik dalam akun Instagramnya.

Baca juga  Ini Dia 10 Motor Matic Paling Nyaman untuk kamu Kendarai

Terkait kondisi motor, Lilik tidak sama sekali mengalami kendala dengan Nmax 155 Connected/ABS. Sepanjang perjalanan touring Nmax ke Indonesia Timur cuma butuh servis ringan, ganti oli dan kampas rem saja.

“Saya akui motor ini (NMAX 155 Connected/ABS) tangguh betul. Padahal jalur yang dilewati cuacanya panas kadang bahkan berubah hujan seketika, tentu ini kan mempengaruhi suhu mesin kan. Belum lagi jarak tempuh yang panjang dengan bawaan saya yang full load, banyak sekali. Tapi ya terbukti, motor ini bisa sampai di Timor Leste tanpa ada suatu kendala,” kata ayah Balda.

Touring Nmax ke Indonesia Timur bukanlah pertama kali buat Lilik dan Balda melakoni perjalanan jauh. Mereka pernah berkendara menggunakan Nmax model lama dari Indonesia ke Arab Saudi dalam tajuk Ride for Moms pada 2019. Ketika itu lama perjalanan yang dibutuhkan sekitar delapan bulan, serta menempuh lebih dari 20.000 Km.

Terbaru