Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5, Beli yang Murah Saja!

by Firdaus Ali
Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Mengulas perseteruan Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 tentu saja menarik. Sebab, baru kali ini Hyundai Ioniq 5 mendapat lawan yang sepadan di kelasnya.

Keduanya sama-sama bergaya SUV dengan fitur-fitur premium di dalamnya, sebut saja teknologi keselamatan aktif, speaker premium, hingga panoramic roof. Kelebihan utama dari bZ4X ada di fitur advanced parking atau parkir otomatis, ground clearance tinggi 210 mm, hingga jarak tempuh 500 Km. Sementara keunggulan Ioniq 5 mempunyai vehicle to load (V2L) yang bisa menjadikan mobil sebagai generator atau power bank buat berbagai peralatan listrik, bagasi luas hingga 527 liter dan tempat penyimpanan di kabin yang berlimpah.

Ingin tahu lebih detail terkait komparasi Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, khususnya dari sisi eksterior, interior, fitur, performa, jarak tempuh, hingga harganya. Nah, biar tidak semakin penasaran mari kita simak bahasannya berikut ini.

Desain Eksterior Toyota bZ4X Mirip Mobil Konvensional

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Desain eksterior mirip mobil konvensional

Ulasan rivalitas Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 yang pertama adalah dari sisi desain eksterior. Mobil listrik dari Toyota, tampil dengan desain yang sporty, sekilas mirip dengan mobil konvensional alias mobil yang menggunakan mesin bensin. Beda dengan Hyundai Ioniq 5 yang kental dengan aura mobil listrik.

Hal ini bisa jadi kelebihan Toyota bZ4X, sebab bagi sebagian orang, desain eksterior yang tidak terlalu futuristik justru malah menarik. Dengan kata lain tidak terlalu mencolok, tapi masih terlihat keren.

Untuk dimensinya, Toyota Bz4x mempunyai panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Dimensi tersebut tidak beda jauh dengan Hyundai Ioniq 5 yang panjangnya 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1,647 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Kemudian untuk ground clearance Toyota bZ4X lebih tinggi dengan 210 mm. Alhasil mobil listrik ini lebih tampak seperti SUV, serta harusnya punya kemampuan melewati jalan bergelombang lebih baik. Jadi pengemudi tidak takut bodi bawahnya mentok dengan aspal. Beda dengan Hyundai Ioniq 5 yang cuma punya jarak terendah ke tanah 160 mm atau lebih pendek 50 mm dibanding Toyota bZ4X.

Baca juga  Konsumsi BBM Hyundai Creta, Seirit Apa?
Eksterior Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
PxLxT (mm) 4.635×1.890×1.647 mm 4.690×1.860×1.650 mm
Jarak Sumbu Roda 3.000 mm 2.850 mm
Ground Clearance 160 mm 210 mm
Ukuran Roda 19 inch (Prime) – 20 inch (Signature) 18 inch

Interior Hyundai Ioniq 5 Lebih Premium Dibanding bZ4X

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Material interior menggunakan bahan daur ulang

Ulasan Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 selanjutnya adalah bagian interiornya. Sama-sama punya kapasitas penumpang untuk 5-orang, tapi mobil listrik Hyundai terkesan lebih premium dan nyaman. Hal tersebut dikarenakan, pengaturan joknya di depan sudah full elektrik untuk pengemudi dan penumpang. Sementara untuk bZ4X masih manual untuk penumpang depan.

Bahkan Ioniq 5 memiliki pengaturan jok depan sebelah kiri yang bisa diakses oleh penumpang belakang. Hal ini untuk membuat ruang kabin terasa lebih lega buat penumpang belakang, terlebih bila kamu memiliki supir. Ditambah lagi jok belakangnya bisa direbahkan lagi.

Khusus meningkatkan kenyamanan di baris depan, Hyundai Ioniq 5 juga memberi leg support di jok pengemudi dan penumpang depan. Lagi-lagi di Toyota bZ4X, belum memilikinya.

Bicara soal kesamaan keduanya, sudah memiliki berbagai teknologi canggih untuk interior. Ambil contoh wireless charger, panoramic roof, hingga speaker premium untuk memanjakan telinga saat mendengar musik. Khusus di bZ4X pakai speaker merek JBL. Sementara di Ioniq 5 menggunakan Bose.

Akomodasi & Safety Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
Bagasi 527 liter + 52 liter 452 liter
Jumlah Airbag 6 airbags 7 airbags
Fitur Keselamatan Aktif Hyundai Smart Sense Toyota Saftey Sense 3.0

Bagasi Hyundai Ioniq 5 Lebih Lega

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Tempat Penyimpanan Hyundai Ioniq 5 lebih banyak, bahkan punya bagasi depan

Selanjutnya untuk akomodasi barang atau bagasi, Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 lebih lega mana? Jawabannya adalah mobil listrik pabrikan berlogo H miring punya kapasitas bagasi belakang lebih besar mencapai 527 liter. Sementara bZ4X cuma 452 liter.

Baca juga  Interior Hyundai Stargazer, Lebih Nyaman dari Veloz dan Xpander?

Ditambah lagi, pada Ioniq 5 punya bagasi tambahan di balik kap mesin dengan kapasitas 57 liter. Istimewa bukan?

Tidak hanya itu saja, di interior juga Ioniq 5 punya lebih banyak ruang penyimpanan. Contoh paling mudah adalah mobil listrik Hyundai tersebut memiliki glove box, sementara bZ4X tidak punya.

Fitur Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Keduanya menghadirkan fitur canggih

Berbicara soal fitur, baik Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 sama-sama menghadirkan teknologi canggih. Terkait keselamatan, mobil listrik berlogo T punya Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 dan Ioniq 5 memiliki Hyundai Smart Sense. Kedua fitur itu sama-sama terintegrasi Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist, Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive Cruise Control, hingga beberapa fitur keselamatan lain.

Lalu kelebihan di bZ4X ada Toyota T-Intouch. Ini merupakan teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA, seperti Find My Car, Geofencing, E-Care (Maintenance), Trip Driving Update, Road Assistance, dan lain-lain.

Tidak ketinggalan, Toyota juga memberi fitur advanced parking yang bisa membuat mobil bisa parkir secara otomatis. Nah, kedua fitur itu belum dipunya oleh mobil listrik Hyundai. 

Meski demikian, kelebihan Hyundai Ioniq 5 dibanding bZ4X ada di fitur vehicle to load (V2L). Fungsinya membuat mobil listrik tersebut jadi generator atau power bank berjalan, sehingga bisa mengalirkan tenaga listrik ke berbagai peralatan elektronik.

Jarak Tempuh Toyota Bz4x Lebih Jauh Dibanding Hyundai Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Jarak tempuh Bz4x lebih jauh yaitu 500 km

Toyota bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355,2 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh, dimana jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 500 km. Sementara itu untuk baterai Hyundai Ioniq 5 menggunakan ukuran lebih besar yaitu 72,6 kWh untuk varian Long Range, tapi jarak tempuh terbaiknya cuma 481 km.

Baca juga  Demonstrasi Kecanggihan Veloz TSS di Tumplek Blek 2022, Pengunjung Boleh Tabrak Mobil!

Walau demikian, soal performa mesin ternyata Hyundai Ioniq 5 lebih istimewa dengan torsi tembus 350 Nm dan tenaga 213 hp. Bandingkan dengan Toyota bZ4X yang cuma bisa menghasilkan torsi puncak 266 Nm dan tenaga 204 hp. 

Performa Mesin Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
Kapasitas baterai 72,6 kWh 71,4 kWh. 
Torsi & Tenaga 214 hp & 350 Nm 204 hp & 266 Nm
Jarak Tempuh 481 km 500 km

Harga Bz4x Lebih Mahal Dari Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Harga Bz4x lebih mahal dari Ioniq 5

Membahas komparasi Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 tentunya tidak lengkap tanpa membahas harga. Sayangnya, mobil listrik Toyota saat ini dijual dengan banderol yang masih sangat mahal yaitu Rp 1,19 miliar dan cuma ada satu varian yaitu Panoramic roof FWD. Inilah kekurangan dari bZ4X, maklum masih produk impor (CBU) dari Jepang, sehingga kena pajak lebih mahal.

Sementara Hyundai Ioniq 5 merupakan produk rakitan lokal alias produksi Indonesia. Dengan demikian, harganya bisa lebih murah yaitu mulai Rp 859 juta untuk varian Prime Standar Range dan Rp 859 juta khusus Signature Long Range. Pabrikan H miring memasarkan mobil listriknya dalam empat varian:

  • Prime Standar Range Rp 748 juta
  • Prime Long Range Rp 789 juta
  • Signature Standar Range Rp 809 juta
  • Signature Long Range Rp 859 juta

Tentunya dengan perbedaan harga yang cukup jauh antara Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X, pilihan logis adalah memiliki mobil listrik Hyundai untuk saat ini. Apalagi dari sisi fitur dan jarak tempuh, keduanya tidak berbeda jauh. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai rivalitas Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika