Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5, Beli yang Murah!

by Firdaus Ali
Toyota Bz4x vs Hyundai

Mengulas perseteruan Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 tentu saja menarik. Sebab, baru kali ini Hyundai Ioniq 5 mendapat lawan yang sepadan di kelasnya.

Keduanya sama-sama bergaya SUV dengan fitur-fitur premium di dalamnya, sebut saja teknologi keselamatan aktif, speaker premium, hingga panoramic roof. Kelebihan utama dari bZ4X ada di fitur advanced parking atau parkir otomatis, ground clearance tinggi 210 mm, hingga jarak tempuh lebih dari 500 Km di atas kertas.

Sementara keunggulan Ioniq 5 mempunyai vehicle to load (V2L) yang bisa menjadikan mobil sebagai generator atau power bank buat berbagai peralatan listrik. Ada pula bagasi luas hingga 527 liter dan tempat penyimpanan di kabin yang berlimpah. Tidak ketinggalan, harga mobil listrik Hyundai ini tentunya lebih murah.

Ingin tahu lebih detail terkait komparasi serta review Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 secara singkat, khususnya dari sisi eksterior, interior, fitur, performa, jarak tempuh, hingga harganya. Nah, biar tidak semakin penasaran mari kita simak bahasannya berikut ini.

Desain Eksterior Toyota bZ4X Mirip Mobil Konvensional

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Desain eksterior mirip mobil konvensional

Ulasan rivalitas Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 yang pertama adalah dari sisi desain eksterior. Mobil listrik dari Toyota, tampil dengan desain yang sporty, sekilas mirip dengan mobil konvensional alias mobil yang menggunakan mesin bensin. Beda dengan Hyundai Ioniq 5 yang kental dengan aura mobil listrik.

Hal ini bisa jadi kelebihan Toyota bZ4X, sebab bagi sebagian orang, desain eksterior yang tidak terlalu futuristik justru malah menarik. Dengan kata lain tidak terlalu mencolok, tapi masih terlihat keren.

Untuk dimensinya, Toyota Bz4x mempunyai panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Dimensi tersebut tidak beda jauh dengan Hyundai Ioniq 5 yang panjangnya 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1,647 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

Kemudian untuk ground clearance Toyota bZ4X lebih tinggi dengan 210 mm. Alhasil mobil listrik ini lebih tampak seperti SUV, serta harusnya punya kemampuan melewati jalan bergelombang lebih baik. Jadi pengemudi tidak takut bodi bawahnya mentok dengan aspal. Beda dengan Hyundai Ioniq 5 yang cuma punya jarak terendah ke tanah 160 mm atau lebih pendek 50 mm dibanding Toyota bZ4X.

Eksterior Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
PxLxT (mm) 4.635×1.890×1.647 mm 4.690×1.860×1.650 mm
Jarak Sumbu Roda 3.000 mm 2.850 mm
Ground Clearance 160 mm 210 mm
Ukuran Roda 19 inch (Prime) – 20 inch (Signature) 18 inch

Interior Hyundai Ioniq 5 Lebih Premium Dibanding bZ4X

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - jok belakang

Interior Ioniq 5 terbuat dari material daur ulang

Ulasan Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 selanjutnya adalah bagian interiornya. Sama-sama punya kapasitas penumpang untuk 5-orang, tapi mobil listrik Hyundai terkesan lebih premium dan nyaman.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota GR Yaris yang Siap Masuk Indonesia

Hal tersebut dikarenakan, pengaturan joknya di depan sudah full elektrik untuk pengemudi dan penumpang. Sementara untuk bZ4X masih manual untuk penumpang depan.

Review Hyundai Ioniq 5 lainnya dalam komposisi tempat duduk adalah soal pengaturan jok depan sebelah kiri, dimana posisinya juga mudah diatur posisinya oleh penumpang belakang. Misal untuk membuat ruang kaki lebih lega, jok depan bisa dilipat hingga kaki baris belakang bisa diselonjorkan.

Tidak hanya itu, misal untuk membawa barang, untuk memaksimalkan ruang, jik belakang Hyundai Ioniq 5 bisa dilipat rata lantai.

Khusus meningkatkan kenyamanan di baris depan, Hyundai Ioniq 5 juga memberi leg support di jok pengemudi dan penumpang depan. Lagi-lagi di Toyota bZ4X, belum memilikinya.

Bicara soal kesamaan keduanya, sudah memiliki berbagai teknologi canggih untuk interior. Ambil contoh wireless charger, panoramic roof, hingga speaker premium untuk memanjakan telinga saat mendengar musik. Khusus di bZ4X pakai speaker merek JBL. Sementara di Ioniq 5 menggunakan Bose.

Akomodasi & Safety Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
Bagasi 527 liter + 52 liter 452 liter
Jumlah Airbag 6 airbags 7 airbags
Fitur Keselamatan Aktif Hyundai Smart Sense Toyota Saftey Sense 3.0

Bagasi Hyundai Ioniq 5 Lebih Lega

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Tempat Penyimpanan Hyundai Ioniq 5 lebih banyak, bahkan punya bagasi depan

Selanjutnya untuk akomodasi barang atau bagasi, Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 lebih lega mana? Jawabannya adalah mobil listrik pabrikan berlogo H miring punya kapasitas bagasi belakang lebih besar mencapai 527 liter. Sementara bZ4X cuma 452 liter.

Ditambah lagi, pada Ioniq 5 punya bagasi tambahan di balik kap mesin dengan kapasitas 57 liter. Istimewa bukan?

Tidak hanya itu saja, di interior juga Ioniq 5 punya lebih banyak ruang penyimpanan. Contoh paling mudah adalah mobil listrik Hyundai tersebut memiliki glove box, sementara bZ4X tidak punya.

Tes Body Roll dan Kebisingan untuk Cari Tahu Mobil Listrik Ternyaman

Toyota Bz4x vs Hyundai

Tes body roll

Test berikutnya untuk komparasi Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 adalah kenyamanan kabin dengan beberapa pengujian. Uji pertama adalah body roll dengan berkendara 30-40 km/jam kemudian menikung tajam. Hasilnya pada Ioniq 5 mendapatkan kemiringan 3,7 derajat dan Toyota bZ4X 3,9 derajat. Artinya Toyota bZ4X sedikit lebih limbung di banding Ioniq 5.

Menariknya, walau pun lebih limbung tapi bantingan bZ4X juga tidak lebih empuk dari Hyundai Ioniq 5. Tim Moladin merasa bahwa mobil listrik Hyundai punya kaki-kaki yang lebih nyaman ketika diajak berkendara. 

Sedangkan pada tes kebisingan kabin Hyundai Ioniq 5 mendapatkan hasil 75 desibel dan Toyota bZ4X 70,8 desibel. Artinya bZ4X sedikit lebih kedap dibanding Ioniq 5.

Fitur Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Keduanya menghadirkan fitur canggih

Berbicara soal fitur, baik Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 sama-sama menghadirkan teknologi canggih. Terkait keselamatan, mobil listrik berlogo T punya Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 dan Ioniq 5 memiliki Hyundai Smart Sense. Kedua fitur itu sama-sama terintegrasi Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist, Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive Cruise Control, hingga beberapa fitur keselamatan lain.

Baca juga  5 Alasan Toyota Innova Reborn Tetap jadi Incaran Pembeli Mobil bekas

Lalu kelebihan di bZ4X ada Toyota T-Intouch. Ini merupakan teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA, seperti Find My Car, Geofencing, E-Care (Maintenance), Trip Driving Update, Road Assistance, dan lain-lain.

Tidak ketinggalan, Toyota juga memberi fitur advanced parking yang bisa membuat mobil bisa parkir secara otomatis. Nah, kedua fitur itu belum dipunya oleh mobil listrik Hyundai. 

Meski demikian, kelebihan Hyundai Ioniq 5 dibanding bZ4X ada di fitur vehicle to load (V2L). Fungsinya membuat mobil listrik tersebut jadi generator atau power bank berjalan, sehingga bisa mengalirkan tenaga listrik ke berbagai peralatan elektronik.

Konsumsi Listrik Ioniq 5 Lebih Irit dari bZ4X

konsumsi listrik toyota bzx4x vs hyundai ioniq 5

Dalam review yang kami lakukan, Ioniq 5 bisa menghemat baterai 7,5 km/kWh di dalam kota

Toyota bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355,2 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh, dimana jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 516 km dalam pengujian WLTP. Sementara itu untuk baterai Hyundai Ioniq 5 menggunakan ukuran lebih besar yaitu 72,6 kWh untuk varian Long Range, tapi jarak tempuh terbaiknya cuma 481 km.

Hanya saja ketika kami lakukan review untuk konsumsi listrik Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, hasilnya kebalikan. Mobil listrik pabrikan H miring lebih irit tenaga listrik dengan catatan di dalam kota 7,5 km/kWh atau dengan baterai penuh bisa melaju hingga 544,5 km. Lalu untuk perjalanan tol, keiritan listirknya 6,8 km/kWh setara jarak tempuh 493 km.

Bandingkan dengan konsumsi listrik Toyota bZ4X di dalam kota, cuma 6,3 km/kWh setara dengan perjalanan 449 km dalam kondisi baterai penuh. Sementara di jalan tol lebih boros lagi, cuma 5,6 km/kWh atau 399 km.

  Hyundai Ioniq 5 Toyota bZ4X
Kapasitas baterai 72,6 kWh 71,4 kWh
Torsi & Tenaga 214 hp & 350 Nm 204 hp & 266 Nm
Jarak Tempuh 481 km (WLTP) 516 km (WLTP)

Performa Mobil Listrik FWD Vs RWD

Motor listirk Ioniq 5 ada di roda belakang

Motor elektrik Hyundai Ioniq 5 ada di roda belakang

Komparasi Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5 selanjutnya soal performa berkendaranya. Kami melakukan beberapa pengujian dari mulai menanjak ekstrem, akselerasi 0-100 km/jam, hingga drag race 201 meter.

Satu yang menarik adalah kedua mobil listrik ini punya penggerak yang berbeda. Di mana untuk bZ4X memiliki motor elektrik di roda depan atau FWD. Sementara Ioniq 5 adanya di roda belakang atau RWD. Siapa yang jadi pemenangnya?

Tes Menanjak dengan Toyota bZ4X dan Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai

Toyota bZ4X terlihat lebih responsif ketika diajak menanjak

Dalam tes menanjak Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, kami benar-benar mengujinya secara ekstrem. Kabin diisi penuh 5 orang dengan berat masing-masing 90 Kg atau total sekitar 450 Kg. Lalu untuk tanjakannya punya derajat kemiringan hingga 21 derajat.

Baca juga  Fisker Ocean, Mobil Listrik Terbaru untuk Paus Fransiskus

Selama pengujian menanjak ini, traction control diaktifkan. Hasilnya Ioniq 5 dengan penggerak roda belakang bisa menanjak dengan baik, tanpa drama sama sekali.

Lalu untuk kemampuan menanjak Toyota bZ4X, di awal sedikit terjadi wheel spin untuk roda depannya. Walau demikian, mobil listrik berlogo T ini tetap bisa menanjak dengan sempurna.

Akselerasi Toyota bZ4X Lebih Ngebut

Toyota Bz4x vs Hyundai

Toyota bZ4X punya kemampuan akselerasi istimewa

Berikutnya adalah tes drag race antara Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bz4x. Mobil yang kami gunakan adalah Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range merupakan varian tertinggi dengan daya jelajah 451 km. Punya tenaga sebesar 217 PS yang dicapai pada 350 Nm. Performa itu muncul di motor elektrik yang terletak di roda belakang (RWD).

Sedangkan Toyota bZ4X menggunakan lithium-ion 355,2 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Mobil listrik ini punya tenaga maksimal 204 PS dan torsi 266 Nm. Kehadiran tenaga itu ada di motor elektrik yang berada di roda depan (FWD).

Walau bZ4X di atas kertas lebih lemah performanya, tapi saat kami komparasi di drag race ternyata mobil listrik Toyota ini sanggup unggul. Hasilnya untuk melesat ke jarak 201 meter, cuma butuh waktu 9,9 detik. Sementara Ioniq 5 butuh 10 detik.

Lalu saat pengujian akselerasi 0-100 km/jam, Toyota bZ4X juga bisa melaju 7,3 detik. Bandingkan dengan Ioniq 5 yang akselerasinya butuh 7,4 detik.

Harga Bz4x Lebih Mahal Dari Ioniq 5

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Harga Bz4x lebih mahal dari Ioniq 5

Membahas komparasi Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5 tentunya tidak lengkap tanpa membahas harga. Sayangnya, mobil listrik Toyota saat ini dijual dengan banderol yang masih sangat mahal yaitu Rp 1,19 miliar dan cuma ada satu varian yaitu Panoramic roof FWD. Inilah kekurangan dari bZ4X, maklum masih produk impor (CBU) dari Jepang, sehingga kena pajak lebih mahal.

Sementara Hyundai Ioniq 5 merupakan produk rakitan lokal alias produksi Indonesia. Dengan demikian, harganya bisa lebih murah yaitu mulai Rp 859 juta untuk varian Prime Standar Range dan Rp 859 juta khusus Signature Long Range. Pabrikan H miring memasarkan mobil listriknya dalam empat varian:

  • Prime Standar Range Rp 748 juta
  • Prime Long Range Rp 789 juta
  • Signature Standar Range Rp 809 juta
  • Signature Long Range Rp 859 juta

Tentunya dengan perbedaan harga yang cukup jauh antara Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X, pilihan logis adalah memiliki mobil listrik Hyundai untuk saat ini. Apalagi dari sisi fitur dan jarak tempuh, keduanya tidak berbeda jauh. Plus kini Ioniq 5 dapat subsidi dari pemerintah yang membuat banderolnya lebih terjangkau lagi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai rivalitas Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. (EDIT : Tigor)

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika