by

Daftar Ubahan Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift di Indonesia. Kedua produk tersebut usung sejumlah penyegaran yang membuat tampilannya semakin terasa modern.

Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift merupakan market leader di segmennya masing-masing. Fortuner menjadi salah satu produk terlaris di segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia. Sementara Toyota Kijang Innova menjadi segmen medium MPV di Tanah Air.

Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar Whole Sales Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Sementara itu, Fortuner berhasil mencatat pangsa pasar 41,1% di segmen High SUV dengan angka penjualan 6.807 unit.

New Fortuner dan New Kijang Innova tak hanya tampil makin mengesankan, sekaligus juga kian prestisius dan elegan.

“New Fortuner dan New Kijang Innova merupakan wujud komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond,” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Matsuda menambahkan, “Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan kedua produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya.”

Lalu seperti apa sosok Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift? Simak ulasannya ini sampai habis:

Mengenal Sosok Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift

Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Meluncur di Indonesia
Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Meluncur di Indonesia

Ubahan terjadi pada Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift. Secara tampilan, Toyota Fortuner facelift usung sejumlah ubahan yang membuatnya tampil lebih segar.

Sentuhan baru pada New Toyota Fortuner terletak pada penggunaan gril dan garnish pada lampu LED yang dirancang lebih besar yang membuat tampilannya jadi lebih mewah dan juga tangguh.

Perubahan juga terlihat pada penyematan New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp.

Penyegaran diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark. Pada bagian samping, terlihat Fortuner baru menggunakan pelek berukuran 18 inci dengan desain baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo.

Baca juga  9 Kisaran Harga Mobil Mewah Artis Indonesia

Outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam. Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan G, sementara tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

Ada pula New LED Rear Lamp Combination yang memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy. Bumper belakang tipe TRD Sportivo memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

Fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di tipe TRD Sportivo, sekarang sudah dimanfaatkan juga oleh tipe VRZ dan SRZ.

Nuansa mewah semakin terasa, berkat sejumlah ubahan yang kini jadi tersedia. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey, model lain menggunakan bahan kulit hitam.

Pada bagian kabin sentuhan baru terlihat pada penggunaan Meter Cluster Design baru berukuran 4,2 inci, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Untuk sistem hiburannya, mobil ini dilengkapi dengan Head unit layar sentuh berukuran 9 Inch Screen Display memiliki fitur konektivitas Miracast dan SDL, voice command, Surround Monitor, sedangkan untuk varian VRZ, SRZ dan TRD Sportivo memiliki tambahan fiitur NFC dan Smartphone Connection.

Beragam fitur sudah tersedia, mulai dari Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

Tersedia pula Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model. Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4.

Baca juga  7 Keunggulan Wuling Confero, Layak Dibeli?

Jantung mekanisnya masih mengandalkan mesin 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Mesin itu diklaim mengadopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Sejumlah Ubahan di New Kijang Innova

Kijang Innova kini tersedia dalam varian baru
Kijang Innova kini tersedia dalam varian baru

Membahas lebih jauh mengenai sejumlah ubahan pada Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift. Khusus pada Innova terbaru terlihat ubahan paling menonjol pada sisi eksteriornya.

Tampilannya kini terlihat lebih mewah dan juga menarik berkat sentuhan baru di sejumlah sisi eksterior maupun interiornya. Selain itu, New Kijang Innova juga menyediakan varian baru yakni Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer.

Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

Kijang Innova Luxury dan New Venturer juga dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil serta dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Healthy feature ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Mengacu pada perubahan pada sisi eksterior, seluruh varian New Kijang Innova kini bermodalkan New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga pelek dwi warna berukuran 16 inci.

Pada varian V, New Kijang Innova mendapatkan sentuhan tambahan berupa New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish.

Sementara pada varian G, terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp.

Khusus untuk Luxury Grade, New Kijang Innova dibekali dengan ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Baca juga  5 Kekurangan MG ZS Indonesia, Rival Kuat HR-V

Di sisi lain, New Venturer menyajikan penampilan premium tough melalui ubahan eksterior berupa New Distinctive Front Grille with New Bumper Spoiler Package, New Illuminating LED Fog Lamp, New Sleek Rear Spoiler, New Rear License Garnish, New Backdoor Ornament Shape, dan New Day-time Running Light.

Lebih lanjut, New Venturer mampu tampil begitu dominan di jalan berkat hadirnya pelek dengan desain baru berukuran 17 inci  yang menguatkan tampilan lebih menarik.

Di sisi interior, New Kijang Innova varian G dan V kini hadir dengan New Noble Brown Seat Color yang menguatkan kesan premium.

Sedangkan pada New Venturer, kini telah dibekali New Black Evaporated Leatherette Seat with a Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Interior Kijang Innova Facelift Naik Kelas

Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift dapat sentuhan baru di sisi interior
Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift dapat sentuhan baru di sisi interior

Tidak berhenti di situ, sisi interior juga tak luput dari sejumlah ubahan. Sistem hiburan varian G kini dibekali dengan head unit baru berukuran 8 inci dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring.

Sementara pada varian V menggunakan New Versatile 9” Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9” Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Terkait fitur, New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Semoga informasi mengenai Toyota Fortuner dan Kijang Innova facelift ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru