Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Toyota Innova Hybrid G Vs Wuling Almaz Hybrid, Rp 400 Jutaan!

by Firdaus Ali

Komparasi Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid tentu akan jadi pembahasan yang menarik. Pasalnya, dua mobil ini punya banyak kesamaan. Dari mulai penggunaan mesin 2.000 cc hybrid, punya interior 7-seater, hingga harga Rp 400 jutaan.

Wuling Almaz Hybrid memang sudah terlebih dahulu mengaspal di Indonesia. Mobil tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar segmen mobil 7 penumpang, bermesin hybrid serta harga yang kompetitif.

Tidak mau ketinggalan, Toyota juga akhirnya meluncurkan Toyota Innova Zenix yang mengusung mesin hybrid. Hadirnya Kijang Gen-7 tersebut tentu saja jadi gebrakan di dunia otomotif, lantaran jadi mobil elektrifikasi pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia. 

Di komparasi kali ini, Innova Zenix Hybrid yang lebih kami tonjolkan adalah varian G atau yang termurah. Pasalnya dari sisi harga, memang yang paling dekat dengan Almaz Hybrid. Walau demikian, sesungguhnya Toyota memiliki berbagai varian Innova Zenix lain seperti V Hybrid dan Q Hybrid.

Lalu antara Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid siapa yang layak dibeli? Berikut bahasan lengkap komparasi keduanya:

Dimensi Eksterior Toyota Innova Zenix Lebih Bongsor

eksterior innova g hybrid - tampak belakang

Ground Clearance Innova Zenix G Hybrid lebih rendah dibanding Wuling Almaz Hybrid

Pembahasan rivalitas Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid yang pertama adalah dari sisi eksterior. Dimensi Innova Zenix tampak lebih bongsor dibanding dengan Almaz Hybrid.

Kijang Gen-7 ini memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Bandingkan dengan Wuling Almaz Hybrid yang panjangnya cuma 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. 

Walau demikian, mobil Wuling tidak otomatis kalah begitu saja untuk perbandingan eksterior ini. Kelebihan Almaz Hybrid sebagai sebuah SUV adalah punya ground clearance cukup tinggi yaitu 230 mm. Hal ini didukung pula penggunaan velg dan ban besar ukuran 215/55 R18. Alhasil harusnya pengemudi lebih percaya diri ketika melibas jalan dengan medan yang bergelombang dengan mobil merek Cina tersebut.

Sementara Toyota Innova Zenix G Hybrid cuma punya ground clearance 185 mm. Ditambah lagi, lantaran ini varian termurah maka velg dan ban yang digunakan cukup kecil yaitu 205/65 R16. Beda dengan Innova Hybrid varian V yang ban 215/60 R17 dan varian Q 225/60 R18.

Baca juga  7 Mobil dengan Captain Seat, Pas Buat Mudik
Eksterior Innova Zenix G Hybrid Almaz Hybrid
PxLxT 4.755 x 1.850 x 1.795 mm 4,655 x 1,835 x 1,760
Jarak Sumbu Roda 2.850 mm 2.750 mm
Ground Clearance 185 mm 230 mm
Ukuran Roda 205/65 R16 215/55 R18

Interior Almaz Hybrid Lebih Mewah Dibanding Innova Hybrid G

interior almaz hybrid - jok baris kedua

Almaz Hybrid merupakan satu-satunya SUV 7-seater hibrida di Indonesia

Selanjutnya, persaingan Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid berlanjut ke interior. Dengan dimensi dan jarak sumbu roda lebih besar, MPV pabrikan berlogo T tentu punya kelebihan dalam hal kabin yang lebih lega dibanding SUV Wuling.

Kami sudah mencoba sendiri duduk di baris pertama, kedua, bahkan ketiga Innova Zenix. Di mana pun berada, posisi duduk terasa nyaman. Leg room dan head room juga masih luas.

Ini berbeda dengan Wuling Almaz Hybrid yang untuk jok baris ketiganya, posisi duduk terasa seperti jongkok. Head room dan leg room juga tidak terlalu luas.

Walau demikian, kelebihan mobil merek Cina tersebut ada di fitur-fitur yang modern dan mewah. Pasalnya Almaz Hybrid adalah varian tertinggi dari keluarga Almaz. Jadi joknya sudah dibalut kulit, ada panoramic sunroof, wireless charger, head unit layar sentuh besar ukuran 10,4 inci, hingga speaker premium dari Infinity.

Bandingkan dengan Toyota Innova Zenix G Hybrid yang bisa dibilang minim fitur, wajar karena memang ini varian termurah. Dapat dikatakan, cuma ada head unit masih pakai ukuran 9 inci, auto digital AC, panel instrumen TFT 7 inch, dan jok belum dilapis kulit.

Jika kamu menginginkan interior yang lebih mewah di Kijang Gen-7, maka bisa pilih varian V dan Q. Di mana untuk Innova Zenix V sudah ada head unit ukuran 10 inch, illumination light, dua layar hiburan berukuran 10 inch untuk penumpang belakang, hingga panoramic sunroof. Lalu khusus varian Q, ada tambahan jok ottoman yang ada penyangga kakinya, serta wireless charger.

Performa Mesin Wuling Almaz Hybrid Vs Toyota Innova Zenix Hybrid, Lebih Irit Mana?

Toyota Innova Hybrid G Vs Wuling Almaz Hybrid

Mesin Innova Hybrid lebih irit BBM

Baca juga  Mengenal Toyota Safety Sense dan Kelebihanya

Rivalitas Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid selanjutnya pada bagian dapur pacunya yang sama-sama pakai kubikasi 2.000 cc. Siapa yang lebih hebat?

Innova Zenix varian G menggunakan mesin yang serupa dengan varian V dan Q, berkode M20A-FXS berkapasitas 2.000 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Di atas kertas bisa menghasilkan torsi puncak 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan tenaga maksimal 152 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk motor elektriknya bisa melontarkan torsi puncak 206 Nm dan tenaga 113 PS. Kalau dikombinasikan, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 186 PS.

Kemudian Almaz Hybrid menggunakan mesin 2.000 cc naturally aspirated, 4-silinder dengan teknologi atkinson cycle. Di atas kertas, bisa mengeluarkan torsi puncak 168 Nm pada 4.000 – 4.400 rpm dan tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm. Lalu motor elektriknya memiliki torsi 320 Nm dan tenaga 174 hp yang mendapatkan kekuatan dari baterai ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh.

Dari sini terlihat, bahwa untuk mesin bensinnya yang lebih mantap performanya adalah milik Toyota Innova Zenix. Sementara performa motor elektriknya lebih istimewa Wuling Almaz Hybrid.

Bagaimana dengan konsumsi BBM kedua mobil hybrid tersebut? Toyota mengklaim Innova Hybrid bisa menghemat bensin hingga 21 Km/liter. Catatan ini tentu lebih baik dari Wuling Almaz Hybrid yang cuma mampu mengirit BBM 19 Km/litesar.

Fitur Wuling Almaz Hybrid Vs Innova Zenix G Hybrid

Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

Alamz Hybrid sudah dilengkapi fitur ADAS

Berbicara fitur, Toyota Innova Hybrid G Vs Wuling Almaz Hybrid tentu pemenangnya adalah SUV merek Cina. Pasalnya Almaz sudah dilengkapi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Intelligent Cruise Assistance (ICA) + Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian ada pula fitur Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS), serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Almaz Hybrid juga sudah dilengkapi dengan teknologi IoV (Internet of Vehicle). Teknologi ini disebut juga sebagai Wuling Remote Control App yang menggunakan teknologi Internet of Vehicle (IoV) sehingga pemilik mobil akan tetap terkoneksi dan bisa memegang kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ di smartphone dan juga Head Unit. Ada pula fitur WIND atau Wuling Indonesian Command atau perintah suara berbahasa Indonesia.

Baca juga  Menkeu: Relaksasi Pajak untuk Mobil 2.500 cc Mulai April 2021

Sementara untuk Innova Zenix Hybrid varian G tidak punya semua fitur keselamatan canggih tersebut, kecuali T-Intouch atau kurang lebih mirip dengan IoV. Itu pun fitur-fitur tidak selengkap yang ada di Wuling Almaz Hybrid. Maklum, varian G adalah versi termurah dari keluarga Kijang Gen-7.

Kalau mau fitur keselamatan semodern Almaz Hybrid, bisa pilih Innova varian Q. Innova Hybrid Q sudah dilengkapi Toyota Safety Sense terbaru (TSS 3.0) yang sudah terintegrasi dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB). Bisa dikatakan TSS 3.0 ini serupa dengan ADAS di mobil Wuling.

Harga Toyota Innova G Hybrid Paling Murah

eksterior innova g hybrid - tampak depan

Innova G Hybrid merupakan varian termurah

Soal harga, siapa yang lebih ramah kantong antara Toyota Innova Hybrid G vs Wuling Almaz Hybrid. Ternyata MPV pabrikan berlogo T dijual dengan banderol lebih murah cuma Rp 458 juta (OTR Jakarta). Bandingkan dengan SUV merek Cina yang tembus Rp 470 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga lebih murah, Innova Zenix varian G Hybrid memang menarik untuk dipinang. Apalagi nama besar Toyota jadi embel-embelnya yang sudah dikenal punya layanan aftersales luas di berbagai kota. Hanya saja kekuarangannya memang dari sisi fitur cukup minim, utamanya soal hiburan dan keselamatan. Desain pun kurang oke, lantaran masih pakai velg kecil.

Kelebihan lain dari Innova Hybrid adalah punya banyak varian lain yaitu V yang dijual mulai Rp 522,15 juta (OTR Jakarta) dan varian Q Rp 601,15 juta (OTR Jakarta).

Sementara Wuling Almaz Hybrid memang lebih mahal dari Innova Hybrid varian G, tapi mobil SUV 7-seater dari Cina tersebut punya fitur selengkap Innova Q. Ditambah lagi dari sisi ground clearance cukup tinggi, sehingga pengemudi harusnya bisa lebih percaya diri ketika melewati berbagai medan jalan.

Moladiners, itulah bahasan rivalitas Toyota Innova Zenix Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika