by

Toyota Kijang Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan

Akhirnya terungkap, Toyota Kijang Innova Hybrid sedang dipersiapkan sebagai amunisi baru di pasar otomotif Indonesia. Informasi tersebut kami peroleh dari Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Toyota akan memproduksi 10 model hybrid termasuk 5 model Plug in Hybrid, salah satunya merek nasional Kijang Hybrid (2022),” tulis Agus Gumiwang dalam presentasinya dalam acara Investor Daily Summit 2021 pada Rabu (14/7/2021).

Presentasi itu juga jelas menyebutkan bahwa kemunculan kakak Toyota Avanza dalam versi hybrid tersebut, bakal dilakukan pada tahun depan alias 2022. Hanya saja, belum jelas Innova bensin atau diesel yang bakal diubah jadi hybrid. Bukan tidak mungkin keduanya.

Kemunculan mobil hybrid Toyota yang diproduksi di Indonesia ini sesungguhnya sudah terkonfirmasi sejak November 2020 dalam acara webinar bertajuk electrification day. Ketika itu Vice President Director Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menjelaskan bahwa perusahaannya siap melakukan lokalisasi untuk Hybrid Electric Vehicle (HEV). 

“Kami di Toyota senang sekali, karena pemerintah Indonesia punya keinginan yang sangat positif… (Rencana) Toyota group untuk lokalisasi HEV mulai 2022,” kata Henry, Rabu (18/11/2020).

Baca juga  Deretan Mobil Fast and Furious 9, Banyak yang Klasik!

Hanya saja, Henry tidak menyebutkan produk mobil hybrid apa yang siap diproduksi lokal oleh Toyota. Kini akhirnya terungkap jelas, bahwa salah satu yang siap dipasarkan di Tanah Air adalah Toyota Kijang Innova Hybrid. Serta bakal ada 10 kendaraan lain. Istimewa!

Mungkinkah Toyota Kijang Innova Hybrid Bermesin Diesel?

Toyota kijang innova hybrid
Menurut kabar dari Filipina, mesin diesel hybrid sedang disiapkan oleh Toyota

Bila membayangkan Kijang Innova Hybrid dalam mesin bensin, tentu tidak sulit. Pasalnya Toyota sendiri sudah C-HR Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid. 

Dapat dikatakan, mewujudkan Kijang Innova Hybrid tinggal memindahkan saja teknologi yang sudah dipunya oleh saudara-saudaranya tersebut. Kemudian memproduksinya di Indonesia. Hanya saja di Innova, pakai mesin 2.0 liter atau 2.000 cc.

Hal menarik adalah membuat Toyota Kijang Innova Diesel dalam versi hybrid, mungkinkah? Sejauh ini memang sangat jarang terlihat mobil diesel bermesin hybrid.

Walau demikian, dari informasi yang kami dapat. Toyota secara terpisah juga sedang mengembangkan Fortuner Hybrid bermesin diesel. Informasi tersebut berasal dari media asal Filipina, Autoindustriya. Fortuner hybrid juga diprediksi meluncur pada 2022.

Baca juga  Replika Toyota GR Supra dari 470 Ribu Lego Muncul di Jepang

Sebagai informasi, mesin Innova Diesel dan Fortuner Diesel adalah sama yaitu 2.4 liter turbo berkode GD. Jadi kalau Fortuner Diesel hybrid bisa terwujud. Maka begitu pula dengan Innova Diesel Hybrid. Menarik bukan?

Kehadiran Toyota Kijang Innova Hybrid dalam versi bensin dan diesel, tentu sangat menarik untuk pasar otomotif Indonesia. Pasalnya sejauh ini belum ada MPV bermesin hybrid yang dijual di Tanah Air. Jika benar meluncur pada 2022, maka mobil tersebut akan jadi MPV hybrid pertama di Indonesia.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru