Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Land Cruiser 250 Terbaru, Pakai Mesin Diesel Hybrid!

by Tigor Sihombing
land cruiser 250 - prado 2024 - tampak eksterior

Toyota Land Cruiser 250 atau Prado model 2024, resmi diperkenalkan secara global pada Rabu (2/8/2023). Mobil ini memiliki dimensi yang lebih mungil dari Land Cruiser 300, desainnya lebih sederhana dan terkesan modern. 

Walau masih berbentuk prototype, namun Toyota sudah membeberkan beberapa hal secara rinci terkait Land Crusier 250. Sebut saja untuk peluncuran resmi bakal berlangsung pada awal 2024, bukan cuma untuk pasar Jepang tapi juga Amerika, Eropa, Cina, dan Australia.

Kemudian soal pilihan mesin, tersedia opsi diesel hybrid. Istimewanya lagi, jantung mekanis yang dipakai serupa dengan milik Toyota Fortuner yaitu 1GD-FTV Diesel 2.8 liter, bedanya ada tambahan teknologi mild hybrid 48 volt. Pabrikan berlogo T memang tidak menyebutnya hybrid secara gambang, begitu pula dengan cara kerjanya. Meski begitu, biasanya di mobil-mobil lain mesin yang punya tambahan 48 volt disebut sebagai mild hybrid.  

“Mesin diesel yang canggih (untuk Land Cruiser 250). Selain punya karakter khas 1GD, konsumsi BBM juga lebih hemat untuk perkotaan dan kemacetan. Strater awal lebih tenang dan akselerasi mulus,” beber rilis resmi Toyota Jepang.

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Land Cruiser 250 atau Prado model 2024? Berikut bahasan lengkapnya:

Land Cruiser 250 Pakai Platform GA-F

land cruiser 250 - prado 2024 prototype

Tersedia dua pilihan desain eksterior untuk Land Cruiser Prado 2024

Perlu diketahui, saat ini Toyota memiliki tiga model Land Cruiser yaitu 300 (flagship), 250 (offroad ringan), dan 70 (offroad berat). Nah khusus model 250 atau yang disebut sebagai Prado ini, menggunakan basis yang serupa dengan Land Cruiser 300 yaitu GA-F.

Dengan rangka yang 50% lebih kaku dari generasi sebelumnya, performa off-road Land Cruiser 250 diklaim semakin unggul, sementara pengalaman berkendara di jalan raya pun semakin nyaman. Sejumlah fitur menarik juga akan menjadi daya tarik tersendiri, seperti power steering elektrik dengan fitur yang bisa mengurangi efek kickback pada permukaan jalan kasar dan memberikan kesan berkendara lebih halus dan responsif.

Fitur ini juga memungkinkan implementasi Lane Tracing Assist. Ada pula Toyota Safety Sense yang bisa membantu pengemudi saat berkendara. Toyota juga memberinya fitur Stabilizer Disconnect Mechanism (SDM). Selain itu, beberapa peningkatan telah dilakukan pada sistem Multi-Terrain Monitor dan Multi-Terrain Select, menambah daya saing Land Cruiser dalam menjelajahi medan off-road yang beragam.

Bicara desain eksterior, Toyota Land Cruiser 250 terbaru menggabungkan aura tradisional dan modern sehingga tampilannya tidak lekang dimakan waktu. Kesan retro hadir lewat lampu depan bulat dan bodi two tone. Walau memang, Toyota juga memberi opsi paras lain dengan lampu yang mengotak.

Interior 5-Seater dan 7-Seater

Toyota Land Cruiser 250 terbaru

Interior Toyota Land Cruiser 250 terbaru tampak maskulin dan modern.

Bila melihat di atas kertas, maka Land Cruiser 250 punya bodi yang lebih mungil dibanding Land Cruiser 300. Hanya saja bukan berarti dimensinya ringkas. Prado tetap bongsor dengan panjang 4.920 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.870 mm. Kemudian ada jarak sumbu roda mencapai 2.850 mm.

Masuk ke interior, kesan modern begitu terpancar dengan head unit layar sentuh besar dan panel instrumen digital. Lalu di bagian atap ada kaca besar yang membuat kabinnya terasa semakin lapang. 

Soal kapasitas penumpang, Toyota Land Cruiser 250 terbaru ini tersedia dalam opsi 5-seater dan 7-seater. Mana kira-kira yang bakal kamu pilih?

Mesin Hybrid jadi Andalan Land Cruiser Prado 2024

land cruiser 250 - prado 2024 tampak belakang

Mesin diesel hybrid 1GD-FTV 2.8-liter turbo mild hybrid jadi opsi di Land Cruiser 250

Walau belum dijual secara resmi, namun Toyota sudah merinci mesin yang bakal digunakan oleh Land Cruiser 250 atau Prado 2024. Masing-masing negara mendapat spesifikasi yang berbeda.

Ambil contoh untuk pasar Amerika Utara dan Cina menggunakan mesin bensin T24A-FTS 2.4-liter turbo hybrid. Kemudian untuk pasar Jepang, tersedia pilihan mesin bensin 2TR-FE 2.7-liter dan diesel 1GD-FTV 2.8-liter turbo.

Dari semua opsi mesin yang ada di Land Cruiser 250, paling menarik adalah untuk pasar Australia yang dapat diesel 1GD-FTV 2.8-liter turbo 48V System (mild hybrid). Bila melihat performanya, mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 500 Nm dan tenaga maksimal 204 PS. Ternyata, kemampuannya tidak beda dari Fortuner 2.8 liter yang tanpa hybrid.

Prediksi kami, kemungkinan mild hybrid di Toyota Land Cruiser Prado 2024 persis seperti yang digendong oleh Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Bila benar, maka energi dari baterai akan disalurkan ke integrated starter generator (ISG) kemudian menggerakkan piston di mesin. Ini bisa memungkinkan kerja mesin lebih ringan saat akselerasi.

ISG juga bisa menghadirkan fitur idling stop system (ISS) yang dapat menonaktifkan mesin secara otomatis saat mobil berhenti di kemacetan. Tentu kalau mesin mati, asupan solar ke mesin berhenti, dan lebih hemat BBM.

Itulah tadi bahasan soal perkenalan Toyota Land Cruiser 250 terbaru yang pakai mesin diesel hybrid. Semoga saja pasar otomotif Indonesia akan kebagian unit, seperti halnya dengan Land Cruiser 300. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika