by

Toyota Recall Avanza Terkait Masalah Fuel Pump

Kabar mengenai Toyota recall Avanza di Malaysia akhirnya sampai ke pasar otomotif Indonesia. Mobil sejuta umat ini dikabarkan akan ditarik kembali oleh pabrikan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

Melansir Paultan selaku media dari Negeri Jiran, secara keseluruhan Toyota recall Avanza di Malaysia tercatat sebanyak 3.923 unit akibat masalah fuel pump. Hal ini sejalan dengan recall global yang dilakuan oleh Toyota ke 5,48 juta model lain, terkait persoalan yang sama.

Akibat kerusakan fuel pump terebut, kinerja mesin tidak maksimal. Bahkan, ada kecenderungan mesin akan mudah mati sebab fungsi utama dari pompa bensin tidak bisa bekerja. Selain itu, bukan hanya fuel pump, tetapi ada masalah lain yang ditemukan Toyota recall Avanza ini.

Dalam informasi yang disebutkan, untuk Toyota Avanza yang diproduksi antara rentang waktu Oktober 2017 sampai Juni 2019, juga mengalami lampu indikator yang terus menyala. Hal ini tentu menjadi berbahaya karena pengemudi tidak tahu apakah mesin benar-benar dalam keadaan sehat atau justru sebaliknya?

Baca juga  Mitsubishi Xpander Facelift Pakai Transmisi CVT, Lebih Baik?

Di Indonesia, Toyota Recall Avanza Juga?

Toyota recall Avanza
Fuel pump jadi masalah pernarikan kembali Toyota Avanza

Tidak hanya Malaysia yang kemudian menarik produk Toyota Avanza karena persoalan fuel pump. Untuk pasar terbesarnya, Indonesia juga akan mengalami hal yang sama. Hal ini pun sudah dikabarkan oleh Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska.

“Saat ini kami sudah dapat infonya dari principal terkait hal ini,” kata Dimas ketika dihubungi Moladin via pesan singkat, Selasa (9/3/2021).

Terkait dampak yang ditimbulkan, Toyota Astra Motor belum bisa memberikan informasi terkait berapa banyak model yang terkena dampaknya. Namun, sebagai basis penjualan terbesar dan production base untuk beberapa negara tetangga, mungkin akan banyak produk yang ditarik kembali.

“Paralel sedang dikoordinasikan dengan semua pihak terkait baik principal, manufacturing, dan juga dealer untuk detailnya seperti jumlah unit, part yang dibutuhkan dan kesiapan kesiapan lain-lain,” tambah Dimas.

“Nanti di kabari lebih lanjut programnya yang detail ya,” tambahnya.

Bicara mengenai fuel pump, memiliki fungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injector. Perbedaan terletak pada lokasi pengaliran bahan bakar. Pada mesin karburator, bahan bakar dipompa ke berbagai komponen karburatot. Sementara untuk sistem injeksi, fuel pump memilik fungsi langsung memompa bensin untuk disalurkan menuju injektor.

Baca juga  Bocoran Peluncuran Hyundai Staria di Indonesia, Rival Alphard

Dampaknya, jika fuel pump tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik maka mesin akan mati. Hal ini dikarenakan bahan bakar tidak dapat dialirkan dari tangki menuju injektor.

Avanza di Indonesia merupakan salah satu mobil terlaris, bahkan dapat julukan mobil sejuta umat. Kendaraan ini dijual sejak 2003 dan masih eksis hingga sekarang.

Kelebihan dari Toyota Avanza adalah punya harga terjangkau, muat banyak, serta mesin yang irit. Di Indonesia Avanza dijual dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus moladin.com

Terbaru