Thursday, October 6, 2022

Toyota Sienta Terbaru Segera Meluncur, Bermesin Hybrid!

by Firdaus Ali
toyota sienta terbaru model 2023

Toyota Sienta terbaru segera meluncur. Hal tersebut terlihat dari gambar mobil yang sedang diangkut truk. Mobil itu diduga kuat adalah MPV pintu geser, Sienta model 2023.

Dikutip dari laman resmi creative311, sosok penampakan yang diduga Sienta terbaru bukanlah hadir di Indonesia, melainkan di pelabuhan Sendai, Jepang. Informasi lainnya, Toyota bakal merilisnya untuk pasar Jepang pada 23 Agustus 2022.

Desain eksterior dari Toyota Sienta terbaru tampak berubah jauh dari generasi sebelumnya. Kini terlihat lebih modern dan boxy. Jika dilihat dari penampakannya, mobil berwarna putih tersebut sudah mengusung headlamp LED.

Begitu juga dengan daytime running light (DRL) yang sudah mengusung LED mengelilingi lampu utama. Kemudian untuk bagian grille bentuknya juga menarik, menyesuaikan desain dari headlamp dan DRL nya.

Pada bagian samping terlihat lekukan yang tidak terlalu agresif. Namun disematkan side skirt berkelir hitam untuk menambah kesan sporty.

Nah, pada bagian belakangnya juga tak kalah menarik. Posisi lampu ada di bagian atas yang desainnya cukup simpel. Jika diperhatikan, bagian belakang dari Toyota Sienta terbaru ini juga ada emblem hybrid.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Mesin hybrid yang akan dibenamkan pada Toyota Sienta terbaru sebenarnya sangat memungkinkan. Sebab, seperti kita ketahui Toyota sedang gencar meluncurkan mobil bermesin hybrid secara global.

Prediksi Mesin Hybrid Toyota Sienta Model 2023

Toyota Sienta terbaru

Sosok yang diduga Sienta terbaru sedang diangkut truk (Sumber: Twitter @1fc19131fdc043a)

Bagaimana dengan spesifikasi mesin hybrid Toyota Sienta terbaru? Sejauh ini memang belum ada informasi detail, walau demikian kita bisa memprediksi dari mobil-mobil hybrid Toyota lain di Jepang.

Kebanyakan mobil hybrid Toyota Jepang mengandalkan mesin 1.5 Liter tiga silinder yang dipadukan motor elektrik. Kemungkinan ada pula opsi mesin serupa, tapi tanpa teknologi hybrid. 

Jika menilik perjalanan dari Toyota Sienta, mobil ini sebenarnya sudah hadir di Jepang sejak tahun 2003. Kehadirannya mendapat sambutan yang positif, hingga pada tahun 2015 Sienta generasi kedua meluncur dengan tampilan yang lebih modern.

Toyota Sienta generasi kedua juga merambah ke Indonesia pada tahun 2016. Menariknya, Sienta generasi kedua yang beredar di Indonesia diproduksi secara lokal.

Baca juga  6 Masalah Toyota Alphard Gen 2, Pajaknya Mahal!

Meski sama-sama generasi kedua, terdapat perbedaan Sienta di Jepang dengan yang di Indonesia, Misal ground clearance Toyota Sienta untuk pasar Indonesia lebih tinggi 25 mm yakni mencapai 170 mm. Hal ini karena menyesuaikan dengan kondisi jalan di Tanah Air. Sedangkan dimensinya sama yaitu panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 dengan jarak poros roda sekitar 2.750 mm.

Di sisi interior, Toyota Sienta versi Indonesia mendapatkan panel AC yang berbeda. Kemudian posisi tuas transmisi di posisi normal seperti Avanza maupun Innova. Sementara di Jepang, tuas transmisi ada di dashboard, seperti mobil niaga. Sisanya, Sienta yang ada di Indonesia nyaris tidak ada bedanya dibandingkan dengan yang beredar di Jepang.

Toyota Sienta yang dijual saat ini di Indonesia, menggunakan mesin berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.497 cc segaris 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i. Untuk transmisinya terdapat dua pilihan. Yaitu CVT 7-percepataan dan manual 6-percepatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Sienta terbaru yang segera meluncur untuk pasar Jepang. Apakah Indonesia akan menyusul? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Toyota Bawa 7 Mobil Baru di GIIAS 2022, bZ4X hingga Innova Hybrid?

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika