Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Toyota Supra MK4 Bekas, Harganya Tembus Rp 1 Miliar!

by Firdaus Ali
Toyota Supra MK4

Toyota Supra MK4 bekas menjadi barang mewah yang harganya tembus Rp 1 miliar. Wajar, populasinya yang sedikit dan modelnya yang timeless membuat mobil ini menjadi incaran kolektor.

Toyota Supra MK4 adalah salah satu mobil legendaris dari pabrikan Toyota yang menorehkan sejarah sebagai salah satu mobil sport terbaik di industri otomotif. Model keempat Toyota Supra ini diperkenalkan pada tahun 1993 dan diproduksi hingga tahun 2002.

Selain desain dan performa yang ciamik, kemashuran Supra MK4 semakin terdongkrak berkat penampilannya di film Hollywood  Fast and Furious. Dalam salah satu  di scene filmnya, mobil sedan 2 pintu itu dikendarai oleh Paul Walker yang menjadi tokoh utamanya.

Performa Mesin Toyota Supra MK4 Gahar

Toyota Supra MK4

Performa mesin Toyota Supra MK4 gahar

Toyota Supra MK4 bekas masih menjadi barang buruan kolektor, salah satu indikatornya adalah performa mesinnya yang tak perlu diragukan lagi.

Supra Mk4 yang menawarkan dua pilihan mesin, turbo dan non turbo. Yang pertama yaitu Toyota 2JZ-GE naturally aspirated dengan tenaga maksimal diklaim mencapai 220 hp pada 5.800 rpm dan torsi puncak mencapai 285 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Baca juga  Toyota Bocorkan Harga bZ4X, Siap Masuk Indonesia!

Pilihan mesin kedua yaitu 2JZ-GTE turbo. Model ini diklaim mampu menciptakan output daya mencapai 276 hp dan torsi puncak hingga 431 Nm.

Performa kedua mesin yang luar biasa tersebut didukung oleh pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Desain Eksterior Aerodinamis

Toyota Supra MK4

Desain eksterior aerodinamis

Para Insinyur yang membuat Supra MK4 memang jempolan dalam membuat desain eksteriornya. Bagaimana tidak, performa mesin yang ganas itu nyatanya juga didukung oleh desain eksterior yang aerodinamis.

Bagian depan didesain dengan model simpel. Lekukan kap mesin dibuat landai mengikuti kemiringan kaca depan. Kemudian untuk bumpernya juga terdapat beberapa lubang sirkulasi angin. Perpaduan itu tentu membuat mobil sport ini bisa melaju dengan optimal.

Di bagian belakang, Supra MK4 pakai spoiler yang ukurannya selaras dengan bagian pantatnya. Oh ya, lampu belakangnya ada 8 dengan desain bulat.

Kabin Interior Manjakan Pengemudi

Toyota Supra MK4

Interior Toyota Supra MK4 unik

Beralih ke bagian interior Supra MK4, desainnya terlihat unik. Bagian kokpit dirancang menghadap ke pengemudi mirip BMW era 90 an. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengoperasian. Untuk kelengkapannya, [anel cluster masih menggunakan model jarum, audio single din, pengoperasian AC masih pakai model knop putar serta lubang kunci masih konvensional.

Baca juga  Komparasi Veloz TSS AT vs Avanza 1.5 MT, Sensasi Tes Nanjaknya Beda Lho!!

Berbicara kapasitas penumpang, Supra MK4 memang menyediakan untuk 4 orang. Namun begitu untuk jok baris kedua tidak direkomendasikan untuk penumpang dewasa karena tergolong sempit. Lebih cocok untuk menaruh barang atau anak kecil.

Fitur Sudah Ada Traction Control

Toyota Supra MK4

Toyota Supra MK4 sudah pakai traction control

Di eranya, Supra MK4 sudah mengadopsi teknologi Acoustic Control Induction System (ACIS), yaitu teknologi yang mengatur arah aliran udara dalam pipa intake untuk meningkatkan tenaga dari mesin. Rem juga sudah ABS.

Selain itu, Toyota Supra MK4 dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang menggunakan wishbones, coils, anti-roll bars, steering rack, dan pinion untuk menjamin kenyamanan selama berkendara. Fitur-fitur modern pada saat itu seperti traction control dan sistem sekuensial juga diaplikasikan pada mobil ini untuk menghindari masalah mesin turbo dan mengurangi gejala turbo lag.

Harga Supra MK4 Bekas di Atas Rp 1 Miliar

Toyota Supra MK4

Toyota Supra MK4 juga dipakai di film Fast and Furious

Mobil bekas legendaris dengan harga fantastis, sepertinya cocok disematkan ke Supra MK4. Bukan tanpa alasan, populasi mobil sport asal Jepang ini terbilang langka. Belum lagi spesifikasi serta pernah ikut dalam film Fast and Furious menjadikannya semakin dicari orang.

Baca juga  Bocoran Toyota Fortuner Hybrid Diesel, Meluncur 2024?

Tidak semua situs jual beli mobil bekas memajang dan menjual Supra MK4. Namun begitu ada salah satu pedagang mobil bekas premium mengungkapkan bahwa dia pernah menjual Supra MK4 lansiran 1998 manual dengan harga Rp 1,4 miliar.

“Saya pernah dapat Supra MK4 lansiran 1998, ngangkatnya aja udah tinggi. Saya jual lagi Rp 1,4 miliar dengan kondisi masih segar, surat lengkap dan pajak hidup. Itu 5 tahun yang lalu ya, sekarang harganya bisa tembus Rp 2 miliar,” jelas Bimo, salah satu pedagang mobil bekas premium di Blok M.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika