Senin, September 26, 2022

Toyota Vios Baru Meluncur Agustus, Pakai Mesin Hybrid!

by Firdaus Ali
Toyota Vios baru

Toyota Vios baru siap meluncur pada bulan Agustus 2022. Menariknya, mobil ini dikabarkan memiliki pilihan mesin hybrid.

Hanya saja bukan di Indonesia. Negara pertama yang akan mendaratkan Toyota Vios baru adalah Thailand pada 9 Agustus 2022. Hal tersebut dipastikan dari unggahan chanel Youtube milik Toyota Motor Thailand yang menayangkan potongan-potongan bagian mobil sedan yang diduga kuat adalah Vios terbaru.

Jika dilihat dari unggahan video tersebut, Vios model 2023 ini tampilannya lebih modern. Sekilas mirip Toyota Avanza baru dengan bagian kisi-kisi udara di bagian bawah yang ukurannya besar mirip trapesium. Lalu dari video tampak bahwa parasnya dibuat lebih mengotak atau banyak sudut dibanding model lama.

Pada bagian interior terlihat sangat jelas warna merah maroon mendominasi dari kabin Vios terbaru ini. Kemudian ada pula headunit model floating. Setirnya juga terlihat sudah berlapis material kulit serta ditanamkan steering switch untuk kebutuhan audio dan fitur pendukung lainnya baik di sisi kiri dan kanan. Sekilas desain interior ini mirip kepunyaan Toyota Raize.

Baca juga  Sejarah Toyota Hiace di Indonesia, Andalan Travel

Bocoran Mesin Hybrid Milik Toyota Vios Model 2023

toyota vios baru - interior

Interior Toyota Vios terbaru pakai head unit floating mirip Raize

Toyota Vios baru kemungkinan besar pakai mesin hybrid. Informasi ini kami peroleh dari media Thailand yaitu Autolifethailand.tv.

Mereka menyebutkan Vios kemungkinan pakai mesin 1.5 liter hybrid dengan konfigurasi 3-silinder yang berkode M15A-FXE. Soal performa, mesin bensinnya sanggup mengeluarkan 91 hp pada 5.500 rpm dan torsi 120 Nm pada 3.800 – 4.800 rpm. Kemudian untuk motor elektriknya sanggup menghasilkan tenaga 80 hp dan torsi 141 Nm.

Kalau digabungkan, Vios Hybrid terbaru bisa melontarkan tenaga sampai 116 hp. Performa istimewa ini disalurkan ke penggerak roda depan lewat transmisi e-CVT.

Walau begitu, opsi mesin bensin konvensional tetap ada. Hanya saja kini pakai kapasitas lebih kecil yaitu 1.2 liter dengan konfigurasi empat silinder. Jantung mekanis ini bisa menghasilkan torsi 109 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 92 hp pada 6.000 rpm. Hanya saja sepertinya Vios 1.2 liter cuma ada di pasar Thailand, tidak bakal masuk ke negara Asia Tenggara lain.

Baca juga  5 Mobil Tahun 90 yang Masih Diburu Masyarakat

Kemudian yang menarik dari Toyota Vios 2023, dikabarkan menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ini merupakan platform anyar yang sama canggihnya seperti milik Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Toyota Avanza dan Veloz serta Daihatsu Xenia.

Kapan Toyota Vios Terbaru Masuk Indonesia?

toyota vios baru - eksterior

Toyota Vios 2023 tampak depan yang siap hadir di Thailand pada Agustus mendatang

Di Indonesia, Toyota Vios baru memang sudah dinanti kehadirannya. Hal ini dikarenakan mobil sedan pabrikan berlogo T ini belum juga mengalami penyegaran sejak 2018. Padahal kompetitor sudah banyak yang mengeluarkan model anyar seperti Honda City, MG 5 GT, dan Mazda 2 sedan.

Oleh karena itulah empat tahun rasanya waktu yang tepat untuk meluncurkan Vios terbaru di Indonesia. Kalau kehadirannya di Thailand berlangsung 9 Agustus 2022, maka bukan tidak mungkin Vios anyar tampil di Indonesia bertepatan dengan GIIAS 2022 yang berlangsung 11 Agustus 2022.

Kalau pun mundur, maka kemungkinan kehadirannya pada akhir tahun 2022 atau justru awal tahun depan. Hal ini karena Indonesia termasuk pasar potensial Vios. Apalagi pajak sedan sekarang di Tanah Air kini tidak beda dari mobil-mobil lain, yang artinya potensi sedan kembali dilirik oleh konsumen semakin kuat. 

Baca juga  Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia, Siap Balap di ISSOM 2022

Ya, semoga saja Vios Hybrid benar-benar masuk Tanah Air dalam waktu dekat. Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Vios baru yang akan meluncur pada Agustus 2022 di Thailand. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika