by

Menerka Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift Untuk Indonesia

Toyota Indonesia bakal meluncurkan model terbaru Kijang Innova. Ubahan Toyota Kijang Innova facelift tampaknya semakin menarik perhatian.

Mengacu pada render yang beredar saat ini di jagat internet. Ubahan Toyota Kijang Innova facelift terlihat paling terasa pada sisi eksteriornya.

Berdasarkan informasi dari sumber Moladin, ubahan Toyota Kijang Innova facelift terpusat pada sisi tampilannya saja. Bahkan tau jauh berbeda dengan gambar rekayasa digital yang beredar saat ini.

“Kalau ubahan, lebih ke area eksterior saja. Saat ini juga sudah bisa kalau ingin lakukan pemesanan dengan booking fee sebesar Rp 5 juta,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya tersebut kepada Moladin.

Ia pun menjelaskan bahwa prosesi peluncuran Kijang Innova facelift akan berlangsung pada 15 Oktober mendatang.

Sejalan dengan itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana untuk merilis dua produk di Indonesia beberapa waktu mendatang. Bukan hanya Toyota Kijang Innova facelift, namun juga Fortuner facelift.

Saat ini kita dihadapkan dengan pertanyaan manakah yang lebih dulu meluncur di Indonesia. Apakah Kijang Innova facelift terlebih dahulu atau Fortuner facelift yang justru lebih dulu mengaspal di Tanah Air.

Daripada kita terus bertanya-tanya, lebih baik kita membahas lebih dalam mengenai ubahan Toyota Kijang Innova facelift.

Menakar Ubahan Toyota Kijang Innova Facelift

Menerka ubahan Toyota Kijang Innova facelift
Menerka ubahan Toyota Kijang Innova facelift pada sisi eksterior (hum3d)

Berdasarkan gambar rekayasa digital, ubahan Toyota Kijang Innova facelift bakal punya desain yang lebih modern. Kehadiran versi facelift ini juga untuk pertama kalinya terjadi pada Innova setelah meluncur pada tahun 2015 lalu.

Baca juga  Beli Aksesoris Toyota Fortuner dan Kijang Innova Bisa Online

Dari gambar rendering yang beredar di dunia maya, ubahan Toyota Kijang Innova facelift terletak pada fascia depan yang terlihat lebih menarik. Desain lampu terlihat serupa, pembedanya justru pada bagian gril, dua palang tebal dihilangkan demi tumpukan kisi horizontal tipis berkelir hitam.

Dalam menunjang tampilannya, mobil ini dihiasi dengan trim krom tebal yang memberikan kesan tegas di sisi eksterior. Secara tampilan, ubahan Toyota Kijang Innova facelift kini terkesan lebih tangguh.

Faktor yang membuat nuansa tangguh semakin terasa berkat penyematan bumper baru, yang dihiasi dengan lampu kabut dan pahatan apron bak bull bar. Desainnya justru mirip dengan Hilux baru yang punya desain macho.

Kesan tersebut terlihat berkat ubahan bingkai fog lamp segitiga di sisi terluar, yang disandingkan dengan bezel tebal. Kemungkinan untuk pencahayaannya pun sudah menggunakan model lampu full LED.

Penyematan skid plate pada bagian eksterior membuat tampilannya jadi semakin terasa menarik. Sepintas seakan ubahan Toyota Kijang Innova facelift terkesan biasa saja.

Selain ubahan Toyota Kijang Innova facelift di atas, secara keseluruhan tampaknya banyak desain yang masih dipertahankan. Pada trim termahal ada penambahan body kit atau penghias bodi.

Kemungkinan pakai pelek dengan desain baru. Selain itu, kemungkinan pakai set lampu berdesain baru. Menariknya, lampu mundur belakang hanya sebelah ala-ala mobil Eropa.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Agya, Tidak Murahan

Interior Tak Alami Banyak Ubahan

Ubahan Toyota Kijang Innova facelift
Tak banyak ubahan Toyota Kijang Innova facelift (Hum3d)

Beralih ke daftar ubahan Toyota Kijang Innova facelift selanjutnya. Pada sisi interior tampaknya tidak terlalu signifikan.

Desain dasbor dan sistem hiburan kemungkinan tak jauh berbeda. Mungkin sentuhan baru terletak pada fitur yang mungkin dapat peningkatan, contohnya sistem hiburan yang sudah terintegrasi dengan Androit Auto atau Apple CarPlay, yang ditunjang dengan head unit layar sentuh berukuran lebih besar.

Tampilan interior, sejatinya jadi satu hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari pabrikan. Karena desain interior terkesan biasa-biasa saja, masih di dominasi material yang jauh dibawah kompetitor.

Contohnya bisa dilihat dari penggunaan ornamen kayu dan ambient lighting, namun sisanya moderat. Padahal bila mengacu pada pasar di luar Indonesia, sudah punya spesifikasi yang jauh lebih menarik.

Pengaturan bangku sopir dapat terlaksana secara elektris delapan arah. Melekat pula fungsi cruise control menawarkan keringanan beban perjalanan jarak jauh.

Semoga saja, pada varian teratas benar-benar mendapatkan fitur ekstra, layaknya pasar India. Pasalnya untuk Negeri Hindustan, Kijang Innova sudah dibekali jok elektrik dan cruise control.

Tersedia juga smart key untuk tipe V dan auto climate control pada varian G. Tapi mungkinkah itu juga akan diaplikasikan pada pasar Indonesia?

Baca juga  Auto2000 ICON, Layanan Dealer Berjalan Toyota

Menebak Fitur Toyota Kijang Innova Terbaru

Desain bumper Toyota Kijang Innova facelift
Desain bumper baru Toyota Kijang Innova facelift

Bicara ubahan Toyota Kijang Innova facelift, tampaknya tak bakal alami banyak ubahan pada fitur keselamatan yang disematkan. Biasa saja, jika mengacu pada perkembangan teknologi saat ini.

Kemungkinan masih mengandalkan fitur ABS + EBD dan dual SRS Airbag, di samping sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang. Untuk Venturer, ditawarkan dengan airbags 7 titik dan sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Assist Control.

Status facelift yang dianutnya, kemungkinan akan membawa fitur-fitur di atas pada varian lainnya. Setidaknya VSC demi menunjang keselamatan ketika berkendara.

Pada sektor jantung mekanisnya, Toyota Kijang Innova facelift kemungkinan masih mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 2.000 cc DOHC Dual VVT-i berkode 1TR-FE. Mesin itu menghasilkan tenaga 139 PS dengan torsi 183 Nm.

Ada juga pilihan mesin diesel berkode 2GD-FTV 2.4 liter empat silinder turbo VNT. Dengan torsi mencapai 342 Nm dan tenaga sebesar 146 Hp. Seluruh mesin Kijang Innova disalurkan melalui gearbox otomatis enam percepatan atau manual lima percepatan.

Semoga informasi mengenai ubahan Toyota Kijang Innova facelift dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru