Uji Performa Ban Bridgestone Dueler A/T200 Cocok di Aspal dan Tanah

by Firdaus Ali
Ban Bridgestone Dueler A/T200

Kami mendapat kesempatan mencoba langsung ban Bridgestone Dueler A/T200 di aspal dan tanah. Adapun lokasi pengujian di Sirkuit Proving Ground milik Bridgestone Indonesia.

Bridgestone Indonesia memberi kesempatan jurnalis dari berbagai media massa untuk merasakan performa Dueler A/T002 yang disematkan pada empat unit Toyota Fortuner 2.8 GR Sport. Selain juga dapat mengujinya pada unit Toyota Hilux GR Sport dan Suzuki Jimny 5-door yang sudah disematkan Dueler A/T002.

“Event ini menjadi kesempatan bagi para rekan jurnalis untuk merasakan secara langsung performa ban terbaru kami, Dueler A/T002. Terutama tentunya dari sisi performa yang lebih baik pada lintasan basah dan kering, pengereman yang optimal di lintasan basah, dan penekanan tingkat kebisingan yang lebih baik. Kami berharap rekan-rekan media bisa merasakan performa Dueler A/T002 pada kegiatan hari ini,” ujar Presiden Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno (14/8).

Saat mencoba secara langsung duduk di baris kedua mobil Fortuner 2.8, kami mendengar suara ban dari luar yang hanya sayup-sayup kecil alias tidak berisik. Kemudian saat melewati jalan yang bergelombang juga masih terasa cukup nyaman.

Baca juga  Ban SUV GT Radial Savero AT Pro, Bisa Onroad dan Offroad!

Saat mencoba di trek tanah atau semi offroad dan jalanan basah, ban mencengkram dengan baik. Mobil dikecepatan 40 km/jam mampu melewati trek dengan lancar.

3 Kelebihan Ban Bridgestone Dueler A/T200

1. Desain Ban Agresif

Dueler A/T200 mengadopsi desain segala medan yang modern dengan bentuk blok pusat hexagonal. Arsitektur bentuk dan pola blok yang inovatif ini berguna untuk traksi dan keseimbangan pengereman yang baik di berbagai permukaan.

Tak hanya itu saja, desain sirkumferensial dan lateral grooves juga disematkan untuk membuang lumpur dan kerikil guna meningkatkan traksi sekaligus menjaga ban tetap bersih saat kembali ke aspal.

Kemudian koneksi sirkumferensial antara desain shoulder dan dinding samping blok bahu bersusun diperpanjang hingga dinding samping atas untuk traksi yang aman pada kondisi lumpur/kerikil.

2. Grip di Jalan Basah dan kering Yang Sangat Baik

Ban Bridgestone Dueler A/T200 punya daya cengram yang optimal. Hal ini didukung dengan senyawa kandungan silika tinggi untuk memberikan daya cengkeram yang lebih baik saat bermanuver di kondisi basah.

Baca juga  BFGoodrich g-Force PHENOM, Ban Harian untuk Mobil Berperforma Tinggi!

Keudian distribusi rib dan void yang dioptimalkan untuk mencegah hydroplaning, yaitu mengevakuasi air dengan cepat pada kondisi basah. Selanjutnya, sipes berbentuk Z berguna untuk meningkatkan tepian gigitan yang meningkatkan cengkeraman lateral dan longitudinal.

3. Peningkatan Jarak Tempuh

Profil untuk segala medan baik On-Road dan Off-Road didesain khusus untuk memaksimalkan lebar tapak dan patch kontak yang dioptimalkan. Kemudian teknologi 5 rib dengan blok heksagonal dan arsitektur pola bersusun untuk menjamin kekakuan dan distribusi tekanan kontak yang merata.

Kemudian, insinyur Bridgestone juga meningkatkan kedalaman skid untuk lebih meningkatkan jarak tempuh tanpa mengorbankan hambatan gulir berkat kandungan karet alam yang lebih tinggi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai ban Bridgestone Dueler A/T200. Untuk harganya ada dikisaran Rp 2,5 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika