by

Vespa Sprint i-get 150 ABS, Nyaman Dipakai Sehari-hari

Vespa Sprint 150 i-get ABS – Brand motor Italia, Vespa, selalu berusaha hadirkan kendaraan yang cocok dengan segmen kawula muda. Total ada tujuh produk untuk pasar Indonesia. Mulai dari Vespa LX 125 sebagai Vespa termurah, hingga Vespa GTS 300 dengan predikat termahal. Bagaimana dengan Vespa Sprint 150?

Hanya saja dari seluruh lini Vespa matic, Sprint merupakan produk dengan tampilan paling sportif. Kamu bisa lihat desainnya yang pakai bentuk lampu trapesium. Lalu spion menyudut dan visor di dekat panel instrumen.

Bahkan Vespa Sprint matic punya varian S, bila ingin tampilan lebih sportif. Ciri khasnya punya beberapa tambahan aksesori. Sebut saja jok dengan motif horizontal, aksen merah di sekujur tubuh, serta pelek full hitam.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Vespa Sprint 150 i-get ABS? Apakah dengan harga mencapai Rp40 jutaan, motor ini layak dibeli? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut sampai habis:

Spesifikasi Mesin Vespa Sprint Matic Terbaru

Mesin 150cc Vespa SprintSprint 150, pakai mesin berkapasitas 154,8 cc yang dilengkapi dengan Italian Green Experience Technology (i-get). Persis seperti mesin yang dipakai oleh Vespa Primavera.

Vespa Sprint 150 i-get ABS memiliki kubikasi mesin murni 154,8 cc dan sudah dilengkapi teknologi i-get atau Italian Green Experience Technology. Teknologi ramah lingkungan ini membuat mesin motor jadi lebih halus dan dan minim getaran. Mesin i-get diklaim cocok untuk area perkotaan yang tinggi tingkat polusinya dan membutuhkan rpm rendah.

Mesin Vespa Sprint matic memakai teknologi injeksi dengan 3 valve, sanggup menghemat bahan bakar serta membuat emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Tentu saja sudah lolos dari uji emisi Euro 3. Namun jangan salah, motor vespa ini juga oke saat digeber di kecepatan tinggi.

Tidak ada penurunan performa mesin walaupun menggunakan teknologi ramah lingkungan. Mesin Vespa Sprint 150 i-get ABS bahkan dapat menghasilkan tenaga hingga 12,7 hp pada 7.750 rpm, dan torsi puncaknya 12,8 Nm di 6.500 rpm.

Performa mesin Vespa matic Sprint terbaru cukup bertenaga bila dirasakan secara langsung saat berkendara. Hanya saja, jangan bandingkan dengan skuter 150 cc asal Jepang. Lantaran memang beda segmen dan target pasar. Vespa dibuat untuk berkendara santai dan penuh kebanggaan. 

Ingin jalan-jalan jauh dengan Vespa Sprint 150 i-get ABS? Bisa banget, kapasitas tangkinya cukup besar yakni 8,5 liter. Jadi, kamu tidak usah khawatir kehabisan bensin di tengah jalan. Tiap satu liternya, Vespa Spirnt matic bisa mencapai jarak 30 – 32 Km, dengan catatan kamu mengendarainya dengan kecepatan normal.

Baca juga  Prediksi Vario 150 Terbaru: Mesin 157cc dan Rangka eSAF?
Kapasitas Mesin
154,8 cc
Sistem Penyemprotan Bahan Bakar Electronic Injection PFI
Torsi Puncak 12,8 Nm / 6.500 rpm
Tenaga maksimal 12,7 hp /  7.750 rpm
Transmisi  CVT

Baca juga:

Desain dan Pilihan Warna Vespa Sprint 150 i-get ABS

Warna Vespa Sprint 150 i-get ABS
Kamu bisa memilih bodi dengan warna-warni cerah untuk Vespa Sprint matic terbaru

Kalau melihat desain Vespa Sprint 150 i-get ABS, aura sportif tidak bisa terhindarkan. Motor matik kembaran Vespa Primavera ini punya ciri khas lampu depan trapesium, spion menyudut, visor, dan pelek hitam kombinasi chrome.

Di atas kertas, dimensi panjangnya mencapai 1.863 mm dan lebar 695 mm. Kemudian untuk jarak sumbu roda 1.334 mm. Soal ukuran roda, Vespa matic Sprint pakai ban depan 110/70-12 inci dan belakang 120/70-12 inci. Ukuran ban yang besar membuat kamu cukup nyaman berkendara di tengah padatnya lalu lintas kota, terutama saat melewati jalan bergelombang.

Salah satu kekurangan Vespa Sprint 150 i-get ABS, punya jok tinggi. Memang tidak disebutkan jelas spesifikasinya, namun kalau kamu pemilik postur 168 cm dijamin bakal sedikit jinjit. Tentu ini agak mengurangi rasa percaya diri saat mengendarai motor, terlebih buat pemula.

Apalagi bobot Vespa Sprint matic juga tidak bisa dikatakan ringan. Material bodi dari skuter ini masih mempertahankan tradisi lama yaitu menggunakan lembaran plat baja. 

Terkait pilihan warna Vespa Sprint terbaru, ada empat: Yellow Sole (kuning), White Innocenza (putih), Grey Titanio (abu-abu), dan Red Passione (merah). Khusus varian standar, tidak ada grafis sama sekali di bodi. Lalu jok menggunakan lis putih.

Daftar Warna Vespa Sprint 150 S Terbaru

  • Yellow Sole (kuning)
  • White Innocenza (putih)
  • Grey Titanio (abu-abu)
  • Red Passione (merah)

Vespa Sprint 150 S i-get ABS, Varian yang Lebih Sportif

Warna vespa sprint s
Vespa Sprint S punya tema warna yang lebih gelap dengan tambahan aksen merah untuk meningkatkan aura sportif

Ada pula varian Vespa Sprint 150 S i-get ABS, bila kamu menginginkan tampilan yang lebih sportif. Warna Vespa Sprint 150 i-get ABS varian S lebih banyak tersedia dalam tema gelap. Pilihannya ada tiga: Blue Vivace (biru), Grey Materia (abu-abu), dan Black Vulcano (hitam).

Kemudian apa lagi keistimewaan Vespa Sprint 150 varian S dibanding Standar? Pembedanya tampak secara kasat mata, lewat penambahan berbagai aksesori serta aksen.

Sebut saja jok dengan desain lebih sportif yang memiliki pola horizontal. Kemudian berbagai aksen merah di kisi-kisi udara, bodi samping, serta pelek. Tidak hanya itu, pelek juga dicat hitam secara keseluruhan.

Baca juga  Kamu Harus Tahu, Ini Keunggulan Honda Genio

Daftar Warna Vespa Sprint 150 S Terbaru

  • Blue Vivace (biru)
  • Grey Materia (abu-abu)
  • Black Vulcano (hitam)

Fitur Modern di Vespa Sprint Matic Terbaru

Vespa Sprint 150 i-get ABS
Di versi terbaru, Vespa Sprint matic telah dilengkapi teknologi keselamatan anti-lock braking system

Vespa Sprint 150 i-get ABS memiliki berbagai fitur modern yang memudahkan berkendara di perkotaan. Sebut saja panel instrumen kombinasi digital dan analog, sistem pencahayaan LED, dan USB Charger.

Kehadiran panel instrumen kombinasi ini, menegaskan sosoknya Vespa matic Sprint seabgai motor modern, namun tetap punya aura klasik. Lalu soal pencahayaan LED, sanggup memberi visibilitas yang baik ketika berkendara di malam hari.

USB Charger juga tidak kalah penting. Fungsinya untuk mengisi daya smartphone selama di perjalanan. Letak USB Charger di Vespa Sprint 150 i-get ABS, ada di kompartemen depan.

Dalam hal keselamatan, Vespa Sprint matic pun tidak perlu diragukan. Sistem pengereman Vespa Sprint 150 menggunakan kombinasi cakram dan tromol. Pada bagian depan motor vespa ini dibekali rem cakram 200 mm untuk menjaga keamanan kamu. Adapun bagian belakang dilengkapi dengan rem tromol 140 mm.

Perbedaan signifikan dengan edisi sebelumnya adalah adanya fitur ABS atau Anti-lock Braking System. Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Hanya saja, ABS di Vespa Sprint matic cuma diaplikasikan pada roda depan.

Sensor ABS di roda depan Vespa Sprint juga berfungsi sebagai sensor kecepatan. Sensor ini selain terhubung dengan modul ABS juga terkoneksi dengan ECU mesin motor.

Tidak ketinggalan, ada pula immobilizer. Fitur tersebut mampu mencegah maling. Cara kerja immoblizer di Vespa Sprint matic adalah dengan mendeteksi kunci bawaan pabrik. Selain itu, mesin tidak mungkin dapat diaktifkan.

Belum selesai, fitur Vespa Sprint 150 i-get ABS selanjutnya ada di bawah jok. Di sana terdapat ruang bagasi yang cukup luas. Kamu bisa menyimpan helm half face bergaya retro.

Jika dibandingkan dengan motor matik 150 cc lain keluaran merek Jepang, fitur Vespa matic Sprint memang tidak seberapa. Pasalnya, kompetitor seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX telah mengaplikasikan penghemat bahan bakar, keyless, bahkan bagasi yang lebih luas.

Meski demikian, Vespa bukan berarti jadi kecil di mata kompetitor. Keisitmewaan Vespa justru hadir bukan dari fiturnya yang berlimpah. Para konsumen tertarik memilikinya, lantaran nama legendaris serta desain tidak lekang dimakan waktu.

Handling dan Posisi Berkendara Vespa Sprint 150 i-get ABS

Vespa Sprint 150 i-get ABS
Ciri khas Vespa Sprint Matic, pakai lampu depan berbentuk trapesium. Sementara kalau Vespa Primavera menggunakan lampu depan bulat.

Setelah mengetahui seluruh spesifikasi Vespa Sprint 150 i-get ABS, bagaimana dengan rasa berkendaranya?

Vespa sprint matic memiliki posisi berkendara yang cukup santai. Jok tebal motor besutan pabrikan Italia ini sangat empuk dan tidak cepat panas, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara. Posisi setang juga cukup tinggi, sehingga membuat tangan tidak lekas pegal serta tubuh tidak terlalu menunduk.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

Posisi jok yang cukup tinggi, membuat pandangan ke sekitar jadi lebih luas. Hal ini sangat membantu untuk bisa melihat celah selap-selip saat berkendara di kemacetan jalan.

Kemudian ketika dipakai melaju cepat. Vespa Sprint 150 i-get ABS terasa begitu stabil. Hanya saja kalau diajak bermanuver dengan menikung cepat, ada rasa kurang percaya diri. Mungkin karena posisi duduknya tinggi.

Berapa kecepatan maksimal Vespa matic Sprint? Kira-kira sekitar 100 Kpj, namun untuk mencapainya cukup sulit. Karakter mesin Vespa, responsif di awal, kemudian di putaran atas agak lambat kenaikannya. Memang cocok untuk digunakan di perkotaan yang padat kendaraan.

Bicara soal bantingan suspensi, cenderung kaku. Apalagi kalau kamu berkendara dengan grasah-grusuh. Jadi memang caara paling tepat untuk menunggangi Vespa Sprint matic adalah melaju santai.

Sebagai bukti, kamu bisa cek video test ride Vespa Sprint 150 i-get ABS di seputaran Jakarta dari Moladin diakhir artikel ini ya.

Harga Vespa Sprint i-get 150 ABS

Vespa Sprint 150 i-get ABS
Desain motor ini begitu istimewa dan indah saat dilihat dari berbagai sudut

Vespa Sprint matic dijual dengan harga yang tidak bisa dikatakan murah. Banderolnya untuk varian standar mulai Rp47 juta (OTR Jakarta). Sementara harga Vespa Sprint 150 S i-Get ABS mencapai Rp49,5 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan Vespa Sprint S dan varian Standar cuma ada di tampilan. Sementara untuk fitur serta mesin, tidak ada perbedaan sama sekali.

Siapa yang cocok untuk memiliki motor ini? Tentu kamu yang suka aura sportif kental, namun tetap menginginkan desain klasik. Tidak ketinggalan, kamu perlu memiliki uang banyak, lantaran harganya cukup tinggi.

Ingat, Vespa adalah motor santai. Cara paling tepat untuk menikmatinya adalah dengan berekendara santuy dan tidak grasah-grusuh. Enjoy Vespa!

Model Kelebihan Harga
Vespa Sprint 150 i-get ABS Harga lebih terjangkau Rp 47 juta
Vespa Sprint 150 S i-get ABS Tampilan lebih sportif Rp 49,5 juta

Kamu bisa dapatkan New Vespa Sprint 150 dengan DP yang ringan hanya di Moladin ya! 

Baca juga;

Video Test Ride Vespa Sprint I-GET 150 ABS:

Terbaru