by

Naked Bike Yamaha, Lebih Pilih MT-15 atau Vixion R?

Yamaha MT-15 vs Vixion R – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berikan pilihan beragam di kelas naked bike buat Anda yang ingin memiliki motor dengan gaya yang berbeda tapi manly abis. Seperti halnya dengan Yamaha MT-15 dengan Vixion R.

Keduanya sama-sama dibanderol dengan harga Rp 30 jutaan, dibekali dengan spesifikasi mesin yang sama 155cc, banana swing arm juga rangka delta box. Namun, dari desain juga fiturnya ada perbedaan. Apa saja yang membedakan antara keduanya? Simak pembahasan berikut ini.

 

Desain Yamaha MT-15 Lebih Kokoh

a22cc1a3b2d9a1b33ac7e210d56cfeb9
Yamaha MT-15 punya desain yang kokoh

Sama-sama masuk dalam varian naked bike tetapi kedua motor ini punya karakter yang berbeda. Secara desain Yamaha MT-15 lebih kokoh, Vixion R punya tampilan yang lebih kalem. Apalagi bobot Yamaha MT-15 yang 133kg ungguli Vixion R yang hanya 131kg.

Tampilan kokoh nan gahar Yamaha MT-15 semakin diperkuat dengan penggunaan suspensi depan upside down bertabung besar dan model headlamp seperti orang menatap tajam. Ukuran ban juga serba lebih, pakai 110/70-17 inci di depan dan 140/70-17 inci di belakang.

Desain Vixion R lebih kalem tapi sporty terlihat dari model headlamp yang berukuran besar, dipadu dengan suspensi depan teleskopik. Soal penggunaan ukuran ban, Vixion R memang tidak selebar MT-15. Konfigurasinya 90/80-17 inci di depan dan 130/70-17 inci di belakang.

Soal ketangguhan motor di kondisi jalan, sepertinya ada di Yamaha MT-15 dengan ukuran ban yang besar ketimbang Vixion R. Namun, soal kepraktisan hadir di Vixion R yang punya kapasitas tangki sebesar 11L ungguli Yamaha MT-15 yang hanya 10.4L saja.

Baca juga  Jangan Beli All New Nmax ABS, Sebelum Baca Ini

 

Yamaha MT-15 Fitur Lebih Canggih

yamaha-mt-15-vs-vixion-r-harga-rp-30-juta
Lampu depan MT-15 LED projector

Sejatinya fitur Yamaha MT-15 dengan Vixion R punya kemiripan, meskipun ada beberapa hal yang berbeda. Kedua motor ini sudah dilengkapi dengan panel instrumen full digital. Informasi yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari indikator posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar rata-rata, shift timming light dan VVA.

Hal ini yang mungkin membedakan Yamaha MT-15 vs Vixion R, meskipun sama-sama sudah pakai sistem pencahayaan di lampu depan dan lampu belakang. Yamaha MT-15 pakai lampu depan LED projector sehingga berikan visibilitas berkendara jadi sangat baik saat berkendara di malam hari, dibanding dengan Vixion R yang masih pakai lampu LED biasa.

Satu lagi hal yang jadi kecanggihan Yamaha MT-15 dibanding Vixion R. Yamaha MT-15 sudah dibekali big bike switch, mudahkan pengendara untuk menghidupkan mesin motor, cukup geser tombol starter ke bawah, persis motor gede Yamaha lainnya. Sementara, Vixion R belum ada.

Sementara, kelebihan Vixion R atas Yamaha MT-15 cuman satu, karena memiliki fitur lampu hazard yang berikan tanda bahwa pengendara sedang dalam keadaan darurat.

Daftar Harga Motor Naked Yamaha

Produk Kelebihan Harga
Yamaha MT 15 Desain sporti dengan panel instrumen digital modern Cek Harga Promo di Sini
Yamaha XSR 155 Dilengkapi ban dual purposes dan desain kental aura retro Cek Harga Promo di Sini
Baca juga  Mau Beli Yamaha X-Ride Bekas Berkualitas? Perhatikan Tips Ini!

 

Spesifikasi Mesin Yamaha MT-15 vs Vixion R Sama

test ride yamaha mt-15
Spesifikasi mesin Yamaha MT-15 dengan Vixion R sama

Soal dapur pacunya, baik Yamaha MT-15 dengan Vixion R memiliki spesifikasi yang sama. Sama-sama dibekali mesin berkubikasi 155cc, SOHC 4-klep, pendingin cairan, dengan teknologi katup variabel (VVA).

Hadirnya katup variabel (VVA) bisa dirasakan saat melibas tanjakan juga salip kendaraan besar, motor seperti mendapat tambahan tenaga di putaran mesin atas, lebih tepatnya setelah 7.000rpm.

Baik Yamaha MT-15 juga Vixion R dilengkapi transmisi 6-percepatan dengan assist & slipper clutch (ASC). Assist & slipper clutch (ASC) di transmisinya berikan kenyamanan lebih. Assist berefek ke kopling yang jadi ringan ketika ditekan. Sementara, slipper clutch mencegah roda belakang selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

Soal outputnya pun sama persis, Yamaha MT-15 vs Vixion R menghasilkan tenaga maksimal yang sama sebesar 19Hp/10.000rpm dan torsi puncak berada di angka 14.7Nm/8.500rpm. Performa yang tidak perlu diragukan, sebab paling besar dibanding kompetitornya di kelas 155cc.

Baca juga:

Baca juga  3 Inspirasi Modifikasi Satria FU Bikin Tampil Beda, Intip Nih!

 

Harga Vixion R Lebih Terjangkau

yamaha-mt-15-vs-vixion-r-harga-rp-30-juta
Harga Vixion R lebih terjangkau

Berbica soal harganya dipasaran, Yamaha MT-15 yang serba lebih ini memang punya banderol mahal. Sebab, harganya sudah tembus Rp 36.265 juta (OTR Jakarta). Yamaha MT-15 hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu: Metallic Black, Matte Grey dan Matte Blue.

Berbeda halnya dengan Yamaha Vixion R yang punya jantung mekanis sama dengan Yamaha MT-15. Sama-sama dibekali mesin 155cc, naked bike yang satu ini punya banderol lebih terjangkau Rp 31.385 juta (OTR Jakarta). Memiliki dua pilihan warna yaitu: Matte Red dan Matte Grey.

Kalau inginkan motor yang tampangnya kokoh, bengis, fitur big bike switch, pakai LED projector dengan suspensi upside down berdiameter dan nyaman untuk jarak jauh, pilih saja Yamaha MT-15 yang punya banderol tinggi.

Namun, buat Anda yang tidak mau merogoh kocek dalam-dalam sepertinya Vixion R juga bukan pilihan yang salah, sebab performanya juga sama seperti Yamaha MT-15, ditambah penggunaan suspensi depan teleskopik dengan ban yang lebih kecil, motor ini nyaman untuk digunakan di dalam kota.

Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik untuk Yamaha MT-15 dan Vixion R.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru