by

50 Tahun Toyota Indonesia, Komitmen Mobil Elektrifikasi

Pabrikan asal Jepang, Toyota tak terasa setengah abad berkiprah di Indonesia. Itulah bukti, bahwa perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia terbilang cukup panjang. 

Toyota juga turut membangun industri otomotif nasional dengan cara berkembang bersama masyarakat Indonesia. Pabrikan berlogo T itu telah menjadi sebuah perusahaan mobilitas yang menghadirkan pilihan lengkap.

Mulai dari produk berbahan bakar minyak untuk kelas LCGC, hingga yang mewah, Toyota punya. Lalu mereka pun menjajakan sederet produk dengan teknologi terkini termasuk elektrifikasi yang saat ini sedang bertumbuh.

Sejalan dengan itu, Toyota didukung oleh 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hingga kini juga tersedia dalam berbagai layanan berbasis digital.

Di usia 50 tahun Toyota di Indonesia, usung semangat untuk menghadirkan ‘Mobility Happines for All’. Di mana Toyota berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia di masa kini dan di masa depan, sesuai kebutuhan dan trend yang terus berkembang.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga kami dapat bertumbuh kembang bersama seiring berjalanannya waktu,” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, Selasa (5/1).

Baca juga  6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Menurut Matsuda, Toyota Indonesia berkembang dari perusahaan mobil menjadi sebuah perusahaan mobilitas. Pihaknya berkomitmen untuk menciptakan mobil terbaik, serta memberikan layanan Total Mobility Solution yang sesuai dengan tren dan kebutuhan masyarakat Tanah Air.

“Sehingga kami dapat senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” ujarnya.

Kiprah 50 Tahun Toyota, Sejak 1970 Hingga Kini

Perjalanan 50 tahun Toyota di pasar Nasional
Perjalanan 50 tahun Toyota di pasar Nasional

Menginjak usia 50 tahun Toyota, pabrikan yang menjadi market leader itu berawal dari tahun 1970-an dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi di Indonesia.

Kala itu pemasaran produk dimulai dari impor, Toyota Indonesia terus berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi. Berlanjut meningkatkan kandungan lokal melalui pengembangan rantai pasok di dalam negeri termasuk lokal material dari industri hulu.

Didukung dengan lima pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasific.

Alhasil dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

Baca juga  Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, Pilih Mana?

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari Pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global,” ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Warih juga menambahkan, Toyota berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia. Serta berkomitmen untuk menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu.

Termasuk produk berteknologi tinggi yang berbasis elektrifikasi untuk turut mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini memotivasi sekaligus memberi ruang yang lebih luas kepada Toyota Indonesia untuk menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat.

Siap Buat Mobil Hybrid Rakitan Lokal Pada 2022

Toyota Corolla Cross Vs Mitsubishi Eclipse Cross
Sosok Toyota Corolla Cross Hybrid

50 tahun Toyota juga menjadi komitmen mereka untuk menyongsong era kendaraan elektrifikasi. Dalam kamu mereka, elektrifikasi bukan berarti hanya mobil listrik, tapi juga hyrbid.

Baca juga  Absen Dari MotoGP, Marc Marquez Sibuk 'Nyicip' Mobil

Soal mobil hybrid, produk Toyota tidak perlu ditanyakan lagi. Mereka sudah memasarkan Camry Hybrid sejak 2012 di Indonesia. Kemudian disusul oleh model-model lain seperti Alphard Hybrid, C-HR Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan Altis Hybrid.

Terkait mobil listrik, Toyota menghadirkannya lewat merek premium: Lexus UX 300e pada akhir 2020. Lalu mau apa lagi ke depannya?

“Kami di Toyota senang sekali, karena pemerintah Indonesia punya keinginan yang sangat positif… (Rencana) Toyota group untuk lokalisasi HEV (Hybrid Electric Vehicle) mulai 2022,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam webinar bertajuk electrification day yang berlangsung Rabu (18/11/2020).

Ya, 50 tahun Toyota di Indonesia memang tidak main-main. Pabrikan berlogo T itu mencanangkan siap menghadirkan produk hybrid rakitan lokal pada tahun depan. Apakah Toyota Avanza Hybrid bakal terwujud? Mari kita nantikan sama-sama tanggal mainnya ya!

Well.. semoga informasi mengenai perjalanan 50 tahun Toyota ini dapat bermanfaat untuk kalian. (LDR)

Baca juga:

Terbaru