8 Tips Mudah Bayar Pajak Motor 5 Tahunan, Gak Ribet

Moladin – Moladiners ada rencana untuk membayar pajak motor 5 tahunan dalam waktu dekat? Tenang saja, tidak sesulit yang dibayangkan kok prosesnya. Moladin kasih contekannya ya. Berikut adalah tips membayar pajak motor 5 tahunan buat panduan kalian.

 

Tips Pertama: Ketahui Jalan Masuk ke Kantor SAMSAT Terdekat

Datangi samsat terdekat

Jalan masuk ke area Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) itu tidak selalu dari arah depan, sobat Moladin. Bisa juga pintu masuknya terletak di samping gedung, misalnya di SAMSAT Jakarta Selatan.

Pintu masuk ke area Polda Metro Jaya ini ada di samping gedung bukan dari arah depan. Jadi jangan sampai salah masuk. Kemudian jangan lupa buka helm dan kacamata hitam Moladiners saat memasuki area SAMSAT. Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang saat kalian masuk ke dalam wilayah militer maupun kepolisian. 

 

Tips Kedua: Lakukan Cek Fisik Terlebih Dahulu

Cek fisik lebih dulu

Sekedar saran saja sih, setelah masuk ke area SAMSAT, lebih baik Moladiners tidak usah parkir dan langsung saja menuju area cek fisik kendaraan.

Boleh-boleh saja mengambil formulir pendaftaran terlebih dahulu, tapi supaya waktu kalian lebih efektit, melakukan cek fisik motor sesaat setelah datang adalah pilihan yang bijaksana. 

Area cek fisik kendaraan ini biasanya terletak di samping atau belakang gedung SAMSAT. Kalian tinggal cari anak panah atau penunjuk arah ke area cek fisik ini. Sesampainya di sana kalian akan disambut oleh petugas pengecekan dan mereka akan langsung melakukan pengecekan kendaraan apabila antriannya tidak terlalu panjang.

Moladiners akan diminta mengisi formulir validasi nomor rangka dan nomor mesin motor. Biaya yang dikenakan untuk pengecekan fisik kendaraan ini bervariasi, ada yang tidak mengenakan biaya sama sekali dan ada juga SAMSAT yang membebankan harga antara Rp15 ribu hingga Rp 20 ribu. 

Setelah selesai melakukan cek fisik, kalian baru bisa memarkir motor kalian di area parkir dan segera masuk ke dalam gedung SAMSAT.

 

Tips Ketiga: Pastikan Salinan Dokumen Kalian Sudah Lengkap

Salinan dokumen pastikan lengkap

Sebelum menuju area pembayaran pajak di gedung SAMSAT, pastikan Moladiners sudah membuat fotokopi dokumen yang memadai. Biasanya sih kalian hanya membutuhkan satu lembar fotokopi bagi setiap dokumen, namun tidak ada salahnya apabila kalian membuat salinan dokumen hingga rangkap dua kan. Lalu dokumen apa saja yang harus kalian fotokopi? 

Dokumen tersebut adalah halaman informasi Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang terletak di halaman satu dan dua, kemudian fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang lama, fotokopi STNK, serta fotokopi identitas diri yang berlaku atau KTP.

Semua dokumen tersebut, baik itu yang asli maupun fotokopi, jadikan satu dalam sebuah map yang mudah dibawa-bawa dengan urutan sebagai berikut; fotokopi STNK, fotokopi KTP, dan fotokopi BPKB. 

Jaga agar semua dokumen tersebut tetap rapi dan tidak terlipat ya sobat Moladin. Rugi dong penampilan luar kita kece banget tapi dokumen yang kita bawa kondisinya lecek. 

 

Tips Keempat: Siapkan SIM Asli Sebagai Akses Masuk Gedung SAMSAT

Jangan sampai SIM kalian mati atau sudah lewat masa berlakunya saat datang ke kantor SAMSAT, ya. Sebab SIM menjadi salah satu alat untuk bisa masuk ke gedung SAMSAT.

Sebelum Moladiners masuk ke gedung SAMSAT, petugas akan melakukan pemeriksaan tas dan juga kartu identitas. Kalau SIM kalian mati bisa jadi kalian akan disuruh untuk memperpanjang SIM saat itu juga sebelum memperpanjang pajak 5 tahunan motor kesayangan kalian. 

Saran lainnya dari Moladin adalah jangan membawa benda-benda yang mencurigakan saat berkunjung ke kantor SAMSAT. Nanti kalian salah-salah malah ditangkap polisi dan dimintai pertanggungjawaban atas barang-barang yang mencurigakan tersebut. 

 

Tips Kelima: Isi Formulir Pendaftaran Pembayaran Pajak via Komputer

Isi formulir

SAMSAT pun sekarang semakin maju dan semakin berbenah, sob. Contohnya formulir pendaftaran pembayaran pajak. Beberapa kantor SAMSAT sudah menerapkan pengisian formulir secara otomatis menngunakan komputer dan tinggal di print saja.

Moladiners hanya perlu memasukkan data motor kesayangan ke unit komputer yang telah disediakan oleh pihak SAMSAT seperti nomor motor dan beberapa informasi pendukung lainnya.

Setelah itu, tinggal klik tombol proses dan formulir pembayaran pajak kalian pun akan segera tercetak. Ambil formulir pembayaran pajak yang sudah tercetak tersebut dan segeralah pindah ke loket penerimaan berkas. 

Sesuai dengan namanya, loket pemeriksaan berkas ini akan memeriksa kelengkapan dokumen yang kalian bawa. Setelah selesai diperiksa, petugas loket akan mengembalikan berkas-berkas kalian.

Nah, buat kalian yang kantor SAMSATnya belum menyediakan komputer untuk mengisi formulir pembayaran pajak, jangan lupa untuk membawa alat tulis sendiri saat mengurus pembayaran pajak lima tahunan.

Pasalnya kantor SAMSAT ini jarang sekali sepi dan alat tulis yang disediakan biasanya terbatas dan jadi rebutan pengunjung. Oleh karena itu bawa peralatan tulis kalian sendiri untuk mempermudah pengisian formulir dan tentunya menghemat waktu Moladiners. Kalian pun tidak perlu antri menggunakan alat tulis karena sudah membawa perlengkapan sendiri.

 

Tips Keenam: Sabar Menunggu

Sabar menunggu antrean

Setelah proses pemeriksaan berkas selesai, kalian bisa langsung menuju loket pembayaran pajak progresif. Sebenarnya antrian paling lama ada di loket pembayaran pajak ini, karena dibutuhkan ketelitian saat menghitung pajak lima tahunan. Salah sedikit nanti bisa berujung keributan massa bukan?

Dibutuhkan kesabaran Moladiners saat menunggu dipanggil petugas loket, kurang lebih waktu tunggunya mencapai 30 menit. Sambil menunggu dipanggil, kalian bisa mengisi waktu dengan membuka aplikasi Moladin bukan?

Moladiners bisa membaca artikel terbaru dari Moladin, berbagi info dan opini dengan sesama bikers, kemudian mencari tahu spesifikasi sparepart idaman maupun motor keluaran terbaru dari pabrikan favorit kalian. Dijamin waktu 30 menit akan berlalu tanpa terasa. 

Setelah dipanggil dan selesai membayar pajak, Moladiners jangan langsung pulang ya, karena pembayaran pajak lima tahunan ini artinya kalian juga harus mengganti STNK dan plat nomor kendaraan.

Moladiners silakan menuju loket pencetakan STNK baru, dan tentu saja kalian harus antri lagi dan menunggu kurang lebih lima belas menit setelah pembayaran pajak selesai dilakukan. Setelah STNK baru kalian dapatkan, hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah mengambil plat nomor baru. 

Lokasi pengambilan plat nomor ini ada di luar gedung SAMSAT, jadi segera cari penunjuk arah atau anak panah menuju loket pengambilan plat nomor tersebut.

Moladiners, hanya tinggal mengganti plat nomor baru sesampainya di rumah. Jika kalian membawa peralatan mekanik sendiri seperti obeng dan lain-lain, kalian bisa langsung mengganti plat nomor saat itu juga. 

 

Tips Ketujuh: Jangan Pakai Calo

Datang ke Samsat jangan pakai Calo

Ini adalah tips paling penting dari semua tips sebelumnya, yakni jangan pakai jasa calo. Apabila kalian menggunakan jasa calo, berarti kalian turut melanggengkan budaya pungli di Indonesia. Padahal kalian semua tidak suka bukan kalau mendapatkan pungutan di luar pungutan resmi. 

Percaya diri saja untuk mengurus semuanya tanpa bantuan calo karena membayar pajak motor lima tahunan ini sebenarnya cukup mudah dan alurnya gampang dipahami.

Kalau  bingung, Moladiners tinggal bertanya kepada petugas SAMSAT. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan langkah-langkah pembayaran pajak dan membantu saat bingung melanda. 

Menggunakan jasa calo sangat berbahaya karena mereka ini akan memegang data pribadi sobat Moladin seperti KTP dan BPKB. Dokumen tersebut bisa dibilang sangat rahasia.

Apabila kalian sembarangan menyerahkan dokumen tersebut kepada calo atau orang yang tak dikenal, salah-salah dokumen kalian bisa disalah gunakan. Selain itu, belum tentu juga dokumen yang diurus oleh calo ini terjamin keasliannya. Lebih baik mengurus sendiri bukan daripada bayar mahal ternyata dokumen yang diterima adalah dokumen palsu.

Jangan salah, apabila tertangkap tangan menggunakan jasa calo saat mengurus dokumen negara ini kalian bisa dipidanakan lho. Hal ini dikarenakan seringkali calo-calo ini memotong antrian dengan cara menyuap petugas.

Nah, kalian sebagai pengguna jasa calo pasti akan kena imbasnya apabila calo-calo ini tertangkap. Terlebih uang yang kalian setorkan tidak masuk ke kas negara melainkan masuk ke kantong petugas yang nakal. 

Biaya menggunakan jasa calo juga sangat mahal bisa dua hingga tiga kali harga pengurusan dokumen resmi. Memangnya Moladiners rela membayar semahal itu hanya untuk masuk ke kantong calo dan petugas nakal. Lebih baik uangnya ditabung untuk membayar pajak tahunan ke depan bukan.

 

Tips Kedelapan: Gunakan Fasilitas Pembayaran Online Apabila Tersedia

Gunakan fasiltas pembayaran online

Beberapa daerah sudah memiliki SAMSAT online, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.  Samsat Online menyediakan beberapa layanan termasuk layanan pembayaran pajak kendaraan, yaitu pajak kendaraan bermotor tahunan alias tidak ganti STNK, kemudian pembayaran pajak dengan kondisi tidak ada tunggakkan pajak lebih dari 1 tahun, kemudian motor kalian tidak dalam kondisi hilang, rusak, ataupun terlibat dalam tindakan kriminal. 

Samsat online juga melayani cek pajak secara online lho, jadi dari rumah kalian sudah tahu harus menyediakan uang berapa untuk membayar pajak tahunan maupun pajak lima tahunan.

Moladiners hanya perlu memasukkan data plat nomor kendaraan dan juga beberapa informasi kemudian tekan tombol proses. 

Berikut ini adala website SAMSAT di masing-masing daerah yang bisa kalian kunjungi dan menyediakan fasilitas informasi pajak kendaraan bermotor secara online:

DKI Jakarta – http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Jawa Barat –  http://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Yogyakarta – http://infonjkbdiy.com/

Jawa Tengah – http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

Jawa Timur – https://esamsat.jatimprov.go.id/

Aceh – http://esamsat.acehprov.go.id/

Riau – http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

Kepulauan Riau – http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat

Sulawesi Tengah – http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Mudah dilaksankan bukan tips yang disampaikan? Asal sabar dan percaya diri bayar pajak lima tahunan bukan lagi jadi hal yang ditakuti. Toh pajak yang kalian bayarkan akan masuk ke kas negara dan dipergunakan untuk pembangunan fasilitas publik di seluruh Indonesia.

Sekali lagi, daripada pakai calo dan uangnya masuk ke kantong pribadi, lebih baik Moladiners mengurus sendiri pajak lima tahunan motor kesayangan kalian yang mana uang pajaknya pasti masuk ke kas negara. Selamat membayar pajak, Moladiners!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *