by

Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Segmentasi mobil Sport Utility Vehicle yang masih diburu oleh konsumen Indonesia. Hal ini membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan tiga varian Honda CR-V 2021: 2.0 liter, 1.5 Liter Turbo, dan 1.5 Liter Prestige Turbo.

Secara dimensi, memang tidak ada yang membedakan antara ketiga varian terebut. Jika melihat spesifikasi, Honda CR-V terbaru dibekali dengan panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679 mm. Kemudian untuk rangka, suspensi, dan profil ban juga mengadopsi spesifikasi serupa.

Lalu apa yang menjadi pembeda ketiga varian Honda CR-V 2021 tersebut? Supaya tidak salah pilih, berikut kami beberkan perbedaan masing-masing:

1. Varian Honda CR-V 2.0 Liter yang Termurah

varian honda cr-v 2021
Dari eksterior, pelek CR-V 2.0 liter tampak masih pakai model lama. Kemudian kapasitas penumpang cuma muat 5-orang

Varian Honda CR-V 2.0 liter ini, menggendong mesin dengan kubikasi terbesar yaitu 2.0 liter. Jantung pacu tersebut berkonfigurasi empat silinder dengan teknologi SOHC dan i-VTEC.

Di atas kertas, torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 189 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 155 PS pada 6.500 rpm. Lalu transmisinya menggunakan CVT. 

Ciri khas lain kasat mata yang dapat terlihat, kamu bisa cek bagian pelek. Honda CR-V 2.0 liter facelift 2021 masih mengandalkan pelek model lama yang berdesain rumit dengan warna two tone. Kemudian lampu kabut bentuknya bulat di bemper bawah.

Baca juga  Pajero Sport Tidak Dapat Diskon PPnBM, Mitsubishi Minta Maaf

Selain itu ketika masuk ke interior, konfigurasi bangku cuma dua baris. Alhasil orang yang bisa ditampung kabin mobil hanya 5-orang. Jok juga cuma dibalut kain, belum menggunakan material kulit. Pengaturan bangkunya pun manual.

Bicara fitur, sudah ada head unit layar sentuh 7 inci untuk hiburan, cruise control, dan paddle shift. AC belum auto dual zone dan tidak double blower.

Soal fitur keselamatan bisa dikatakan cukup oke. Ada 6 airbags, hill start assist, vehicle stability assist, emergency stop signal, brake override system, dan parking sensor. Bicara keamanan, tersedia alarm, immobilizer, dan auto door lock by speed.

Meski terlihat lengkap, namun fitur di CR-V facelift 2021 varian 2.0 liter ini merupakan yang paling minimal dibanding varian lain. Wajar lantaran harganya juga termurah, cuma Rp 489 juta (OTR Jakarta)

2. Honda CR-V 1.5 Liter Turbo

varian honda cr-v 2021
Varian Honda CR-V 1.5 Liter Turbo dan Prestige dibedakan dari kehadiran sunroof untuk eksteriornya

Menilik varian Honda CR-V 2021 yang satu ini memang terbilang lebih lengkap dan superior. Sesuai namanya, mobil ini dilengkapi mesin 1.5 liter dengan induksi turbo. Walau kubikasinya cuma 1.500 cc tapi performanya jangan diremehkan.

Mesin 1.5 liter CR-V terbaru ini bisa melontarkan torsi 250 Nm pada 2.000 – 5.000 rpm dan tenaga maksimal 190 PS pada 5.600 rpm. Padanannya, transmisi CVT.

Baca juga  10 Rekomendasi Mobil Diesel Paling Irit di Indonesia

Selain itu, fitur-fiturnya juga lebih modern dibanding varian 2.0 liter. Sebut saja head unit layar sentuh memang sama 7 inci, tapi ada tambahan fitur active noise cancellation (ANC) dan speed sensitive volume compensation (SVC).

Kemudian panel instrumen sudah mengadopsi layar TFT 5 inci, AC auto dan dual zone, serta double blower. Speaker tweeter juga hadir supaya penumpang kabin lebih nyaman mendengar musik. Ada pula fitur rain sensing windshield wiper dan walk-away auto lock.

Hal menarik lain dari varian Honda CR-V 1.5 Liter Turbo adalah konfigurasi bangku tiga baris. Alhasil bisa muat penumpang lebih banyak. Joknya juga sudah dibalut kulit, serta ada pengaturan jok elektrik untuk pengemudi. 

Eksteriornya sudah pakai pelek berdesain anyar mirip kembang goyang. Ada pula lampu kabut bergaya garis di bemper bawah. Dengan berbagai kelebihan tersebut, banderol model 1.5 Lite Turbo ini tembus Rp 522,5 juta (OTR Jakarta).

3. Varian Honda CR-V 1.5 Liter Turbo Prestige, Paling Mahal

honda cr-v facelift 2021 vs lama
CR-V varian tertinggi dilengkapi Honda Sensing, Sunroof, hingga fitur pembuka bagasi dengan kaki

Sementara untuk kasta tertinggi adalah varian Honda CR-V 1.5 Liter Turbo Prestige. Harganya tembus Rp 577 juta (OTR Jakarta). 

Baca juga  3 Kelebihan Mazda CX-5 GT 2021 Dibanding Rival

Mahal karena memiliki beberapa fitur pembeda dibanding varian Turbo. Sebut saja sunroof, sequential LED turning signal, dan pengaturan elektrik di bangku penumpang baris pertama.

Kemudian ada remote start engine yang bisa mengaktifkan mesin dan AC dari luar mobil. Alhasil ketika kamu masuk ke dalam mobil, kabin sudah terasa sejuk. Tersedia pula Hands-Free Access Power Tailgate yang menjadikan proses pembukaan bagasi belakang lebih mudah, cukup dengan goyangan kaki.

Terakhir yang paling menarik, varian Honda CR-V 2021 yang termahal ini sudah dilengkapi Honda Sensing. Teknologi tersebut terintegrasi berbagai fitur modern seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), dan Lane Departure Warning (LDW).

Ada pula Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), serta Auto High Beam (AHB). Kehadiran semua fitur keselamatan itu membuat potensi kecelakaan jadi bisa dicegah saat berkendara.

Setelah mengetahui beda ketiga varian Honda CR-V terbaru, kira-kira model apa yang mau kamu beli?

Untuk informasi terlengkap dan terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru