Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

9 Rekomendasi Mobil Mesin Turbo Murah di Indonesia 2021

by Baghendra Lodra
mobil mesin turbo murah

Saat ini mobil mesin turbo murah semakin merajalela di pasar otomotif Indonesia. Produknya terus bertambah seiring waktu, terlebih setelah kehadiran merek-merek Cina. Ditambah lagi kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Alhasil stigma kendaraan berteknologi turbo mahal mulai memudar. Harganya kini dapat dijangkau dengan uang Rp 200 jutaan dalam kondisi baru. Kalau bekas usia 5 tahun, bahkan bisa lebih murah lagi. Menarik bukan?

Kehadiran turbo sangat menguntungkan untuk performa mobil. Dari sisi performa, tentu bisa mendongkrak torsi dan tenaga. Sementara dari sektor irit, mampu mempertahankan kubikasi mesin kecil yang hemat bahan bakar.

Oleh karena kelebihan-kelebihan itulah mobil mesin turbo murah banyak dilirik masyarakat Indonesia. Murah yang dimaksud di sini, banderolnya di kisaran Rp 200 jutaan.

Penasaran dengan pilihannya? Berikut rekomendasi 9 mobil mesin turbo murah peminum bensin yang bisa kamu beli di Indonesia:

1. Renault Kiger (Rp 275,9 juta)

kelebihan renault kiger

Kiger merupakan mobil mesin turbo merek Perancis yang diproduksi di India

Kalau kamu cari mobil baru bermesin turbo, maka Renault Kiger bisa jadi pilihan. SUV ringkas ini hadir dengan jantung mekanis berkubikasi 1.0-liter yang mendapat induksi turbo.

Performanya tentu tidak perlu diragukan. Bisa melontarkan torsi puncak 152 Nm dan tenaga maksimal 100 PS. Padanannya adalah transmisi CVT.

Lalu yang juga menarik dari Kiger, fitur-fiturnya. Mobil merek Perancis tersebut sudah pakai sistem audio dari Arkamys 3D Auditorium dengan empat speaker dan empat tweeter, yang bakal memanjakan telinga pengemudi serta penumpang.

2. DFSK Glory 560 (Rp 202,5 juta – 252,5 juta)

mobil mesin turbo murah

SUV merek Cina ini sudah dilengkapi dengan mesin turbo

Inilah mobil dalam kondisi baru dengan mesin turbo termurah di Indonesia. Banderolnya cuma Rp 202,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian termurah atau DFSK Glory 560 Type B.

Dibanding Type C dan Type L atau varian yang lebih tinggi, memang banyak fitur yang disunat. Misal konfigurasi bangku cuma dua baris dan cukup 5-orang. Sementara yang lain bisa muat 7-orang alias punya tiga baris bangku.

Kemudian fitur keselamatan juga banyak hilang. Walau demikian, mobil mesin turbo murah ini tetap memiliki fitur kenyamanan seperti head unit layar sentuh, AC double blower, engine start buton, dan lain-lain.

Glory 560 Type B juga dibekali mesin turbo SFG15T-01 yang sama dengan varian lain. Di atas kertas jantung mekanis itu berkubikasi 1.498 cc, empat silinder. Torsi puncaknya tembus 230 Nm pada 1.800-4.000 rpm dan tenaga maksimal 150 PS pada 5.600 rpm.

Baca juga  Toyota Fortuner Facelift Meluncur 4 Juni 2020?

Hanya saja memang untuk transmisinya cuma ada manual 6-percepatan. Sementara varian tertinggi mobil DFSK Glory 650 atau Type L tersedia pilihan CVT.

3. Nissan Magnite (Rp 223,9 juta – 253,9 juta)

mobil turbo murah

All New Nissan Magnite, resmi meluncur di Indonesia pada akhir 2020

Mobil mesin turbo murah yang paling menarik untuk dipinang adalah Nissan Magnite. Harganya sangat terjangkau, mulai Rp 233,9 juta (OTR Jakarta).

Soal kapasitas mesin, Magnite juga paling kecil yaitu 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder. Meski demikian, performanya tidak bisa diremehkan. Torsi puncaknya mencapai 160 Nm pada 2.800-3.600 rpm dan tenaga 100 PS pada 5.000 rpm. Kemudian ada pilihan transmisi CVT untuk varian tertinggi.

Kelebihan Nissan Magnite selanjutnya, ada fitur head unit layar sentuh 8 inci, start stop engine button, dan keyless. Varian paling mahal city car ini atau disebut sebagai Magnite Premium, bahkan mendapat tambahan cruise control serta tire pressure monitoring system (TPMS).

Lalu soal sistem keselamatan tidak perlu diragukan, setiap varian Magnite sudah dilengkapi anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake asssist (BA). Tidak ketinggalan vehicle dynamic control (VDC) dan hill start assist (HSA) untuk melewati medan jalan yang menantang.

4. Wuling Almaz (Rp 257,3 juta – Rp 330,8 juta)

wuling almaz mobil mesin turbo murah

Almaz merupakan salah satu SUV canggih bermesin turbo yang dijual murah

SUV canggih yang bisa bicara ini merupakan salah satu rekomendasi mobil mesin turbo murah di Indonesia. Varian termurahnya atau Wuling Almaz Smart Enjoy sudah dilengkapi berbagai fitur modern. Selain bisa bicara dengan kemunculan fitur Wuling Indonesian Command (WIND), hadir pula head unit besar di dashboard, dan 6 speaker.

Kemudian kabinnya juga muat 7-orang dengan tiga baris bangku. Alhasil seluruh anggota keluarga bisa mudah diajak berkendara bareng dalam satu mobil.

Lalu yang tidak kalah penting adalah mesin 1.451 cc, DOHC, DVVT, dan induksi turbo. Di atas kertas, mesin tersebut bisa memuntahkan torsi hingga 250 Nm pada 1.800-3.600 rpm dan tenaga maksimal 140 hp pada 5.200 rpm.

Pilihan transmisinya, Wuling Almaz Smart Enjoy tersedia manual 6-percepatan yang dijual Rp 266,8 juta (OTR Jakarta) dan CVT Rp 278,8 juta (OTR Jakarta).

Sementara varian tertingginya atau Exclusive bisa tembus Rp 341,8 juta (OTR Jakarta). Kelebihan varian Wuling Almaz tersebut punya sunroof, cruise control, keyless, jok kulit, dan lain-lain. Fitur keselamatannya juga lebih lengkap dibanding versi murah.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Agya, Tidak Murahan

Kini tersedia pula varian tertinggi yaitu Almaz RS. Mobil ini diluncurkan pada Februari 2021. Kelebihannya sudah dilengkapi teknologi WISE dan ADAS yang membuat berkendara lebih nyaman dan selamat.

5. Wuling Cortez CT (Rp 203,8 juta – Rp 281,8 juta)

Wuling Cortez CT Type S mobil mesin turbo murah

Varian Type S CVT, harganya setara Avanza tapi kelasnya seperti Innova

Mobil mesin turbo murah lain yang nyaman untuk keluarga adalah Wuling Cortez CT. Varian termurahnya Type S dijual mulai Rp 203,8 juta (OTR Jakarta) untuk pilihan transmisi manual. Sementara Type S CVT Rp 233,8 juta (OTR Jakarta).

Padahal kalau melihat dimensi dan performa mesin, mobil ini bisa disejajrkan dengan Toyota Innova. Hanya saja memang harganya jauh lebih terjangkau dibanding produk Toyota.

Buat mobil keluarga, tentu kami sarankan pilih Wuling Cortez CT Type S CVT. Alasannya karena dengan transmisi CVT, pendistribusian tenaga jadi lebih halus sehingga berkendara jadi semakin nyaman.

Di samping itu, ada pula captain seat di bangku baris kedua, jok kulit, head unit layar sentuh, dan AC double blower. Bantingan suspensinya juga tergolong nyaman untuk MPV bongsor seharga Rp 200 jutaan.

Kemudian yang terpenting, mesinnya turbo. Mobil Wuling Cortez CT dibekali jantung mekanis serupa dengan Almaz. Jadi soal performa tidak perlu diragukan.

Bila kamu punya uang lebih, bisa pula pilih Cortez CT Type L yang harganya tembus Rp 290 juta. Meski demikian, banyak sekali kelebihan mobil MPV ini. Sebut saja sistem pencahayaan LED proyektor, sunroof, AC digital, suspensi belakang independen, dan lain-lain.

6. Daihatsu Rocky (Rp 226,7 juta – Rp 250 juta)

mobil mesin turbo - daihatsu rocky

Rocky merupakan SUV kembaran Toyota Raize

Mobil Daihatsu Rocky juga masuk dalam daftar mobil mesin turbo murah di Indonesia. Banderolnya mulai Rp 226,7 juta (OTR Jakarta) sampai Rp 250 juta (OTR Jakarta), itu sudah termasuk potongan PPnBM dari pemerintah.

Spesifikasi mesinnya mengandalkan kubikasi 1.000 cc turbo dengan konfigurasi tiga silinder. Lalu padanan jantung mekanis SUV ringkas untuk 5 penumpang tersebut adalah transmisi D-CVT.

Hanya saja dibanding kompetitor, mesin Rocky memang tidak terlalu hebat. Di atas kertas cuma bisa mengeluarkan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm dan tenaga maksimal 98 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Honda CR-V Facelift Mulai Terlihat, Siap Dijual di Indonesia?

7. Toyota Raize (Rp 232,6 juta – Rp 281,2 juta)

mobil mesin turbo - toyota raize

Di atas kertas, performa mesin turbo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ternyata masih kalah dari Nissan Magnite

Toyota Raize merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky. Mesin yang digunakan sama, tapi harganya berbeda. Raize dijual lebih mahal, mulai dari Rp 232,6 juta (OTR Jakarta). Sementara varian termahal atau GR Sport CVT TSS Two Tone tembus Rp 281,2 juta (OTR Jakarta).

Apa yang membuatnya lebih mahal? Salah satunya brand Toyota. Kemudian untuk varian tertinggi, ada beberapa fitur yang jadi keunggulan. Sebut saja teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dengan adaptive cruise control (ACC).

Bisa dikatakan Raize merupakan mobil termurah yang dapat fitur ACC. Menarik bukan?

8. Ford Fiesta Ecoboost 2015 Selaku Mobil Mesin Turbo Murah Bekas (Rp 130 Jutaan)

ford fiesta ecoboost mobil mesin turbo murah

Mesinnya 1.0 liter, tiga silinder, dengan turbo, inilah Fiesta Ecoboost

Kalau kamu mau mobil mesin turbo murah yang banderolnya di bawah Rp 200 juta, coba lirik kendaraan bekas seperti Ford Fiesta Ecoboost. Banderolnya bisa tembus Rp 130 jutaan untuk lansiran 2015.

Bisa dikatakan Ford Fiesta Ecoboost merupakan pelopor mesin bensin turbo dengan kapasitas kecil. Jantung mekanisnya cuma 1.000 liter, tiga silinder, namun dapat induksi turbo. Alhasil soal irit, tidak perlu diragukan lagi diklaim 18,9 Km/liter.

Lalu terkait performa juga mantap. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 170 Nm pada 1.400-4.500 rpm dan tenaga maksimal 125 PS pada 6.000 rpm.

Soal tampilan, mobil ini selayaknya hatchback biasa yang bisa memuat 5-orang. Fitur-fiturnya cukup modern, hanya saja head unit belum layar sentuh, namun tetap bisa dioperasikan dengan mudah.

9. Chevrolet Trax 2018 (Rp 200 Jutaan)

mobil turbo murah bekas

Trax merupakan salah satu SUV 5-penumpang istimewa pada zamannya, lantaran punya mesin turbo dan fitur lengkap

Pilihan mobil mesin turbo murah selanjutnya juga datang dari kendaraan bekas yaitu Chevrolet Trax. Bila menilik banderolnya, cuma Rp 200 jutaan untuk lansiran 2018.

Memang harga ini terlihat mahal, terlebih banyak mobil baru keluaran Cina yang bermesin turbo dijual murah. Hanya saja soal kebanggaan tentu memiliki Chevrolet bakal berbeda.

Varian tertingginya atau Trax Premier AT sudah dilengkapi jok kulit, head unit layar sentuh 7 inci, cruise control, sunroof, dan lain-lain. Lalu tampilan luarnya dapat terlihat dari penggunaan pelek 18 inci dengan ban 215/55.

Jantung mekanis Chevrolet Trax menggunakan 1.4 liter turbocharger yang bisa melontarkan torsi 200 Nm pada 1.850-4.900 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 4.900-6.000 rpm. Padanannya transmisi otomatis 6-percepatan.

Itulah tadi rekomendasi 8 mobil mesin turbo murah peminum bensin di Indonesia. Adakah yang tertarik untuk kamu pinang? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika