by

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE), Apa Itu?

Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE resmi diperkenalkan di Indonesia. Teknologi ini mampu menghadirkan sistem keselamatan terbaik untuk mobil-mobil merek Cina tersebut.

Kehadiran WISE di mobil Wuling, salah satunya otomatis mengaktifkan fitur advanced drive assistance system (ADAS). Alhasil pengendara jadi terbantu untuk bisa selalu selamat di perjalanan.

Ada tiga kategori ADAS yang bakal aktif dengan kehadiran WISE: adaptive cruise, lane recognition, safe distance & braking assistance, dan automatic light.

Bila semuanya aktif, maka mobil Wuling jadi sangat pintar. Dengan kata lain, bisa disetarakan dengan sistem keselamatan di mobil-mobil mewah seperti Toyota Alphard, Honda Accord, dan lain-lain.

Kalau di Cina sendiri, ADAS sudah diterapkan ke Wuling Victory. Lalu di Indonesia kira-kira bakal hadir untuk produk apa? Bila melihat ilustrasi dari video produk mereka, maka Almaz yang cocok untuk mengaplikasikannya. Kemungkinan lain, pengenalan WISE merupakan persiapan Wuling untuk memasarkan Victory di Indonesia.

“Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang,” kata Brand & Marketing Director Wuling Motors, Yin Yi

Ingin tahu lebih detail tentang Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE, simak bahasan di bawah ini:

Baca juga  Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp 369 Jutaan, Mau?

WISE Jadikan Mobil Wuling Semi Autonomous

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)
Dengan WISE, Mobil bisa melaju sendiri menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan di depan

Salah satu keunggulan Wuling Interconnected Smart Ecosystem, mampu menjadikan mobil melaju dan mengerem sendiri. Dengan kata lain mobil Wuling jadi semi autonomous.

Hal tersebut dimungkinkan lewat fitur adaptive cruise control (ACC), bend cruise assistance (BCA), traffic jam assistance (TJA), dan Intelligent cruise assistance (ICA). Ketiga fitur itu berkolaborasi untuk menyesuaikan laju mobil dengan kecepatan kendaran di depannya, dalam berbagai kondisi jalan. Mulai dari kemacetan, tikungan, hingga jalan bebas hambatan.

Kemudian WISE bisa memberi keselamatan lebih untuk pengendara, ketika meelakukan perpindahan jalur lewat fitur lane departure warning (LDW) dan lane keeping assistance (LKA). Kombinsi keduanya, bukan cuma bisa memberi peringatan ketika kendaraan keluar jalur, tapi juga secara otomatis mampu mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke jalur yang aman.

Terkait pengereman, Wuling Interconnected Smart Ecosystem disertai fitur safe distance warning (SDW), forward collision warning (FCW), automatic emergency braking (AEB), intelligent hydraulic braking assistance (IHBA), dan collision mitigation system (CMS). Semua fitur itu sanggup memberi peringatan ketika potensi tabrakan meningkat, serta melakukan pengereman darurat secara otomatis.

WISE juga memiliki fitur intelligent head beam assistance (IHMA) untuk menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi jalan.

Baca juga  Terungkap Sosok Wuling Almaz Facelift 2021, Banyak Ubahan!

Keunggulan lain dalam hal konektivitas head unit dengan smartphone pun bisa disajikan oleh Wuling Integrated Smart Ecosystem (WISE). Pengendara dapat mengakses beragam fitur seperti vehicle positioning, vehicle remote control, geo-fencing security, dan bluetooth key.

Guna vehicle positioning untuk menampilkan lokasi terkini kendaraan pada smartphone. Lalu vehicle remote control memungkinan kendali jarak jauh melalui smartphone, mulai dari memanaskan mesin, mengaktifkan AC, membuka-tutup jendela, dan mengunci pintu.

Ada pula geo-fencing security yang bisa memsang pagar elektronik dengan radius tertentu di sekitar kendaraan. Efeknya, kamu jadi tahu kalau mobil Wuling berada di lokasi yang tidak seharusnya.

Lalu fitur-fitur online navigation, online music, dan internet messaging App juga hadir. Ketiganya bisa diakses pula melalui perintah suara berbahasa Indonesia atau Wuling Indonesian Command (WIND), seperti yang telah hadir di mobil Wuling Almaz.

Mobil Wuling Victory atau Almaz yang Pakai WISE?

wuling victory
Wuling Victory sudah memiliki teknologi ADAS, tapi sampai sejauh ini cuma dijual di Cina.

Sampai saat ini, Wuling Interconnected Smart Ecosystem memang cuma diperkenalkan di Indonesia. Belum ada pernyataan resmi dari pabrikan asal Cina tersebut, kalau teknologi tersebut akan hadir di mobil tertentu.

Hanya saja, buat apa memperkenalkan teknologi kalau tidak ada pengaplikasiannya? Kami yakin ke depannya bakal ada mobil Wuling yang pakai WISE, bahkan tidak lama lagi.

Baca juga  Harga Wuling dengan Skema PPnBM 100 Persen Terbaru

Bila melihat spesifikasi WISE, maka kendaraan yang memungkinkan adalah Wuling Almaz. Kenapa? Salah satu alasannya, mobil ini sudah pakai WIND. Maka tinggal tambahkan ADAS untuk bisa mengadopsi teknologi WISE secara keseluruhan.

Ditambah lagi, bocoran kehadiran Wuling Almaz 2021 atau versi terbaru sudah mulai berhembus. Jadi bukan tidak mungkin mobil SUV tersebutlah yang pertama kali menikmatinya.

Opsi lain untuk mobil yang menggunakan WISE adalah Wuling meluncurkan Victory di Indonesia. MPV mewah yang telah dijual bebas di Cina tersebut, sudah mengadopsi ADAS. Bisa jadi perkenalan WISE di Tanah Air merupakan ancang-ancang untuk Wuling memasrkan Victory di sini.

Benarkah demikian? Saat kami coba konfirmasi ke pihak Wuling Motors, mereka belum ada yang mau buka suara terlalu banyak.

“Saat ini kami baru dalam tahap memperkenalkan terlebih dahulu untuk inovasi WISE ini kepada rekan-rekan media dan masyarakat Indonesia,” beberp Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom saat dihubungi moladin via pesan singkat, Kamis (28/01/2021).

Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru