by

Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, Nyaman Mana?

Dua MPV kelas menengah ini memang cocok buat mobilitas keluarga. Oleh karenanya, pertarungan Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova sungguh penting untuk dibahas.

Cortez CT hadir sebagai penantang dari kedigdayaan Innova. Sebagai mobil yang terlambat datang, pastinya berbagai persiapan sudah dibuat oleh Wuling supaya bisa melebihi sang rival.

Benar saja, Wuling mempersenjatai Cortez CT dengan berbagai kelebihan. Ambil contoh harga yang lebih murah, fitur lebih banyak, dan mesin lebih bertenaga.

Lalu pertanyaannya apakah mobil Wuling yang paling pas untuk dibeli? Belum tentu. Supaya kamu bisa mendapat penjelasan secara komprehensif, simak bahasan komparasi Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova berikut:

Desain Mana yang Paling Menarik?

wuling cortez ct vs toyota innova
Keunggulan Wuling Cortez memiliki roof rail yang bisa dipakai untuk dudukan dalam meletakkan barang di atap

Mobil yang bakal kami komparasi adalah varian bensin dan tipe tertinggi dari Wuling Cortez Vs Toyota Innova. Khusus Cortez berati varian CT Type L Lux+ CVT. Sementara Innova yang dibandingkan adalah varian Venturer 2.0 AT.

Kalau melihat spesifikasi dimensinya, Cortez CT tampak lebih panjang dibanding Innova Venturer facelift 2020. Namun, lebih ramping dan pendek.

Di atas kertas dimensi panjangnya mencapai 4.780 mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755 mm. Kemudian yang menarik dari mobil merek Cina ini sudah dilengkapi roof rail. Fungsinya cukup penting sebagai dudukan dari roof rack dan roof box sehingga bisa dipakai membawa barang di atap. Sementara Innova Venturer, memiliki spesifikasi dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Lalu soal tampilan, Cortez CT tampak lebih elegan dengan garis-garis tubuh yang mengalir dan banyak penggunaan elemen chrome. Sementara Innova Venturer kental aura sportif yang menggunakan dominasi aksen hitam.

Baca juga  Tak Harus Beli, Segini Biaya Sewa Toyota Yaris Terbaru

Aksesori eksterior seperti antena sharkfin, spoiler atap bagian belakang, serta sistem pencahayaan LED telah diadopsi oleh keduanya. Soal ukuran pelek dan ban ada perbedaan. Cortez CT mengaplikasikan ukuran 205/55-16 inci. Sementara Innova Venturer pakai ukuran 215/55 R17 Alloy

Interior Innova Venturer Lebih Sporty, Cortez CT Type L Berarura Mewah

interior innova ventuer
Aura sporty interior Toyota Innova Venturer terlihat lewat penggunaan jok hitam dibalut kulit dan aksen jahitan merah

Masuk ke interior, Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova punya aura interior berbeda. Kalau Cortez CT terkesan elegan dan mewah. Hal ini terpancar dari tema warna jok cerah dan sudah dibalut kulit. Tidak ketinggalan ada jam analog di tengah-tengah dashboard. Hadir pula aksen kayu warna abu-abu di panel depan dan samping.

Kabin Toyota Innova Venturer yang bertema sporty pakai jok kulit dengan warna gelap dan aksen jahitan merah. MPV Toyota ini pun memiliki panel kayu yang warnanya cokelat supaya ada sedikit kesan mewah.

Kesamaan interior keduanya, memiliki tiga baris bangku yang nyaman untuk diduduki oleh orang dewasa. Lalu bangku baris kedua pakai konfigurasi captain seat yang nyaman.

Performa Mesin Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova

Wuling Cortez CT Type S
Meski pakai kapasitas mesin cuma 1.500 cc tapi Cortez CT Type S sudah ada induksi turbo

Komparasi berikutnya untuk MPV keluarga ini adalah performa mesin. Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova Venturer sejatinya dibekali pilihan mesin yang berbeda.

Mobil Wuling pakai kubikasi 1.500 cc, empat silinder, dengan teknologi DVVT, dan tambahan turbo. Alhasil di atas kertas Cortez CT memiliki torsi puncak yang bisa tembus 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm dan tenaga maksimal 140 hp pada 5.200 rpm.

Sementara Toyota Innova Venturer pakai kapasitas mesin 2.000 cc, DOHC, dan Dual VVT-i. Meski lebih besar kubikasinya, namun tanpa turbo menjadikan performanya tidak lebih baik dari Cortez CT. Jantung mekanis Innova cuma bisa melontarkan torsi puncak 183 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 137 hp pada 5.600 rpm.

Baca juga  3 Kekurangan Toyota Yaris Terbaru

Di samping kalah dari sisi performa, Innova juga masih mengandalkan transmisi otomatis 6-percepatan dan penggerak roda belakang. Efeknya distribusi tenaga tidak terlalu halus, namun memang sangat andal saat diajak menanjak.

Cortez CT sendiri telah mengadopsi CVT yang dikenal lebih halus dalam mendistribusikan tenaga ke roda depan, sehingga terasa sangat nyaman saat diajak berkendara. Kemampuan melahap tanjakan memang tidak sebaik Innova, tapi bukan berarti tidak bisa diandalkan.

Lalu yang tidak kalah penting, kenyamanan Wuling Cortez CT varian tertinggi ditunjang pula suspensi independen di suspensi belakang. Efeknya bantingan terasa semakin berkualitas. Innova facelift belum punya.

Fitur-Fitur Toyota Innova Vs Wuling Cortez CT

interior wuling cortez ct
Aura mewah dan fitur modern jadi keunggulan Wuling Cortez CT Type S

Bicara soal fitur, masing-masing mobil MPV ini punya kelebihan dan kekurangan. Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, mana yang lebih baik?

Keduanya terbilang modern, lantaran sudah pakai AC digital, punya head unit layar sentuh, audio steering switch, pengaturan jok elektrik, dan lain-lain. Hanya saja Innova Venturer punya ukuran head unit yang lebih besar dan sudah terintegrasi NFC.

Varian tertinggi tersebut pun memiliki layar monitor khusus untuk penumpang belakang. Tidak ketinggalan hadir air purifier yang bisa meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.

Lalu Apa kelebihan Wuling Cortez CT Type L? Selain punya sunroof dan power charger untuk penumpang belakang.

Baca juga  Toyota Supra Orange Paul Walker Dilelang

Soal fitur keselamatan, kurang lebih keduanya mirip. Sudah ada airbag yang mengelilingi kabin, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), electronic stability control (ESC), dan lain-lain.

Harga Wuling Cortez CT Jauh Lebih Murah Dibanding Toyota Innova

wuling cortez ct vs toyota innova venturer
Innova Venturer dijual dengan banderol yang tinggi

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dari Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, kini giliran kami ungkap banderolnya. Harga Cortez CT Type L Lux+ CVT cuma Rp 290 juta (OTR Jakarta). Sementara Innova Venturer 2.0 AT tembus Rp 455,5 juta (OTR Jakarta).

Dari sana kamu bisa lihat bahwa perbedaannya lebih dari Rp 150 juta. Padahal MPV Wuling tidak kalah hebat sebagai mobil keluarga dibanding Innova.

Menariknya lagi, Wuling Cortez CT Type S selaku varian termurah yang harganya tidak jauh beda dari Toyota Avanza. Sementara untuk Innova yang termurah, banderolnya ada di angka Rp 337 jutaan.

Hanya saja memang pandangan masyarkat Indonesia tentang merek Cina masih belum terlalu percaya. Jadi inilah sebenarnya tugas berat Wuling untuk menjadikan konsumen lebih yakin dengan kualitas produk-produknya. Wajar, karena memang usia Wuling baru 3 tahun di sini.

Sementara Toyota Innova, meski mahal namun sudah punya tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat Tanah Air. Mobil ini juga dilengkapi dengan banyak pilihan varian. Buat kamu yang gemar mesin peminum solar, ada Innova 2.4 Diesel Turbo. Harganya mulai Rp 368,7 hingga 495,7 juta (OTR Jakarta). Soal fitur tidak jauh beda dari varian bensin.

Sekian komparasi Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, kira-kira mana yang bakal kamu pilih? Untuk informasi terlengkap tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru