by

3 Perbedaan Toyota Kijang Innova Baru Vs Lama

PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 15 Oktober 2020 lalu, meluncurkan Toyota Kijang Innova facelift di Indonesia. Tentunya ada sejumlah perbedaan antara Kijang Innova facelift Vs lama.

Menurut pengamatan Moladin terdapat sejumlah perbedaan antara Kijang Innova baru Vs Lama terletak pada sisi eksterior maupun interiornya. Tentunya Toyota Kijang Innova facelift terlihat lebih fresh.

Setidaknya ada sejumlah fakta lainnya yang menarik ketika membahas mengenai perbedaan Kijang Innova baru Vs lama. Mengingat sejatinya baik versi facelift maupun model sebelumnya sudah punya desain yang modern.

Lalu seperti apa sebenarnya perbedaan Kijang Innova baru Vs lama? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Innova Baru Vs Lama Terlihat Jelas Perbedaannya di Eksterior

Perbedaan Kijang Innova baru Vs lama
Gambar kiri adalah Toyota Kijang Innova lama, sebelah kanan merupakan Innova baru

Membahas mengenai perbedaan Toyota Kijang Innova baru Vs lama, terlihat jelas pada sisi eksterior. Di mana pada model teranyar mengusung bumper dan gril baru.

Toyota Kijang Innova facelift kini punya desain gril model trapesium, dan terlihat justru mirip dengan sosok Hilux terbaru. Penyematan bumper dengan desain baru juga membuatnya tampil lebih menarik.

Terlihat di bumper bagian bawah dilengkapi dengan dua lampu kabut atau foglamp. Desain ini cukup berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya. Karena pada model lawas, fog lamp dan lampu sein dibuat menyatu.

Uniknya, desain eksterior itu justru membuat mobil MPV medium ini terkesan mirip dengan Mitsubishi Xpander. Selain itu, untuk model terbaru ini lampu sein juga terpisah dengan lampu utama.

Baca juga  Kia Sorento dan Carnival Terbaru Bakal Meluncur di Indonesia

Lampu isyarat itu ditempatkan di bumper bagian bawah atau di atas lampu kabut. Guna menunjang tampilannya, pihak pabrikan melengkapi Kijang Innova facelift dengan pelek berdesain baru berukuran 16 inci. Khusus Venturer memiliki diameter pelek berukuran 17 inci.

Buritannya pun tak luput dari penyegaran yang dilakukan pabrikan. Meski sejatinya masih terlihat identik dengan model reborn.

Sentuhan baru terlihat pada bagian garnish di bagian tengah atau tempat untuk meletakkan plat nomor kendaraan. Melalui sejumlah perbedaan Kijang Innova baru Vs lama ini diharapkan menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin membeli mobil jenis MPV.

2. Interior Semakin Terasa Mewah

Perbedaan Kijang Innova baru Vs lama
Terdapat sejumlah perbedaan Kijang Innova baru Vs lama

Jika bicara mengenai perbedaan Kijang Innova baru Vs lama, tentunya kurang pas jika tidak membahas sisi interiornya. Mengingat banyak sekali ubahan yang juga terjadi di sektor kabin.

Untuk bagian interior juga mengalami sejumlah perubahan terutama pada pemilihan warna jok serta door trim yang digunakan. Jika sebelumnya, Toyota menggunakan bahan dengan warna merah bata sekarang diganti dengan warna coklat gelap.

Bahan yang dipakai untuk melapisi bagian interior ini juga berbeda dibandingkan sebelumnya. Untuk model facelift ini material yang digunakan lebih empuk sehingga menjadikan ruang kabin menjadi lebih nyaman dan terkesan mewah.

Seperti diketahui, Kijang Innova terbaru kini punya varian yang sebelumnya tidak ada, yakni Luxury Grade. Varian ini hadir untuk menemani Innova Venturer.

Baca juga  Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, Nyaman Mana?

Khusus untuk Luxury Grade, Kijang Innova baru sisi interiornya mengalami peningkatan, melalui hadirnya jok captain seat berkelir hitam, meja kursi baru, panel instrument baru dengan ornament kayu dan disematkan emblem Luxury di sisi eksteriornya.

Tak hanya itu saja, pada varian G sistem hiburannya pun ditingkatkan, melalui hadirnya head unit baru berukuran 8 inci dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring.

Sementara pada varian V menggunakan New Versatile 9” Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. Khusus untuk varian New Venturer, menggunakan New Comprehensive 9” Head Unit yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

3. Toyota Kijang Innova, Punya Varian Baru

Kijang Innova kini tersedia dalam varian baru
Perbedaan Kijang Innova baru Vs lama paling menonjol ialah hadirnya varian Luxury Grade

Toyota Astra Motor (TAM) menambah varian bagi Toyota Kijang Innova facelift 2020. Tentunya ini menjadi salah satu perbedaan Kijang Innova baru Vs lama yang paling mencolok.

Ada varian Luxury Grade (G Luxury bensin dan V Luxury bensin) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah yang sebelumnya hanya ada di tipe Q dan Venturer.

Hadirnya varian baru ini tak hanya memberikan tambahan pilihan bagi pelanggan. Namun juga menawarkan kenyamanan kabin lebih baik bagi keluarga Indonesia.

Kijang Innova Luxury dan Venturer terbaru juga dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam kabin mobil serta dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Baca juga  7 Fitur Terbaru Mitsubishi Xpander Facelift

Fitur kesehatan ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Mesin Tak Alami Perubahan

beli toyota innova bekas
Mesin bensin Toyota Kijang Innova

Namun sangat disayangkan, tidak ada ubahan pada sektor jantung pacunya. Jadi tidak ada perbedaan Toyota Kijang Innova baru Vs lama pada sisi yang satu ini.

Model ini masih mengusung dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Jantung mekanisnya yang berbahan bakar bensin pakai kubikasi 2.000 cc bertenaga 139 PS atau setara 137 Hp dan torsi 18,7 kgm atau setara 183 Nm.

Sedangkan untuk mesin Toyota Innova diesel menggunakan mesin 2.400 cc VNT Intercooler. Depot daya tersebut sanggup menghasilkan tenaga 149 ps atau setara 147 tk dan torsi 36,7 kgm atau setara 359 Nm.

Kedua mesin ini juga masih mengusung pilihan transmisi yang sama dengan sebelumnya, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Sekadar informasi, Toyota Kijang Innova tersedia dalam 16 varian yakni tipe G, V, Grade Luxury dan Venturer. Banderolnya untuk varian bensin mulai dari Rp 337,6 sampai Rp 455,5 juta (OTR Jakarta). Sementara harga Innova varian diesel yang termurah Rp 368,7 dan paling mahal Rp 495,7 juta (OTR Jakarta).

Untuk informasi menarik soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga:

Terbaru