by

Estimasi Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi Vs Umum

Berapa sebenarnya besaran biaya cat mobil full body? Pertanyaan ini kerap terlontar dari para pemilik mobil yang sudah berumur, atau ingin melakukan perbaikan pasca terjadi kecelakaan.

Sejatinya biaya cat mobil full body bisa disesuaikan dengan bujet yang kalian punya. Asalkan kalian cermat memilih jasa pengecatan.

Biasanya pengecatan mobil bisa dilakukan di bengkel umum ataupun resmi. Dua pilihan itu menawarkan harga cat mobil yang tentunya berbeda-beda.

Masih banyak pemilik beranggapan dengan mengecat ulang kendaraan lawasnya. Dapat mengembalikan warna mobil yang kerap sudah usang dan sulit direstorasi.

Alasan lainnya yang mendorong pemilik mobil mengecat ulang, juga bisa disebabkan oleh goresan yang cukup dalam karena terserempet. Untuk kalian yang ingin cat full body mobil, kini bisa memilih menggunakan jasa bengkel resmi ataupun umum.

Biaya cat full body mobil biasanya berbeda antara bengkel umum dan juga resmi. Layanan body repair pabrikan, biasanya cenderung lebih mahal, jika kalian menggunakan bengkel umum.

Sebelum itu, alangkah baiknya kalian memastikan dahulu kualitas pengerjaan dan harga yang ditawarkan bengkel cat mobil pilihan kamu. Carilah bengkel yang memberikan jaminan kualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Untuk memastikan bengkel pengecatan punya kualitas yang baik. Tak ada salahnya kalian mencari referensi dari kerabat yang memakai asuransi mobil mengenai kualitas bengkel yang pernah digunakan.

Sebagai gambaran untuk kalian, biasanya harga mengikuti kerusakan ataupun seberapa luas body yang akan di cat kembali. Untuk biaya cat mobil full body tentunya akan cenderung lebih mahal.

Nah, yang tak kalah penting, dalam memilih bengkel body repair. Jangan melihat dari kondisi bengkelnya yang sederhana. Karena tak jarang, asuransi mobil justru bekerja sama dengan body repair non resmi untuk menekan harga perbaikan.

Baca juga  Jangan Kaget, Segini Biaya Service Power Steering

Meski punya harga yang murah, terkadang garapan bengkel body repair yang terlihat sederhana tersebut, punya kualitas yang tak jauh berbeda dengan kualitas bengkel resmi.

Harga Cat Mobil Full Body

Segini estimasi biaya cat mobil full body
Segini estimasi biaya cat mobil full body

Berdasarkan hasil penelusuran Moladin, biaya cat mobil full body cukup beragam. Proses pengecatan full body di bengkel umum biasanya mengandalkan metode cat oven atau dijemur biasa di bawah terik matahari.

Sekadar informasi, dalam menentukan bengkel body repair, apalagi untuk kamu yang ingin melakukan pengecatan full body. Pilihlah bengkel cat yang menyediakan opsi cat berkualitas bagus.

Dalam hal ini kalian perlu lebih teliti, Sob dalam memilih bengkel cat mobil non resmi, dan jangan tergiur dengan banderol yang murah. Karena ditakutkan kalian akan mendapatkan hasil pengecatan yang belang, karena hanya mengejar harga murah dan cepat selesai.

Daripada penasaran, berikut kami berikan gambaran mengenai biaya cat mobil full body di bengkel umum dan juga bengkel resmi:

Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Umum

Biaya cat mobil full body
Kisaran biaya cat mobil full body di bengkel umum

Menurut hasil penelusuran kami, biaya cat mobil full body di bengkel umum mulai dari Rp 4 jutaan. Tergantung dari penggunaan cat yang digunakan.

Sebagai contoh pengecatan full body dengan bahan Blinken,Apsara, DuPont, Nippon Paint, harganya mulai dari Rp 4.000.000. Tergantung pada kondisi body dan pilihan warna.

Sementara jika menggunakan bahan cat Spies Hecker atau Sikkens harga mulai dari Rp 6,5 juta sampai Rp 9 juta. Kembali lagi harga tersebut tergantung besar body dan pilihan warna.

Baca juga  7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar, Kok Bisa?

Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi

Estimasi biaya cat mobil full body di bengkel resmi
Estimasi biaya cat mobil full body di bengkel resmi

Sedikit berbeda dengan biaya cat mobil full body di bengkel resmi. Jika kalian memanfaatkan layanan body repair di bengkel resmi cenderung sedikit lebih mahal.

Sebagai contoh layanan body repair Auto2000 selaku main dealer Toyota di Indonesia. Biasanya mematok harga mulai dari Rp 7 juta untuk pengecatan mobil kecil seperti Toyota Agya.

Kalau untuk biaya pengecatan mobil besar seperti Toyota Fortuner dan lainnya. Biaya yang diperlukan mencapai Rp 17 jutaan.

Gimana sekarang sudah ada gambaran pastinya mengenai biaya cat mobil full body. Harga tersebut hanya sebatas biaya pengecatan. Kalau ditambah body repair, dengan kondisi yang lebih parah, banderolnya akan semakin mahal.

Jadi sebaiknya kalian cermat dalam memilih bengkel yang cocok dengan bujet dan dekat dari rumah kalian. Kalau ingin memanfaatkan bengkel umum, cari referensi yang pernah menggunakan jasanya terlebih dahulu.

Tak ada salahnya juga untuk kalian menggali informasi dari review di google maps atau forum otomotif soal bengkel tersebut. Usia bengkel biasanya juga mempengaruhi kualitas yang diberikan.

Pasalnya semakin lama usia bengkel, maka semakin banyak juga pengalaman teknik pengecatan dan juga biasanya punya pelanggan tetap.

Pertimbangan Sebelum Cat Full Body Mobil

Pertimbangan sebelum cat full body mobil
Pertimbangan sebelum cat full body mobil

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan, selain biaya cat mobil full body adalah penggunaan bahan yang digunakan. Bengkel cat yang punya fasilitas lengkap, maka proses pengerjaannya lebih baik.

Baca juga  Daftar Biaya Ketok Magic Vs Bengkel Bodi Repair

Pengeringan dengan ruang oven lebih sempurna, ketimbang yang cuma dijemur di bawah panas matahari. Bengkel body repair biasanya memakai cat merek DuPont untuk standarnya atau yang juga dikenal dengan cat Duco yang berasal dari DuPont Corporation dan juga merek Nippon Paint.

Bagi pemilik mobil yang ingin kualitas cat lebih baik, bisa memilih cat mobil berkualitas diantaranya yaitu Stansdoke, Spies Hecker, dan Sikkens. Harga yang ditawarkan jelas berbeda dan biasanya lebih mahal.

Selanjutnya untuk pengerjaan cat mobil di bengkel resmi, tentu sudah mengikuti standar pabrikan baik dari bahan atau cara pengerjaan. Pengerjaannya kini bisa cukup cepat, dengan memakan waktu sekitar delapan jam.

Lamanya waktu pengerjaan bisa dianggap seharian, kurang lebih hampir mirip seperti bengkel cat umum. Kendalanya, kalau memanfaatkan layanan bengkel resmi adalah panjangnya antrian mobil yang akan melakukan perbaikan body.

Pemilik mobil banyak yang mengajukan klaim perbaikan ke pihak asuransi dengan memperbaiki kerusakan di bengkel resmi. Jaminan warna cat garapan bengkel resmi akan sama dengan bawaan asli mobil.

Selain itu, bengkel perbaikan bodi dan cat yang resmi, punya formula dan bahan yang sesuai standar pabrikan. Mereka bisa melakukan oplosan untuk warna dan bahan cat yang tepat dan itu belum tentu didapat dari bengkel cat umum.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian, Sob!

Baca juga:

Terbaru