by

Biaya Servis ECU Mobil, Seberapa Mahal?

Mobil kamu bermasalah dengan ECU? Namun tidak tahu mengenai berapa besaran biaya servis ECU mobil? Supaya bisa melakukan persiapan bujet, ada baiknya simak ulasannya berikut ini.

Kerusakan mobil sering kali tidak hanya dari komponen mekanikal, tetapi untuk urusan elektikal juga kerap menghantui. Jika mobil kamu sudah mengalami masalah pada ECU, sudah pasti mobil tidak akan maksimal dalam kinerjanya.

ECU sendiri adalah Electronic Control Unit atau otak dari sistem elektikal pada mobil. Pada komponen ini, semua fitur bergantung karena ini adalah sirkuit elektronik utama. ECU juga melakukan kontrol atas satu atau lebih sistem atau subsistem dari sebuah kendaraan.

Dengan adanya ECU, salah satu manfaat yang didapat adalah membuat sistem pengapian kendaraan menjadi lebih efisien. Selain itu, ECU juga bisa memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Lebih dari itu, untuk fungsi lain dari ECU mobil adalah bisa melakukan deteksi terhadap kerusakan serta menyesuiakan kinerja pengapian yang dibutuhkan kendaraan sesuai dengan kebutuhannya.

Jika membahas secara teknis, dengan adanya komponen ini juga mampu menentukan durasi kinerja injeksi bahan bakar pada injector. Melalui fitur yang ada di dalamnya, maka ECU akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan campuran antara udara dan bahan bakar ke ruang mesin.

Baca juga  5 Cara Menguras Radiator Mobil, Jangan Asal!

Namun jika komponen ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, bisa jadi ada yang tidak beres. Jika komponen ini rusak, salah satu dampaknya adalah mesin menjadi susah dinyalakan walaupun sudah distarter berkali-kali.

Selain itu, kerusakan pada ECU juga bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros meskipun jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Hal ini disebabkan salah membaca sistem yang terjadi di ECU.

Berapa biaya untuk servis ECU mobil?

servis ECU mobil
Biaya Servis ECU Mobil cukup mahal

Untuk menjawab pertanyaan ini, kami sudah berkonsultasi dengan mekanik Engineblock Autoworks, Hadi Taruna alias Hatar. Tuner yang sudah hatam dengan mobil Peugeot ini memberikan beberapa informasi terkait servis ECU mobil jika diperlukan.

Namun, karena harga komponen ini cukup mahal, ada kalanya kamu mendatangi dulu bengkel resmi atau bengkel rekanan agar mengetahui apakah permasalahan pada mobil kamu benar dari ECU atau bukan.

Menurut Hatar, untuk biaya servis ECU mobil biasanya berkisar dari harga jutaan sampai belasan juta. Hal ini dikarenakan komponen tersebut sangat sensitif dan tidak boleh sembarangan di setting.

“Berapa kisaran biaya untuk servis ECU mobil? Kita bicara estimasi ya, karena kan berbeda-beda harganya. Kalau untuk servis itu, ya dimulai dari harga Rp 2,5 juta. Bahkan, bisa saja konsumen mengeluarkan biaya  sampai belasan juta mungkin untuk menservisnya,” buka Hatar.

Baca juga  Uji Emisi di Auto2000 Gratis, Ini Syaratnya

Jika ECU mobil masih bisa diservis, maka jalan terbaiknya adalah memang mengikuti anjuran dari mekanik. Sementara untuk ECU mobil yang tidak bisa diservis, maka kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena harga unit baru untuk ECU mobil ini sangat mahal.

“Kalau memang harus diganti, itu kalau kita bicara beli baru ya harganya belasan juga sampai puluhan juta. Tapi kalau kita beli ECU dengan kondisi yang seken atau bekas, mungkin kisaran harganya ada di Rp 5 jutaan sampai belasan juta saja,” tambah Hatar.

Harga tersebut juga tidak mengingat pada satu tipe mobil saja. Karena harga ECU tersebut juga tergantung mobil apa yang kamu pakai. Namun, untuk estimasinya kamu bisa persiapkan dana yang sudah kami berikan di atas.

Penyebab ECU mobil rusak

Servis ECU Mobil
Penyebab ECU mobil rusak

Kerusakan ECU mobil ini memang tidak bisa ditebak. Meski biasanya ada indikasi awal yang mengerucut pada kerusakan komponen tersebut, kamu juga jangan melakukan beberapa hal yang dilarang oleh pabrikan.

Hatar juga memberikan penjelasan terkait penyebab bagian tersebut rusak. Salah satu hal yang disorot oleh mekanik yang doyan kuliner ini adalah jangan melakukan remap sendiri. Pasalnya ketika kamu melakukan remap ECU tanpa mengetahui dasarnya, ECU mobil kamu mungkin akan langsung mengalami kerusakan.

Baca juga  Estimasi Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi Vs Umum

Fatalnya, jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki maka kamu harus mengganti ECU dengan harga yang sangat mahal.

Namun, penyebab lainnya adalah dari usia pemakaian. Memang, untuk penyebab yang satu ini adalah faktor usia dari ECU itu sendiri. Bukan tidak mungkin mobil yang sudah memiliki usia 10 tahun lebih akan mengalami kerusakan pada bagian tersebut.

Faktor lainnya adalah arus pendek pada masalah kelistrikan mobil. Hal ini akan menyebabkan tegangan listrik yang menyuplai ECU akan menyebabkan kinerja ECU menjadi terganggu. Arus pendek listrik tersebut akan memengaruhi kinerja dari otak mobil tersebut.

Penyebab lainnya adalah karena ECU ini terkena air. Nah, untuk hal ini terkait saat kamu melintasi banjir. Jangan memaksakan mobil untuk melintasi kawasan banjir yang terlalu parah. Hal ini akan menyebabkan ECU menjadi rusak dan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Mulai dari sekarang, kamu harus rajin-rajin untuk meminta kepada bengkel resmi atau bengkel rekanan untuk mengecek kondisi ECU mobil kamu ya!

Simak informasi otomotif terbaru di moladin.com

Terbaru