oleh

BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-In Hybrid Bakal Mengaspal Maret

BMW bakal melengkapi line-up produk ramah lingkungan mereka dalam waktu dekat, melalui BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid.  Informasi tersebut diungkapan oleh rilis resmi BMW global.

Produk-produk plug-in hybrid BMW itu akan tersedia pula untuk varian sedan touring. Nah, yang menjadi perhatian tentunya varian entry-level BMW 3 Series Plug-in Hybrid. Kemungkinan bakal laris manis secara global, dan bisa jadi bakal dipasarkan di Indonesia. 

Ditambah lagi, Indonesia sudah jadi basis perakitan untuk seri 3 dan seri 5. Bukan tidak mungkin mobil hibrida itu bakal pula dirakit di Tanah Air.

Menurut rilis resmi yang kami terima, pabrikan asal Jerman itu menyiapkan BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid untuk mulai dipasarkan pada bulan Maret 2021 secara global. Hanya saja kapan masuk Indonesia? Itu yang masih jadi pertanyaan besar.

Khusus untuk Seri 3, nantinya BMW akan menjajakan empat model plug-in hybrid. Di mana tiga varian diantaranya tersedia secara opsional dengan BMW xDrive.

Sedangkan untuk BMW Seri 5 plug-in hybrid, rencananya bakal ditawarkan dalam lima model. Seluruh produk Seri 5 hybrid diklaim menawarkan karakteristik yang sportif, nyaman digunakan untuk kesaharian, dan perjalanan dengan pilihan mengemudi yang bebas emisi.

Baca juga  Harga BMW 330i M Sport 2021, Tembus Rp 1 Milar

Pada seri 5 hybrid, dari lima model yang nantinya dipasarkan. Tiga di antaranya menyajikan pilihan penggerak empat roda alias All Wheel Drive (AWD) sebagai standar ataupun sebagai opsi.

Kehadiran sejumlah produk BMW Seri 3 dan Seri 5 hybrid diklaim BMW untuk mendongkrak penjualan di tahun keuangan (fiscal year) 2021. BMW memproyeksikan bahwa kendaraan dengan sistem penggerak listrik sekitar 50 persen berkontribusi.

BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid Untuk Perkuat Pasar Pabrikan

BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid
BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid

Jenama asal Jerman itu berencana untuk menawarkan 15 model BMW dan satu model MINI dengan penggerak Plug-in Hybrid mulai Maret 2021. Dari belasan model, sebagian dari BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid.

Dengan semakin lengkapnya line-up produk BMW, sebagai wujud rencana besar pabrikan untuk memasarkan 25 kendaraan bertenaga listrik hingga tahun 2023 mendatang.

Adapun jajaran produk BMW Seri 3 dan Seri 5 Plug-in Hybrid antara lain BMW 320e Sedan, BMW 320e Touring, BMW 320e xDrive Touring, BMW 520e Sedan, dan BMW 520e Touring

Jajaran entry-level BMW Seri 3 plug-in hybrid dan BMW Seri 5 plug-in hybrid mengandalkan mesin bensin 4-silinder 2.0 liter dengan tenaga 120 kW setara dengan 163 hp yang dikombinasikan dengan motor listrik. Kombinasi mesin bensin dan elektrik mampu menyemburkan tenaga 150 kW atau setara dengan 204 hp.

Baca juga  BMW 320i Touring M Sport Masuk Indonesia, Cuma 40 Unit

Kedua sumber tenaga tersebut mengirimkan torsi ke roda belakang melalui transmisi Steptronic 8-percepatan atau ke keempat roda sesuai kebutuhan dengan bantuan sistem xDrive.

Selain output sistem 150 kW, pengiriman tenaga spontan dari penggerak hibrida plug-in dan torsi sistem maksimum 350 Nm memastikan kapasitas sprint tingkat tinggi dan karakteristik mengemudi yang sporty.

Sebagai contoh BMW 320e Sedan mampu menghasilkan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 7,6 detik dan mencapai kecepatan maksimal 225 km/jam.

Sedangkan untuk BMW 520e Touring baru menghasilkan akselerasi dari diam ke 100 km/jam dalam 8,2 detik dengan kecepatan tertinggi 218 km/jam.

Sekadar informasi, ketika menggunakan mode berkendara murni elektrik, model hibrida plug-in baru dari kedua seri di atas dapat mencapai kecepatan maksimal 140 km/jam.

Baca juga:

Terbaru