Ini Dia 5 Model Jaket Motor Terbaik untuk Anda

Jaket Motor Terbaik – Selain melengkapi surat – surat sebelum berkendara, Anda perlu meningkatkan segi keamanan seperti memakai jaket. Meski tidak dianggap sepenting helm, tetapi perlengkapan tersebut tetap harus diperhatikan agar dapat melindungi tubuh dari terpaan angin atau cuaca kurang bersahabat.

Memilih jaket berkendara haruslah berfungsi dengan baik, tetapi mempertimbangkan aspek model pun tidak salah agar tetap tampil gaya. Berikut lima rekomendasi untuk Anda!

1. Jaket Motor Terbaik Jaket Bomber

Jaket Bomber

Jaket bomber sudah dikenal puluhan tahun lalu sebagai seragam pilot militer pada Perang Dunia I, karena menggunakan bahan tebal dan hangat. Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi tubuh dari tekanan serta suhu udara saat menerbangkan pesawat.

Pada tahun 1980-an, film – film bertema aeronautika menampilkan para pemain berjaket bomber, sehingga menjadi tren sampai saat ini. Selain dari bahan, ciri khas pelindung ini memiliki rit sleting di bagian depan dan dilengkapi dengan aksesori lain.

Ada empat bahan untuk pembuatan jaket bomber. Masing – masing menawarkan kelebihan tersendiri. Namun, dalam hal berkendara, parasut dan fleece merupakan pilihan terbaik. Selain menghangatkan tubuh, dapat menyerap air serta mudah dibersihkan.

2. Jaket Motor Terbaik Jaket Parka

Jaket Parka

Mula – mula jaket parka hanya dipakai oleh militer angkatan udara pada 1950-an untuk melindungi tubuh dari cuaca ekstrem. Namun, 20 tahun kemudian menjadi tren fashion di Amerika dan sangat digemari oleh kalangan muda.

Bahan pembuat jaket parka adalah cotton twill, kanvas, dan taslan. Khusus untuk berkendara, pilihan kain nomor dua serta tiga sangat direkomendasikan agar dapat melindungi tubuh dari segala macam cuaca.

Adapun empat kelebihan jaket parka, antara lain: efektif memberikan kehangatan pada tubuh, ringan, memiliki sirkulasi udara baik, dan harga relatif terjangkau.

Dari keunggulan – keunggulan tersebut, maka sangat cocok untuk dijadikan perlengkapan berkendara. Selain dapat menjadi pelindung terbaik, kenyamanan Anda tetap terjaga, sehingga tidak mengganggu akselerasi.

3. Jaket Motor Terbaik Jaket Cagoule

Jaket Cogaule

Jaket cagoule merupakan perkembangan dari model windbreaker. Memiliki tudung bulat dengan tali, ritsleting pendek, dan kantong di bagian perut, penamaan di setiap negara berbeda – beda. Bahkan, di Australia justru disebut parka.

Secara harfiah, windbreaker berarti pelindung dari terpaan angin. Namun, fungsi lain dari jaket ini dapat menangkis hujan rintik – rintik, karena biasa menggunakan bahan parasut agar lebih nyaman digunakan di luar ruangan.

Pada awal pembuatan, jaket windbreaker dimaksudkan untuk mantel versi ringan. Namun, setelah mengalami perkembangan, bahan – bahan sintetis lain pun digunakan agar mendapatkan penampilan berbeda.

Fitur jaket cagoule adalah pada bagian tudung terkadang bisa dilepas dan kantong pada perut difungsikan untuk menyimpan barang -barang tertentu ketika hujan turun. Di luar negeri sendiri lazim digunakan saat musim hangat di mana angin akan berembus lebih kencang.

Jadi, dapat disimpulkan cagoule memang cocok untuk perlengkapan berkendara Anda, karena akan melindungi tubuh secara maksimal. Selain itu, penelitian tahun 2012 mendapatkan hasil bahwa jaket ini ampuh menunda proses hipotermia, meski berbahan ringan.

Baca Juga :

 

4. Jaket Balap

Jaket Balap

Berbeda dari jenis – jenis di atas, jaket ini tidak hanya cocok digunakan berkendara sehari – hari, melainkan touring atau perjalanan jarak jauh. Hal tersebut disebabkan karena terdapa telemen pelindung pada bagian – bagian tubuh vital, antara lain: dada, tulang leher, tulang belakang, lengan, sikut, dan tulang kering.

Bahan paling populer dalam pembuatan jaket balap adalah kulit sapi. Ini pun sudah memenuhi standar Eropa. Selain itu, dipadukan dengan kain kevlar. Untuk elemen pelindung, material berasal dari magnesium.

Pada jaket balap sekelas MotoGP, elemen pelindung berasal dari kantong udara dan akan mengembang selama minimal lima detik ketika pengendara terjatuh dari kendaraan.Pelopor merek yang menggunakan teknologi canggih tersebut adalah Alpinestars.

Kantong udara tersebut berisi gas nitrogen dan mengembang menggunakan tenaga yang berasal dari batrei. Kecanggihan lain dari jaket balap adalah terdapat teknologi dual charge, sehingga dapat bekerja sekali lagi ketika pengendara terjatuh dari motor.

Pada tahun 2007, fitur elemen keselamatan tersebut pun bertambah dengan penyematan perangkat elektronik yang dapat merekam berbagai gerakan fisik pengendara, sehingga memudahkan dalam proses identifikasi ketika terjadi kecelakaan.

5. Jaket Fleece

Jaket Fleece

Jenis jaket berkendara satuini paling nyaman digunakan, karena memiliki tekstur lembut dan hangat di tubuh. Selain itu, dikenal sebagai kain ramah lingkungan. Dalam proses pembuatan, limbah daur ulang seperti plastik bekas biasa digunakan.

Adapun empat kelebihan jaket fleece, antara lain:

1. Dapat menyerap air hujan dengan lebih baik

2. Lebih cepat kering

3. Memiliki sirkulasi udara yang baik

4. Cenderung bersifat elastis

Berkendara menjadi aman sekaligus nyaman, bukan?

Itulah lima model jaket terbaik untuk berkendara. Manakah pilihan Anda? Pastikan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Ingin membeli Jaket – Jaket ini ini dengan mudah dan terdapat berbagai pilihan dari merek – merek terkenal? Kunjungi saja situs Moladin!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *