by

3 Model BMW Seri X Terbaru Meluncur di Indonesia

BMW Group Indonesia resmi meluncurkan tiga model BMW Seri X terbaru untuk pasar Indonesia, yakni X1, X3, dan X5 teranyar. Ketiga produk yang telah dirakit lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta itu kini tampil lebih segar.

Hal tersebut dilakukan pabrikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Kehadiran BMW Seri X terbaru diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang mendambakan sebuah SUV premium yang lengkap.

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia menjelaskan, kehadiran BMW Seri X terbaru sebagai produk baru pertama yang meluncur di tahun ini. Bertujuan untuk memperkuat posisi BMW di pasar SUV premium di Indonesia.

“Seluruh pengembangan dan penambahan fitur baru pada masing-masing model, kami lakukan berdasarkan masukan konsumen dan riset internal,” ujar Ramesh.

Lalu seperti apa sebenarnya sosok 3 model BMW Seri X terbaru? Mengingat line-up produk X-Series berkontribusi besar dalam penjualan BMW di Indonesia.

Mengupas Jajaran Produk BMW X-Series Facelift

X1, salah satu model teranyar dari BMW Seri X terbaru
X1, salah satu model teranyar dari BMW Seri X terbaru

Seperti dijelaskan sebelumnya, 3 model BMW Seri X terbaru meluncur di Indonesia, yakni BMW X1, yang kini memiliki varian baru sDrive18i. Lalu ada X3 melalui varian sDrive20i yang mengusung sejumlah penyegaran, serta BMW X5 melalui varian xDrive40i xLine yang kini tersedia dalam tiga baris.

Baca juga  10 Mobil Terunik di Dunia, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Anindyanto Dwikumoro selaku Product Planning BMW Group Indonesia menjelaskan, BMW X1 sDrive18i melengkapi varian sDrive18i xLine yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

“X1 sDrive18i punya desain lebih sporty dari dari model sebelumnya. Bisa dilihat pada bagian bumper depan dan belakang yang dihiasi warna hitam, diffuser sesuai warna bodi, dengan pelek baru berukuran 18 inci,” ujar Anindyanto.

Pada varian X1 sDrive18i juga dibekali dengan comfort seat bagi pengemudi dan penumpang depan. Tersedia juga Comfort Access, fitur ini membuat pengemudi ataupun penumpan lebih mudah mengakses pintu tanpa memencet tombol di kunci serta pengoperasian buka-tutup bagasi tanpa menyentuh.

Sementara terkait mesin, mobil ini dibekali jantung pacu berkapasitas 1.5 liter twinturbo 3-silinder yang mampu memproduksi 140 daya kuda dengan torsi 220 Nm. Oh ya, pembeda dengan varian lainnya, untuk sDrive18i dibekali dengan Parking Assistant dan kamera parkir.

Penyegaran di BMW X3 dan X5 Terbaru

BMW X3 terbaru usung sejumlah ubahan
BMW X3 terbaru usung sejumlah ubahan

Perbedaan yang cukup mencolok pada BMW Seri X terbaru rasanya terjadi pada model X3. Di mana sentuhan penyegaran cukup terasa. Sementara X5 hanya berubah di sisi interiornya.

Meski masih tersedia dalam satu varian saja, yakni sDrive20i. Namun BMW X3 terbaru terlihat mengalami ubahan eksterior yang lumayan menarik.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Suzuki Ertiga, Benarkah Irit?

Di mana BMW X3 sDrive20i terbaru punya pelek dengan desain baru V-spoke 692 berukuran 19 inci. Tersedia panorama glass roof untuk menunjang kesan mewah semakin terasa.

Istimewanya, panorama glass roof yang tersedia di X3 sDrive20i sudah dilengkapi dengan roller protection dan wind deflector sebagai standar yang dioperasikan menggunakan satu tombol.

Nah, fitur lain yang tersedia pada mobil ini dibekali dengan gearshift paddle di kemudi untuk penggantian transmisi lebih mudah. Guna menunjang kesan mewah semakin terasa, BMW memberikan interior black high gloss.

Sedangkan untuk dapur pacu, mengandalkan mesin 2.000 cc twinturbo bertenaga 184 hp dan torsi 300 Nm.

X5 teranyar kini tersedia untuk 7-penumpang
X5 teranyar kini tersedia untuk 7-penumpang

Menurut Anindyanto, perubahan paling banyak terjadi untuk BMW Seri X terbaru lebih di varian X1 dan X3. Karena secara eksterior X5 tidak mengalami perubahan.

Pembeda dengan model yang lama, BMW X5 xDrive40i xLine kini tersedia jok baris ketiga. Alhasil daya tampung jadi lebih besar, hingga 7-penumpang.

Berkat ubahan itu, BMW Indonesia mengklaim bahwa jok pada baris kedua diubah makin nyaman dengan penambahan sistem elektrik untuk maju mundur buat meningkatkan ruang kaki penumpang paling belakang dan dilengkapi Comfort Cushions yang dibalut bahan Alcantara.

Baca juga  Setiap Logo Bugatti Membutuhkan Waktu Produksi 10 Jam

Ubahan lain di sisi interior pada BMW X5 juga terasa pada sistem hiburan yang kini dibekali dengan audio Harman Kardon 16-speaker berikut power amplifier 464 watt.

Mobil itu juga dibekali dengan Driving Assistance, Parking Assistant Plus yang meliputi surround view, kamera 360 derajat, panorama view, serta 3D view. Driving Assistance yang tersedia di BMW X5 meliputi Crossing Traffic Warning, Lane Departure Warning, dan Lane Change Warning.

Menyoal mesin, masih sama mengandalkan jantung pacu berkapasitas 3.0 liter twinturbo 6-silinder. Mesin itu mampu memproduksi tenaga sebesar 340 hp dengan torsi 450 Nm.

Tenaga disalurkan ke semua roda via sistem All-Wheel Drive (AWD) melalui transmisi sport steptronic 8-percepatan.

Seluruh produk BMW Seri X terbaru juga dibekali dengan alat pemadam kebakaran ringan (APAR) sesuai peraturan Kementerian Perhubungan. Semoga informasi mengenai BMW Seri X terbaru dapat bermanfaat.

Daftar Harga BMW Seri X Terbaru

  • BMW X1 sDrive18i Rp760 juta
  • BMW X3 sDrive20i Rp1,101 miliar
  • BMW X5 xDrive40i Rp1,771 miliar

Baca juga:

Terbaru