Jumat, Juli 5, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bocoran BYD M6 yang Akan Rilis di GIIAS 2024, MPV Listrik Rival Innova Zenix

by Tigor Sihombing
BYD M6

Rumor terkait bocoran BYD M6 untuk pasar Tanah Air kian deras. Kabar paling santer menyebutkan jika mobil ini akan resmi diperkenalkan di event otomotif akbar GIIAS 2024.

BYD M6 adalah sebuah MPV listrik berbodi bongsor seukuran Toyota Kijang Innova Zenix. Mobil berkapasitas 7 orang penumpang ini memiliki dimensi panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.690 mm dengan jarak sumbu roda 2.800 mm.

Ukuran M6 ini sedikit lebih pendek dari Kijang Innova Zenix baru dengan yang memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm plus jarak sumbu roda 2.750 mm.

Kepastian BYD M6 segera mengaspal di Indonesia juga lantaran sosoknya beberapa kali sempat terlihat wara-wiri di jalanan meski malu-malu tertutup jubah kamuflase. Sebelumnya di awal tahun mobil ini juga terlihat jalan di Thailand, juga dalam sifat uji coba. Belum tahu apakah BYD M6 akan rilis dahulu di Thailand atau di Indonesia.

Spy shot BYD M6 tanpa kamuflase memperkuat sinyal peluncurannya
Spy shot BYD M6 tanpa kamuflase memperkuat sinyal peluncurannya

Bahkan di awal tahun 2024, pada Bangkok International MotorShow 2024, BYD Song Max EV diperkenalkan. Mobil inilah yang didiga menjadi cikal bakal hadirnya BYD M6.

Baca juga  Blue Bird Jual Mobil Listrik BYD E6 Bekas Taksi, Berapa Harganya?

Terkait kehadiran mobil baru tersebut, pihak BYD pun memberikan pemaparan jika setiap kendaraan BYD yang ditest di Tanah Air kemungkinan juga akan di jual di Indonesia.

“Mengenai produk, BYD berkomitmen memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Kami sekarang melakukan studi untuk model-model yang berbeda,” kata Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia (BMI), beberapa waktu lalu.

“Tak perlu diragukan bahwa MPV merupakan model yang penting dan strategis serta mewakili pasar otomotif Indonesia,” tambahnya.


Zhao meminta publik untuk bersabar dan memberi waktu untuk BYD berkenaan dengan rencana ke depan menghadirkan MPV. “Mohon bersabar dan beri BYD waktu. Kami akan memilih waktu yang tepat untuk melakukan pengumuman resmi,” tambahnya.

Spesifikasi BYD M6

image848
BYD M6 tertangkap kamera di Indonesia

Mengacu pada sumber Thaiand, BYD M6 diklaim mampu menjelajah sejauh 500 km dengan metode NEDC saat baterainya terisi penuh. Mobil ini menggunakan Blade Battery buatan BYD sendiri dengan daya 71,8 kWh.

Untuk akselerasi, BYD M6 dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,6 detik. Kemampuan ini berkat kekuatan permanent magnet synchronous motor berdaya 204 hp dan torsi 310 Nm yang dijejali padanya.

Baca juga  Harga Yangwang U9 Bikin Kaget, supercar listrik dari Cina!

BYD M6 mengusung jenis pengisian daya AC 7 kW dan Ultra Fast Charging DC hingga 115 kW. Dari kondisi baterai tinggal 10 persen hingga terisi sampai 80 persen, hanya perlu waktu 40 menit.

Tampilan belakang BYD M6
Tampilan belakang M6

Mobil ini juga sudah didukung dengan fitur Vehicle to Load (V2L), yang memungkinkan mobil ini digunakan sebagai genset berjalan saat dibutuhkan untuk menyalakan perangkat listrik.

BYD M6 hadir dengan berbagai fitur canggih. Beberapa di antaranya adalah:

  • Panoramic Glass Roof: Memberikan pandangan luas ke luar.
  • Camera 360 Derajat: Membantu parkir dan manuver di ruang sempit.
  • Sistem Semi Otonom (ADAS): Membantu pengemudi dengan fitur-fitur seperti lane keeping assist dan adaptive cruise control.
  • Layar Infotainment 12,8 Inci: Layar ini bisa diposisikan vertikal maupun horizontal (rotating), dilengkapi dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.
  • Sistem AC Dual Zone: Memungkinkan pengaturan suhu yang berbeda untuk pengemudi dan penumpang.
  • Wireless Charging: Memudahkan pengisian daya perangkat elektronik tanpa kabel.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga GAC M6 Pro 2024, Calon Rival Innova Zenix

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika