by

Bocoran Royal Enfield Meteor 350, Motor Retro Rp31 Jutaan

Bocoran Royal Enfield Meteor 350 – Motor retro terbaru dari Royal Enfield tidak lama lagi siap meluncur di India. Kuda besi ini disebut-sebut punya nama Meteor 350.

Kabar peluncuran Meteor 350 diberitakan oleh media otomotif Negeri Bollywood, Indianautosblog. Mereka mengatakan kehadiran saudara Royal Enfield Classic 350 tersebut segera terlaksana, seiring kebijakan pelonggaran lockdown di India.

Sebelum benar-benar meluncur, berbagai informasi sudah terkuak di dunia maya terkait motor ini. Termasuk soal harga yang kabarnya cukup terjangkau.

Ingin tahu lebih lengkap? Simak detail bocoran Royal Enfield Meteor 350 lewat tulisan berikut:

Desain Royal Enfield Meteor 350 Tetap Beraura Klasik

desain meteor 350
Reka gambar untuk Meteor 350 desainnya klasik namun dengan pelek palang

Bocoran untuk Royal Enfield Meteor 350 yang kami dapat, desainnya masih mengusung aura klasik. Dari spyshot tampak bahwa lampu depan dan belakangnya bergaya bulat. Begitu pula dengan speedometer, dan spion.

Kemudian yang jadi pembeda dengan Classic 350 ada di jok serta pelek. Jok Meteor 350 tidak pakai per dan posisinya lebih rendah. Desain joknya juga dibuat lebih lebar untuk kenyamanan pengendara.

Baca juga  Kawasaki W250 Produksi Lokal Akan Dijual? Harga Dijamin Murah

Beberapa media India mengatakan, pengunaan jok dengan gaya tersebut dimaksudkan agar penunggang pemula lebih percaya diri. Maklum, target pasar dari motor ini lebih ke bikers baru.

Soal pijakan kaki, Meteor punya posisi yang agak ke depan. ALhasil berkendara jadi semakin rileks. Posisi setang juga dibuat cukup tinggi supaya tangan tidak cepat lelah.

Lalu untuk pelek, motor retro ini tidak pakai jari-jari. Meteor tampil sedikit modern dengan penggunaan pelek palang atau alloy 9-spoke. Sementara untuk suspensi, pakai teleskopik di depan dan jenis ganda di belakang.

Fitur modern yang bakal hadir antara lain lampu depan dengan daytime running light (DRL). Kemudian ada panel instrumen kombinasi analog dan digital. Beberapa media India juga mengatakan panel instrumen tersebut punya kemungkinan bisa terkoneksi smartphone.

“Informasi terbaru menyebutkan motor Royal Enfield terbaru bakal mendapat fitur modern untuk bisa berkompetitisi dengan rival. Termasuk konektivitas Bluetooth, panel instrumen digital, dan navigasi,” seperti dikutip dari laman Rushlane.

Baca juga:

Baca juga  Test Ride Review Yamaha XSR 155: Retro Bukan? (Bag.1)

Mesin 350cc dengan Sejumlah Revisi

Royal enfield meteor 350 005
Spyshot Meteor 350 sedang diuji jalan di India (Sumber foto: Rushlane)

Bocoran mesin Royal Enfield Meteor 350 bakal menggunakan basis yang sama dengan Classic 350. Hanya saja disebut-sebut ada sejumlah perbedaan. Mulai dari lebih ramah lingkungan sampai dengan getaran dikurangi.

Terkait ramah lingkungan, hal ini memang sejalan dengan kebijakan Pemerintah India yang menerapkan standar emisi BS VI atau setara Euro 6. Motor-motor Royal Enfield di Negeri Bollywood juga telah menerapkannya.

Kemudian soal getaran yang berkurang, sejatinya masih rumor. Lantaran belum ada bukti, bahwa Royal Enfield bakal menguranginya. Meski demikian, banyak media India yang berharap demikian. Apalagi kompetitor seperti Benelli Imperiale 400 punya getaran mesin minim. Jadi, kalau memang mau menang dari segala aspek, sejatinya Royal Enfield perlu membereskan hal ini.

Soal performa, sepertinya tidak beda jauh dari Classic 350. Kemungkinan jantung mekansinya mampu memuntahkan torsi 28 Nm dan tenaga maksimal 19,8 hp. Performa itu cukup untuk berkendara santai. Padanannya adalah transmisi manual 5-percepatan.

Mesin tersebut juga tidak pakai pendingin cairan. Royal Enfield tetap mengandalkan pendingin udara seperti motor-motor mereka yang lain di kelas 350cc dan 500cc.

Baca juga  Motor Perang Royal Enfield "Serbu" Tanah Air! Siapin Amunisi, sob!

Bocoran Harga Royal Enfield Meteor 350 Cuma Rp31 Jutaan di India

royal enfield meteor 350
Sosok Meteor 350 dalam reka gambar

Walau belum benar-benar meluncur, bocoran harga royal enfield meteor 350 sempat terkuak lewat gambar. Di sana tampak kalau banderolnya INR 1,68,550 atau setara Rp31 jutaan. Murah bukan?

Hanya saja ketika masuk Indonesia, tentu banderolnya tidak seindah itu. Maklum kapasitasnya yang di atas 250cc, bakal kena pajak besar.

Sebagai gambaran, Royal Enfield Classic 350 dijual mulai Rp80 jutaan pada 2019. Sekarang, motor tersebut sudah tidak ada lagi di laman resmi Royal Enfield Tanah Air. Disinyalir bakal ada penyegaran mengikuti produk yang dijual di India.

Maka harga Royal Enfield Meteor 350 kemungkinan ada di angka Rp80 – 90 jutaan. Tetap tertarik meminangnya? Mari kita tunggu sama-sama peluncuran rival Benelli Imperiale 400 ini di Tanah Air, mungkin pada tahun depan!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru