Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bocoran Toyota Century SUV, Bakal Dijual di Indonesia?

by Tigor Sihombing
Toyota Century SUV

Toyota Century SUV dikabarkan akan memulai debutnya pada 6 September 2023. Toyota mengumumkan peluncuran model terbaru mereka yang akan disiarkan langsung melalui YouTube dari Tokyo, Jepang.

Meskipun Toyota tidak menyebutkan nama modelnya, foto teaser mengindikasikan bahwa model yang dimaksud adalah SUV bernama Century yang telah diperbincangka sejak Juli 2023 lalu.

Foto tersebut menunjukkan seorang supir yang menggenggam pegangan pintu belakang pada SUV mewah berwarna hitam dengan aksen krom pada bodi, lampu belakang LED, dengan gaya yang mengingatkan kita pada Rolls-Royce.

Terlihat dari gambar kaca jendela pilar D yang begitu kokoh, dengan karakter garis yang melengkung. Mengutip laman Carcoops 31 Agustus 2023, Toyota awalnya mengumumkan perluasan lini Century pada bulan Juni lalu, saat presentasi mobil baru mereka Alphard dan Vellfire.

Satu-satunya informasi tentang model yang akan bergabung dengan sedan eksekutif full-size Toyota Century dengan bodi yang lebih tinggi diungkap oleh

Toyota Century adalah mobil mewah yang harus berkembang seiring dengan kita menuju masa depan. Dan nanti dalam tahun ini, saya berharap dapat berkesempatan untuk membagikan hasil dari cerita tersebut dengan penambahan baru dalam seri mobil supir Toyota. Ini pasti akan menjadi langkah mengesankan dalam misi kami untuk mengubah masa depan mobil,” kata Simon Humphries, Chief Branding Officer Toyota.

Baca juga  Bocoran Toyota Fortuner Hybrid Diesel, Meluncur 2024?

Bocoran lainnya adalah besar kemungkinan model SUV Toyota Century akan menjadi produk ekspor ke beberapa negara. Ini terlihat dari indikasi bahwa Toyota mempublikasikan pengumuman ini di situs berita globalnya.

Pakai Mesin Lexus TX 550h+

Toyota Century SUV

Harga Toyota Century diprediksi sekitar ¥15 juta atau setara dengan Rp 1,5 miliar

Bocoran lainnya SUV Toyota Century besar kemungkinan akan mengadopsi mesin 3,5 liter PHEV V6, bukan mesin empat silinder seperti yang awalnya diperkirakan. Versi baru dari Century diperkirakan akan dibangun menggunakan arsitektur TNHGA-K milik Toyota yang juga digunakan untuk Alphard/Vellfire, Lexus LM, dan Toyota Highlander serta Lexus TX.

Sayangnya, mesin V8 pada sedan Century tidak akan dipertahankan, dan menurut Bestcarweb, SUV ini akan menggunakan mesin yang sama dengan flagship Lexus TX 550h+, yakni mesin hybrid plug-in V6 3,5 liter yang menghasilkan tenaga 406 hp dan dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang menggerakkan keempat roda.

Selain mesinnya, bocoran lainnya SUV Century akan dijual eksklusif dengan konfigurasi dua baris penumpang dan memiliki jarak sumbu roda 50 mm (1,9 inci) lebih panjang daripada Lexus TX, dengan panjang 3.000 mm (118 inci).

Baca juga  Spesifikasi Toyota Raize, SUV Mungil Adik Rush

Selain jarak sumbu roda yang lebih panjang ini, model baru ini hadir dengan garis atap yang tinggi, akan memberikan kabin yang jauh lebih luas daripada sedan.

Toyota Century SUV Masuk Indonesia?

toyota century suv

Versi SUV dari Toyota Century siap meluncur 6 September 2023

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut soal kehadiran Toyota Century SUV di Indonesia. Sebenarnya, kemungkinannya kecil, mengingat versi sedannya saja tidak dijual di sini. Walau demikian, bukan tidak mungkin, suatu saat pabrikan berlogo T memasarkannya.

Tentu saja, kehadiran Toyota Century SUV bakal memuaskan dahaga para ‘sultan’ di Tanah Air. Hanya saja yang jadi pertanyaan, kalau mobil ini masuk dengan merek berlogo T, apakah tidak akan tumpang tindih dengan Lexus?

Soal harga, beberapa sumber menyebut SUV Century dipasarkan sekitar ¥15 juta atau setara dengan Rp 1,5 miliar. Lebih murah dibanding versi sedan Century yang dimulai dari harga ¥20 juta atau setara dengan harga mulai Rp 2 miliar. Hanya saja ketika masuk Indonesia, banderolnya bukan tidak mungkin akan lebih mahal lagi

Baca juga  Komparasi Toyota Voxy Vs Nissan Serena, Mana MPV Terbaik?

Demikian ulasan Toyota Century SUV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika