Friday, February 3, 2023
Banner

BYD Yangwang U8, Mobil Listrik Offroad yang Bisa Berenang!

by Firdaus Ali
byd yangwang u8 - launching

Merek mobil Cina, BYD memang selalu mengejutkan. Kali ini, mereka menghadirkan Yangwang U8 selaku mobil listrik offroad flagship. Kelebihannya bukan cuma bisa melibas jalanan berbatu, tapi juga berenang di air. Gila!

Seperti diberitakan Carnewschina, BYD Yangwang U8 didesain oleh Wolfgang Joseph Eiger, hadir dengan tampilan eksterior mengotak dan kental dengan aura mobil adventure. Pada bagian depan tampak grille berukuran besar dengan aksen honey comb 3D yang menyatu dengan headlamp. Kemudian di samping, gagang pintunya mengumpat sejajar dengan bodi mobil, baru keluar ketika ingin dibuka.

Bagian belakangnya tidak kalah menarik dengan kehadiran lampu LED di empat sisi. Di tengah-tengahnya ada ban cadangan yang menempel, hal ini mengingatkan mobil-mobil adventure era 1980-an.

Untuk mendukung aura machonya, bagian kaki-kaki menggunakan velg alloy berukuran 20 inch yang dibalut ban berprofil 275/60 R20. Bicara dimensi keseluruhan dari YangWang U8, mempunyai panjang 5.300 mm dan wheelbase 3.050 mm. Bongsor banget kan?

Untuk bagian interior memang belum dimunculkan secara gamblang. Namun begitu, beberapa media asing memprediksi tampilan interiornya akan menonjolkan head unit touchscreen dan panel instrument digital. Selain itu, di bagian setirnya juga terdapat beberapa tombol untuk mengoperasikan fitur-fiturnya.

Baca juga  Ini Hasil Uji Konsumsi BBM Honda BR-V Terbaru

Performa Offroad YangWang U8, Bisa Berputar 360 Derajat Dalam Posisi Diam!

BYD YangWang U8 - mobil listrik offroad

Ada teknologi Yisifang atau e4 di BYD Yangwang U8

Yangwang U8 memiliki rangka ladder-frame yang memang dirancang untuk SUV elektrik. Di mana, lokasi baterainya terintegrasi dengan rangka tersebut, sehingga membuat tidak memakan banyak ruang dan bisa memperoleh titik gravitasi rendah.

Kemudian ada pula teknologi Yisifang atau e4, di mana ada empat motor independen tanpa bergantung pada setir untuk berbelok. Hal ini memungkinkan mobil berputar 360 derajat dalam posisi diam atau di satu tempat yang mampu memudahkan manuver di berbagai medan sempit.

Selain itu, teknologi Yisifang juga diklaim lebih pintar dari AWD tradisional, lantaran mampu bereaksi 100 kali lebih cepat. Dengan demikian, kontrol pergerakan kendaraan melalui pengaturan torsi roda dapat berlangsung real time untuk membantu pengemudi dalam berbagai medan jalan, baik onroad dan offroad. Lalu Yisifang juga mampu membantu pengendara dalam kondisi darurat seperti setir rusak dan ban pecah. Bahkan, saat salah satu ban pecah, mobil SUV ini tetap mampu melaju dalam kecepatan 120 km/jam.

Baca juga  Bocoran Wuling Alvez di Indonesia, SUV Murah Rival HR-V dan Creta!

Hal istimewa lain adalah performanya, dalam setiap motor elektrik diklaim mampu menghasilkan tenaga 295-320 hp, serta torsi 320-420 Nm. Dengan kemampuan sehebat itu, BYD Yangwang U8 diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3 detik.

Mobil Listrik yang Bisa Berenang

byd yangwang u8 - berenang di air

BYD Yangwang memiliki mode berkendara floating water mode untuk berenang

Kelebihan Yangwang U8 sebagai mobil listrik bukan cuma performa dalam melibas medan offroad. Bukan merek Cina kalau tidak bisa menampilkan kemampuan yang melampaui nalar. Salah satunya, mobil listrik ini bisa berenang. Ya, bukan cuma menerobos banjir, tapi berenang!

Hal ini, berkat kemampuan tahan air dan debu dengan peringkat IP68 yang diperolehnya. Kemudian bodinya menawarkan teknologi penyegelan yang memungkinkan SUV listrik ini dapat mengapung saat berkendara di air, tanpa membuat kabinnya kebasahan. 

Lalu buat mendukung kehebatannya berkendara di air, ada mode berkendara floating water mode yang dihadirkan oleh BYD di Yangwang U8. Di samping itu, tersedia pula mode berkendara lain untuk melibas berbagai medan jalan seperti: ice and snow, fixed circle, desert slope, dan U-turn.

Baca juga  Honda Luncurkan BR-V Terbaru 2021, Sudah Bisa Dipesan!

Merek mobil Cina ini juga membuktikan kemampuan mobil listriknya berenang dalam sebuah video. Terlihat, bahwa mobil masih bisa melaju dengan air memiliki ketinggian serupa dengan pintu. Istimewa bukan?

Tertarik punya? Sayangnya mobil listrik offroad ini belum dijual. Walau demikian, kisaran harga BYD Yangwang adalah 1 juta Yuan atau setara Rp 2 miliaran. Cukup murah bukan? Istimewanya lagi, bersamaan dengan SUV mewah tersebut, BYD juga menghadirkan Yangwang U9 selaku supercar listrik. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil SUV BYD Yangwang U8 yang hadir dengan desain macho dan spesifikasi canggih. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika