Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

7 Mobil Offroad Terbaik, Siap Libas Medan Terjal!

by Firdaus Ali

Ada beberapa rekomendasi mobil offroad terbaik yang menarik untuk dibahas. Di mana mobil-mobil tersebut punya kelebihan memiliki fitur yang mendukung untuk melewati segala jenis medan jalan, salah satunya adalah penggerak 4×4.

Sebelum membahas mengenai deretan mobil offroad terbaik, akan lebih baik jika kita memahami pengertian dari offroad. Dilansir dari laman Indonesia offroad Federation (IOF), offroad berarti di luar jalan. Lebih lanjut, offroad merupakan istilah yang digunakan untuk produk kelengkapan atau kendaraan yang secara khusus didesain untuk dapat dikendarai di luar jalan aspal.

Offroad identik dengan desain atau konstruksi produk yang besar, kuat, dan terlihat tangguh. Hal ini karena peruntukannya memang memerlukan hal demikian. Kekuatan, ketangguhan, dan keandalan yang tinggi, semua jadi spesifikasi setiap produk offroad yang beredar di pasar.

Jadi ketika kamu menggunakan produk seperti ini, pastilah bisa mengakses medan yang lebih terjal dan menantang. Meski demikian, mobil atau produk offroad juga bisa digunakan dengan baik di jalan aspal.

Hanya saja, harga mobil offroad umumnya mahal. Alhasil membuat para pemiliknya jadi takut mobilnya rusak saat berkendara di jalan terjal.

Nah, biar tidak penasaran lagi, mari kita simak beberapa mobil offroad terbaik yang beredar di Indonesia berikut ini.

1. Suzuki Jimny – Rp 409,5 juta

rekomendasi mobil offroad terbaik

Waktu inden Suzuki Jimny di Indonesia capai 2 tahun

Rekomendasi mobil offroad terbaik yang pertama adalah Suzuki Jimny. Bisa dikatakan, inilah produk termurah di Indonesia yang mengadopsi penggerak 4×4 atau dalam bahasa Suzuki disebut Allgrip Pro AWD. Banderolnya mulai Rp 409,5 juta (OTR Jakarta).

Murah, karena memang Suzuki Jimny pakai mesin kecil berkapasitas 1.500 cc. Jantung mekanis itu serupa dengan yang dipunya oleh Suzuki Ertiga.

Walau murah, tapi memiliki Jimny tidak semudah itu. Suzuki membatasi unit hasil impor dari Jepang yang masuk ke Indonesia. Di sisi lain, pemesannya sangat banyak. Jadi, kalau kamu mau mobil offroad ini, perlu bersabar menunggu giliran unitnya sampai ke rumah. Kemungkinan waktu tunggu atau inden mencapai 2 tahun.

2.  Toyota Land Cruiser 300 – Rp 2,4 Miliar

rekomendasi mobil offroad terbaik - land cruiser 300

Land Cruiser GR-Sport punya kemampuan offroad lebih baik dibanding VX-R

SUV Termahal Toyota ternyata bergaya mobil offroad yaitu Land Cruiser 300. Banderolnya tembus Rp 2,4 miliar.

Kalau mau melaju di jalanan offroad, sebaiknya pilih varian Land Cruiser 300 GR-Sport. Pasalnya model tersebut memiliki fitur Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) dan Electronic Differential Lock yang memudahkan saat melewati jalan terjal.

Soal mesin, tidak perlu diragukan lagi. Land Cruiser 300 pakai V6D-turbo dengan kapasitas 3.346 cc dan transmisi 10-speed Direct Shift. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm.

3. Jeep Gladiator – Rp 1,98 miliar

Mobil Offroad terbaik

Jeep Gladiator Rubicon merupakan mobil offroad gaya double cabin

Rekomendasi Mobil offroad terbaik pertama adalah asal pabrikan dari Amerika Serikat yaitu Jeep Gladiator Rubicon. Yup, merek Jeep sudah tentu dikenal dengan spesifikasi offroadnya. Wajar kalau harga jualnya juga mahal tembus Rp 1,98 miliar.

Mobil offroad ini menggunakan mesin berkode PENTASTAR dengan konvigurasi V6 3.600 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 285 hp pada 6.450 rpm serta torsi mencapai 353 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.

Soal fitur, mobil yang mendukung operasional offroad ini sudah dilengkapi fitur Selec-speed control yang bisa membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road serta fitur Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off-road di segala cuaca.

Kemudian ada pula fitur OFF-ROAD+. Di mana sistem ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling). Tak lupa mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Airbags, ABS, EBD dan fitur keselamatan modern lainnya.

Tak hanya itu saja, untuk meningkatkan jumlah torsi saat melakukan off road, Jeep Gladiator juga sudah dibekali dengan Rock-Track 4X4 dan Tru-lok Differential. Soal dimensi, Jeep Gladiator Rubicon mempunyai panjang 5.538 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.933 mm. Kemudian untuk jarak sumbu roda ada di 3.485 mm serta ground clearance di angka 274 mm.

4. Jeep Wrangler – Rp 1,603 Miliar

Mobil Offroad terbaik

Jeep Sahara Unlimited

Mobil offroad terbaik selanjutnya masih dari Jeep, yaitu Wrangler yang dibanderol mulai Rp 1,603 miliar. Khusus varian Sahara Unlimited, punya dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.868 mm. Untuk wheelbase ada di angka 3.008 mm dan ground clearance 274 mm.

Wrangler Sahara Unlimited sudah dilengkapi dengan fitur penggerak empat roda Selec-Trac full-time 4WD. Selain itu ada pula fitur ABS, EBD, Park View Rear Camera, Electronic Roll Mitigation (ERM), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist, airbag 4 titik dan masih banyak lagi.

Soal mesin, Wrangler Sahara Unlimited menggunakan mesin 2.000 cc turbo yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Hasilnya, di atas kertas diklaim mampu mengeluarkan tenaga 270 hp pada 5.250 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada 3.000 rpm.

Tersedia pula beberapa varian lain yang juga tidak kalah hebat dalam menerjang medan offroad, yaitu Jeep Wrangler Rubicon Rp 1,603 miliar dan Rubicon Unlimited Rp 1,708 miliar.

5. Ford Everest Titanium – Rp 845 Juta

Mobil offroad terbaik

Ford Everest Titanium

Rekomendasi mobil offroad terbaik berikutnya masih produksian Amerika Serikat yaitu Ford Everest Titanium. Mobil ini menggunakan mesin diesel 4-silinder EcoBlue bi-turbo yang berkapasitas 2.151 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 10-percepatan. Hasilnya, di atas kertas Everest Titanium bisa melontarkan tenaga maksimum 213 hp pada 3.750 rpm serta torsi puncak 500 Nm pada putaran mesin 1.750-2.000 rpm.

Ford Everest Titanium mempunyai panjang 4.893 mm, lebar 1.862 mm dan tinggi 1.836 mm. Kemudian untuk wheelbase di angka 2.850 dan ground clearance 225 mm.

Soal fitur, sudah dilengkapi Hill Descent Control (HDC), Hill Launch Assist (HLA), Cross Traffic Alert (CTA), Traction Control, dan Vehicle Stability Control (VSC) serta Blind Spot Monitoring (BSM). Selanjutnya ada pula fitur rear vew camera, parking sensor, volumetric burglar alarm system, roll stability control, mykey, serta Roll Stability Control (RSC) untuk membantu memaksimalkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan meminimalisir slip saat mobil melewati jalur tanah. Tentunya ada pula penggerak 4×4.

Selain itu ada pula ABS dan EBD, Electronic Locking Rear Differential, panoramic sunroof, power lift gate dan Rear View Camera. Oh ya, ada pula fitur hands free power tail gate untuk memudahkan membuka pintu bagasi.

6. Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 – Rp 715,35 Juta

Mobil offroad terbaik

Fortuner 2.8 GR Sport 4×4

Mobil offroad terbaik selanjutnya adalah Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4. Mobil ini dijual dengan harga mulai Rp 715,35 juta hingga Rp 719,43 juta.

Mobil ini menggunakan mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 203,9 PS atau setara dengan 201,1 Hp di 3.000 rpm sampai 4.000 rpm, dan torsi 499,2 Nm di 1.600 rpm sampai 2.800 rpm. Jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya yakni 2GD, mesin 1GD ini memiliki tenaga lebih besar 35 persen dan torsi lebih besar 25 persen.

Untuk fiturnya, Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 sudah dilengkapi dengan penggerak 4×4 plus easy 4×4 switch, dan downhill assist control (DAC). Fitur DAC berguna untuk melewati jalan menurun yang licin dengan tetap menjaga mobil dalam kecepatan rendah. Tidak cuma itu, jumlah airbag Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 juga sudah sangat banyak yaitu mencapai 7 titik.

Selain itu, pintu belakang sudah elektrik dengan sensor kaki. Ada pula fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC).

7. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 – Rp 720,5 Juta

Mobil offroad terbaik

Mitsubish Pajero Sport 4×4

selanjutnya, mobil offroad terbaik ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 yang menggunakan mesin 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharger yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 181 PS dan torsi maksimum 430 Nm. Soal harga, mobil ini dijual Rp 720,5 juta (OTR Jakarta).

Untuk fiturnya sudah dilengkapi fitur Active Cornering Lamp, Sunroof, New Front Combination Lamp, serta Power Tail Gate (dengan Kick sensor dan remote control)yang memudahkan ketika buka bagasi. Kemudian ada juga fitur auto dimming rear-view mirror, ForwardCollision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold(BAH), serta adaptive cruise control (ACC) yang bisa membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis.

Kalau menurut kamu harga mobil offroad terbaru ini kemahalan, bisa coba lirik versi mobil bekasnya. Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil offroad terbaik. Simak terus Moladin.com untuk inforamsi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika