Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022, Mana Lebih Baik?

by Baghendra Lodra
Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate vs Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

 

Rivalitas Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022 seakan abadi. Keduanya berada di segmen yang sama SUV bongsor yang mampu memuat 7-orang.

Di varian tertinggi, Mitsubishi memiliki Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 dengan mesin diesel 2.4 liter turbo. Sementara Toyota mengandalkan Fortuner GR Sport 4×4 yang pakai mesin diesel 2.8 liter turbo. Walau demikian, dari sisi harga tidaklah beda jauh alias sama-sama dijual Rp 720 jutaan. 

Lantaran banderol yang tidak murah tersebut, banyak juga yang menanggap kedua mobil ini sebagai lambang kemapanan. Baik Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport juga mampu diandalkan untuk melaju di berbagai medan. Apalagi Mobil SUV tersebut menggunakan penggerak 4×4.

Lalu dari keduanya, mana mobil yang sebaiknya dibeli? Baik Pajero dan Fortuner, memiliki banyak sekali varian. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini bakal dikerucutkan untuk varian tertinggi dengan penggerak 4×4 saja. 

Artinya fokus dari artikel ini adalah komparasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 vs Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4. Berikut detailnya:

Desain Eksteriro Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022

fortuner 2.8 gr sport tampak belakang

Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 punya opsi warna bodi two tone

Kalau bicara desain, Mitsubishi Pajero Vs Toyota Fortuner 2022 memang sama-sama gagah. Lihat saja dimensi keduanya yang memiliki panjang lebih dari 4,7 meter, kemudian lebar lebih dan tinggi di atas 1,8 meter. Penggunaan roda juga serupa, pakai 265/60-18 inci.

Baik Toyota Fortuner GR Sport dan Pajero Sport Dakar Ultimate pun mendapat berbagai aksesori khas SUV. Ambil contoh roof rail, lampu kabut, spoiler belakang, dan lain-lain. Sistem pencahayaan tidak perlu diragukan, telah full LED. Salah satu keuntungan lampu LED adalah hemat daya. Walau begitu, di sisi lain LED mampu memberi visibilitas berkendara yang lebih baik terutama pada malam hari.

Pembeda utama eksterior Pajero Vs Fortuner ada di pilihan warna. Toyota memberi Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 opsi two tone sehingga atap dan bodi memiliki kelir berbeda. Kemudian velg pakai kelir hitam.

Sementara untuk Pajero Dakar Ultimate, warna bodinya monotone dengan velg two tone. Ciri khas SUV tiga berlian, juga memiliki bokong yang berkarater. Tampilannya beda dari mobil SUV kebanyakan, terutama lewat penggunaan lampu rem LED berbentuk vertikal, walau kini tidak sepanjang model sebelumnya. Beda dengan Toyota Fortuner yang lebih terkesan main aman di bagian lampu belakang, karena berdesain horizontal pipih.

Baca juga  Konsumsi BBM Innova Zenix, Lebih Irit dari Innova Diesel?

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4

  • Panjang x Lebar x Tinggi: 4.825 x 1.814 x 1.835 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.800 mm
  • Ground Clearance: 218 mm

Dimensi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4

  • Panjang x Lebar x Tinggi: 4.795 x 1.855 x 1.835 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.745 mm
  • Ground Clearance: –

Performa Mesin Fortuner Lebih Buas 

mitsubishi pajero sport vs toyota fortuner 2022 - mesin fortuner 2.8 gr sport

Mesin 2.800 cc milik Fortuner sangat bertenaga

Soal performa mesin, tim Moladin telah mengujinya melalui berbagai pengujian. Di atas kertas mesin Fortuner menggunakan mesin diesel 2.8L DOHC 4-silinder dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya tenaganya mencapai 203 hp dan torsi 499 Nm.

Kemudian, untuk Pajero Sport menggunakan mesin diesel 2.4L dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Untuk tenaganya di atas kertas tercatat 178,5 hp dan torsi 430 Nm. Hasilnya memang jauh lebih unggul Fortuner, karena kapasitas mesinnya saja berbeda.

Terbukti dari drag race yang kami lakukan dengan jarak 201 meter, hasilnya Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 lebih unggul dengan catatan waktu 11,1 detik. Sementara Pajero Sport cuma 11,8 detik atau tertinggal 0,7 detik.  Begitu pula saat tes akselerasi Pajero vs Fortuner dari 0-100 Km/jam. Toyota Fortuner unggul dengan mencatat waktu cuma 10,4 detik, Mitsubishi Pajero Sport tertinggal di belakang dengan waktu 11,5 detik.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8 GR Sport vs Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Ternyata walah SUV Toyota pakai mesin lebih besar, tapi keiritannya setara dengan Pajero. Terbukti di dalam kota, fortuner bisa menghemat solar hingga 10,8 km/liter. Lalu untuk perjalanan lewat tol, Fortuner membukukan catatan 14,1 km/liter.

Bandingkan dengan Pajero Sport yang di dalam kota bisa menghemat BBM cuma 10,2 km/liter. Sementara di tol sekitar 14,8 km/liter.

Baca juga  Bocoran All New Avanza FWD 2022, Meluncur Sebentar Lagi?

mcc buana finance blog banner 2

Interior Mitsubishi Pajero Sport Lebih Lega

interior pajero sport dakar ultimate

Pajero Sport punya kabin dan bagasi yang lebih lega dibanding Fortuner

Pada bagian interior, baik Pajero Sport maupun Fortuner sudah dilengkapi dengan material kulit bernuasa gelap yang tersebar ke berbagai sisi seperti jok, setir hingga ke shift knob. Namun begitu untuk Toyota Fortuner belum dilengkapi dengan sunroof, Adapun gantinya adalah layar monitor dibagian tengah.

Untuk tampilan dashboard, kedua mobil ladder frame ini menyuguhkan headunit layar sentuh untuk mendukung sistem audio serta sebagai layar kamera dan informasi kendaraan.

Bagaimana dengan kenyamanan interior Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022? Bisa dikatakan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ambil contoh untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4, jok baris keduanya tidak bisa diatur maju mundur (fixed). Kemudian ketika baris ketiga diisi orang dengan tinggi 167 cm, legroomnya masih ada jarak 9 cm. Cukup luas bukan? Tapi kekurangannya adalah posisi duduk di paling belakang seperti orang jongkok jadi tidak nyaman.

Sementara Toyota Fortuner, jok baris keduanya bisa diatur maju mundur. Hanya saja, ketika jok baris kedua diposisikan senyaman mungkin untuk penumpang, maka jok baris ketiga leg roomnya jadi agak sempit. Sisa leg room di jok paling belakang adalah 7 cm. Walau demikian soal kenyamanan duduk di baris ketiga, Fortuner cukup nyaman untuk orang dewasa.

Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport ada di bagasi yang luas. Setelah kami ukur, kapasitasnya tembus 860,2 liter. Hal ini karena jok belakang SUV tiga berlian bisa dilipat rata lantai. Beda dengan Toyota Fortuner yang pelipatannya justru menggantung ke samping, sehingga menyisakan ruang bagasi yang cukup sempit yaitu hanya 644,4 liter.

Fitur Pajero Vs Fortuner

eksterior belakang pajero sport dakar ultimate

Kelebihan Pajero Sport punya sunroof dan adaptive cruise control

Selanjutnya, pembahasan mengenai rivalitas Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate vs Toyota Fortuner 2.8 GR Sport adalah soal fitur. Ternyata SUV Mitsubishi unggul jauh dari Fortuner dalam hal teknologi modern.

Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 sudah ada 7 SRS Airbag, Active Stability & Traction control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, dan juga sudah sematkan teknologi RISE. Keudian ada pula fitur Active Cornering Lamp, Sunroof, New Front Combination Lamp, serta Power Tail Gate (dengan Kick sensor dan remote control).

Baca juga  Peluncuran Honda N7X, Ini Bocorannya!

Tak hanya itu saja, Pajero Sport juga sudah dilengkapi dengan fitur auto dimming rear-view mirror, Ada Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH), serta adaptive cruise control (ACC) yang bisa membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis.

Sementara itu untuk Toyota Fortuner, fitur keselamatannya juga cukup baik tapi tidak seistimewa Pajero Sport. Misalnya untuk airbag sudah ada di 7 titik. Kemudian hadir pula kamera 360 derajat yang terintegrasi dengan empat buah kamera di setiap sudut mobil dari depan, samping hingga belakang. Dengan kamera tersebut, Fortuner facelift 2022 bisa memiliki fitur Moving Object Detection, Headway Warning System, Lane Departure Warning dan juga Blind Spot Warning System.

Lalu kelebihan Fortuner 2.8 GR Sport yang tidak dipunya Pajero Sport adalah wireless charging. Kemudian di belakang ada layar monitor.

Harga Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 Lebih Murah Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4

interior fortuner 2.8 gr sport

Fortuner dijual lebih murah dibanding Pajero Sport

Bahasan terakhir soal Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022 adalah harganya. Siapa yang diual lebih murah? Ternyata Toyota membanderol Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 lebih terjangkau dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4. Kemudian pilihan tipenya juga lebih banyak. Fortuner varian tertinggi dijual dalam tiga harga:

  • 4×4 2.8 GR Sport A/T Rp 715,35 juta (OTR Jakarta)
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T TWO TONE Rp 720,35 juta (OTR Jakarta)
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T  LUX Rp 719,143 juta (OTR Jakarta)

Bandingkan dengan harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 yang cuma punya satu banderol yaitu Rp 720,5 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi bahasan lengkap soal Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022 khususnya varian tertinggi. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin! (Update oleh Firdaus Ali)

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika