by

Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana Lebih Baik?

Rivalitas Pajero Vs Fortuner seakan abadi. Keduanya berada di segmen yang sama SUV bongsor yang mampu memuat 7-orang. Sama-sama pakai mesin diesel 2.4 liter berteknologi turbo. Lalu soal harga juga ada berkisaran Rp 500 juta.

Lantaran banderol yang tidak murah tersebut, banyak juga yang menanggap kedua mobil ini sebagai lambang kemapanan. Baik Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport juga mampu diandalkan untuk melaju di berbagai medan. Mobil SUV tersebut memiliki pilihan roda penggerak 4×2 dan 4×4.

Lalu dari keduanya, mana mobil yang sebaiknya dibeli? Baik Pajero dan Fortuner, memiliki banyak sekali varian. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini bakal dikerucutkan untuk penggerak 4×2 saja. Lalu terkait varian, pilih yang tertinggi. Khusus Pajero Sport berarti varian Dakar Ulitmate. Sementara Fortuner varian VRZ TRD.

Berikut pembahasan komparasi lengkap Pajero Vs Fortuner:

Desain Pajero Vs Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate
Salah satu yang unik dari Pajero Sport adalah bodi belakangnya yang memiliki desain lampu vertikal

Kalau bicara desain, Pajero Vs Fortuner memang sama-sama gagah. Lihat saja dimensi keduanya yang memiliki panjang lebih dari 4,7 meter, kemudian lebar lebih dan tinggi di atas 1,8 meter. Penggunaan roda juga serupa, pakai 265/60-18 inci.

Baik Toyota Fortuner VRZ TRD dan Pajero Sport Dakar Ultimate pun mendapat berbagai aksesori khas SUV. Ambil contoh roof rail, lampu kabut, spoiler belakang, dan lain-lain. Sistem pencahayaan tidak perlu diragukan telah full LED.

Salah satu keuntungan lampu LED adalah hemat daya. Walau begitu, di sisi lain LED mampu memberi visibilitas berkendara yang lebih baik terutama pada malam hari.

Pembeda utama eksterior Pajero Vs Fortuner ada di bagian buritan. Mitsubishi memberikan Pajero Sport Dakar Ultimate bokong yang sangat berkarater. Tampilannya beda dari mobil SUV kebanyakan, terutama lewat penggunaan lampu rem LED berbentuk vertikal.

Sementara Toyota Fortuner VRZ TRD lebih terkesan main aman. Desain bodi belakangnya manis dengan lampu rem horizontal yang pipih.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate Lebih Bertenaga

Toyota Fortuner
Fortuner punya performa mesin yang tidak sehebat milik Pajero Sport

Jika melihat sekilas soal spesifikasi mesin Pajero Vs Fortuner, maka tidak ada yang beda. Keduanya menggunakan mesin berkapasitas 2.4 liter, empat silinder, DOHC, dengan bantuan induksi turbo.

Hanya saja kalau melihat performa secara lengkap, kamu baru tahu bedanya. Jantung pacu Mitsubishi Pajero Sport Utimate Dakar punya kompetensi yang sangat luar biasa. Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak hingga 430 Nm pada 2.500 rpm dan tenaga maksimal 181 PS pada 3.500 rpm. Pabrikan tiga berlian mengombinasikannya dengan transmisi 8-percepatan otomatis.

Baca juga  5 Fakta Mengenai Spesifikasi MG HS, Apa Kelebihannya?

Bandingkan dengan Toyota Fortuner VRZ TRD yang cuma mampu menelurkan torsi 400 Nm pada 1.600 – 2.000 rpm dan tenaga 149,6 PS pada 3.500 rpm. Gapnya sungguh jauh berbeda. Kemudian untuk transmisi Cuma menggunakan 6-percepatan otomatis.

Kenapa mesin Fortuner tidak begitu bertenaga? Salah satu alasannya, Toyota lebih memfokuskan pada konsumsi bahan bakar yang irit. Lagi pula kalau paling sering digunakan untuk berkendara di dalam kota, tidak dibutuhkan mesin yang terlalu istimewa bukan?

Meski begitu, di atas kertas sudah jelas, pertarungan Pajero Vs Fortuner untuk performa mesin dimenangkan oleh SUV Mitsubishi. Hal tersebut tidak perlu dibantah lagi!

Di samping jantung mekanis 2.4 liter diesel, Fortuner dan Pajero juga memiliki beberapa pilihan mesin lain. Mulai dari SUV Toyota, yang  tersedia dalam varian bermesin bensin dengan kubikasi 2.7 liter berteknologi DOHC, Dual VVT-I, dan pakai konfigurasi empat silinder. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm.

Kelebihan mesin bensin Fortuner ada di getaran yang tidak terlalu kuat. Lalu mencari bahan bakar bensin tentu lebih mudah dibanding solar. Keunggulan lain, aroma bensin tidak sekuat solar sehingga lebih terkesan bersih.

Lain halnya dengan Pajero Sport yang tidak punya varian mesin bensin. Mitsubishi cuma menyediakan varian mesin diesel dengan kapasitas lebih besar yaitu 2.5 liter turbo, namun performanya tidak lebih baik dari 2.4 liter turbo. Sesungguhnya ini merupakan mesin lama yang dipakai oleh Pajero Sport lawas.

Mesin 2.5 liter turbo tersebut hadir di Pajero Sport varian Exceed dan GLX. Performanya untuk torsi cuma 324 Nm dan tenaga 136 PS. Lebih lemah memang, tapi harga jual juga jadi lebih murah. Oleh karena itu, varian Exceed dan GLX tetap bisa kamu pilih, terutama yang punya bujet terbatas.

Baca juga:

Baca juga  Daihatsu Terios Facelift Meluncur Tahun 2020? Ini Jawabannya

Fitur Pajero Vs Fortuner

pjero sport dakar ultimate
Fitur keselamatan Pajero Sport Dakar Ultimate jauh lebih lengkap dibanding Toyota Fortuner

Bicara soal kenyamanan, kira-kira siapa lebih baik antara Pajero Vs Fortuner? Dulu mungkin SUV Toyota lebih unggul soal ini. Bantingan suspensinya jauh lebih empuk, kemudian kekedapan kabinnya juga istimewa.

Hanya saja Pajero Sport terus berinovasi, sehingga kini bisa dikatakan produk Mitsubishi tersebut bisa bersaing lebih kuat. Pajero terbaru melakukan banyak revisi di bagian kaki-kaki supaya bantingan suspensi semakin nyaman. Begitu pula dengan material peredam suara yang lebih tebal.

Oleh karenanya, Pajero Sport terbaru sudah jauh lebih nyaman untuk diajak berkendara. Ditambah lagi, kini hadir banyak sekali fitur modern di varian tertinginya. Ambil contoh sun roof, layar monitor 9 inci untuk penumpang belakang, dan yang terpenting sistem pelipatan bangku yang praktis. Khusus bangku baris ketiga atau paling belakang, dapat dilipat rata dengan lantai.

Apalagi di sektor keselamatan, pabrikan tiga berlian memberi banyak fitur modern. Sebut saja blind spot warning (BSW), forward collision mitigation system (FCM), ultrasonic mis-acceleration mitigation system (UMS), dan lain-lain. Semua fitur tersebut belum dipunya oleh Toyota Fortuner.

Guna BSW untuk mendeteksi kendaraan tak terlihat disekitar dengan jarak 3 meter. Selain itu fitur ini juga bisa membantu pengendara saat berpindah jalur dan berbelok. Lalu fitur UMS bermanfaat untuk menghentikan mobil secara otomatis untuk menahan performa mesin selama 5 detik saat kendaraan berhenti untuk mencegah kesalahan pengoperasian pedal gas. Kemudian FCM mampu mencegah tabrakan dengan cara mengatur pengereman.

Meski demikian, Fortuner pun tidak sepenuhnya kalah. Mobil ini punya fitur yang serupa dengan Pajero Sport, seperti cruise control, paddle shift, audio steering switch, head unit layar sentuh, AC digital. Fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS), air bag, dan kendali traksi pun telah mereka miliki.

Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian pemilik Pajero dan Fortuner dapat tetap mengendalikan laju mobil, sehingga terhindar dari kecelakaan. Fungsi air bag beda lagi, mencegah cedera parah saat terjadi tabrakan. Selanjutnya untuk kendali traksi bermanfaat menjaga roda tetap melaju dengan baik di berbagai medan jalan, tidak selip dan tetap mencengkeram.

Baca juga  10 Mobil SUV Murah dan Terbaik di Indonesia

Kemudian soal aura mewah di dalam kabin, baik Fortuner dan Pajero pun punya aksen kayu di interior. Tidak ketinggalan jok kulit yang mudah dibersihkan, terutama ketika terkena tumpahan minuman dan makanan. Alhasil pengemudi serta penumpang merasa nyaman saat berkendara jarak jauh sekalipun.

Harga Toyota Fortuner Lebih Murah

toyota fortuner vrz trd
Kelebihn Toyota Fortuner, harganya lebih terjangkau dibanding Mitsubishi Pajero Sport

Toyota membanderol Fortuner lebih murah dari Mitsubish Pajero Sport. Khusus varain tertinggi atau VRZ TRD dijual Rp 554,85 juta (OTR Jakarta). Bedanya dengan harga mobil pabrikan tiga berlian mencapai Rp 40 jutaan. Pajero Sport Dakar Ultimate dipasarkan Rp 593,5 juta (OTR Jakarta).

Kenapa Mitsubishi menjual SUV-nya begitu mahal. Salah satu alasannya adalah perform mesin yang sangat mantap. Bukan cuma itu, Pajero Sport juga dilengkapi fitur-fitur keselamtan istimewa serta tidak dipunya oleh Fortuner. Oleh karennya, harga tinggi yang dipatok masih terbilang wajar.

Jika kamu mencari banderol yang lebih murah, bisa pilih varian lain. Harga Pajero Sport Dakar Rp 549,5 juta (OTR Jakarta). Lalu untuk versi Exceed AT Rp 506,5 juta (OTR Jakarta), Exceed MT Rp491,5 juta (OTR Jakarta), dan GLX Rp 548,5 juta (OTR Jakarta). Hanya saja varian Exceed serta GLX pakai mesin yang berbeda yaitu 2.5 liter dengan performa lebih lemah.

Sementara untuk Toyota Fortuner, ada pilihan varian SRZ TRD atau bermesin bensin 2.7 liter. Harganya Rp 580,25 juta (OTR Jakarta). Lebih mahal Rp 30 jutaan dibanding varian mesin diesel atau VRZ TRD.  

Lalu kesimpulannya Pajero Vs Fortuner, beli yang mana? Kalau kamu menginginkan tampilan mobil yang beda, kemudian performa mesin mantap, dan fitur keselamatan lengkap, maka Pajero Sport Dakar Ultimte merupakan pilihan tepat. Hanya saja, kamu perlu bujet cukup besar untuk bisa menebusnya.

Sementara kalau bujet kamu terbatas, suka tampilan SUV yang lebih manis maka Toyota Fortuner bisa kamu pertimbangkan. Hanya saja tadi, jangan terlalu banyak berharap untuk performanya ya!

Walau sebenarnya, soal performa juga banyak perdebatan. Apakah memang dibutuhkan mesin yang punya torsi dan tenaga istimewa untuk berkendara sehari-hari? Jika tidak, maka sebenarnya mesin 2.4 liter milik Fortuner sudah lebih dari cukup.

Comment

Leave a Reply

Terbaru