Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Cari Modal Usaha? Begini 6 Cara Jitu untuk Mendapatkannya

by Galih Nugraha
Modal Usaha

Membangun bisnis sendiri tentu membutuhkan modal usaha yang cukup. Namun, tidak semua orang bisa mencapainya dengan mudah karena banyak yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya, dihadapkan pada modal usaha yang kurang memadai. Karena itulah dibutuhkan beberapa cara untuk cari modal usaha yang bisa dicoba agar rencana bisnis kamu buat berjalan lancar dan berkembang pesat.

Di sisi lain, tidak sedikit pula orang yang membangun bisnisnya dengan modal nekat serta terbatas. Kendati begitu, makin besar modalnya, maka makin besar juga kesempatan kamu dalam mengembangkan bisnis dan berinovasi ke depannya.

Pengertian Modal Usaha

Sebelum memulai cari modal usaha, ketahui terlebih dulu pengertian dari modal usaha tersebut.

Melansir Investopedia, modal adalah istilah luas yang bisa menggambarkan apa pun yang memberikan nilai atau manfaat bagi pemiliknya seperti pabrik beserta mesin-mesinnya, kekayaan intelektual seperti hak milik atau aset keuangan bisnis maupun individu.

Lebih lanjut, modal juga dikaitkan dengan dana atau uang tunai yang digunakan sebagai tujuan produktif atau investasi ke depan. Itu juga termasuk dalam menjalankan bisnis untuk pembiayaan pertumbuhannya di masa mendatang.

Sementara itu, modal usaha bisa berasal dari operasi bisnis, pembiayaan utang, dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang bisa dicoba?

6 Tips Cari Modal Usaha Yang Bisa Dicoba

Banyak jalan menuju Roma, sama halnya dengan banyak cara untuk bisa cari modal usaha. Apabila kamu masih bingung, inilah beberapa cara yang bisa kamu coba.

  • Menggunakan Tabungan Pribadi

Untuk menjalankan suatu bisnis, tidak sedikit pula orang yang bermodal usaha dengan memanfaatkan tabungan pribadinya. Itu menjadi hal yang sah-sah saja apabila kamu bisa menggunakan cara tersebut dengan baik. Sebab, kamu perlu memikirkan anggaran dana secara matang agar usaha yang kamu bangun bisa stabil mendatang.

Baca juga  Mengenal Dealer Financing dan Jenis Pembiayaan Dealer untuk Solusi Bisnis

Namun, jika kamu merasa tabungan yang kamu miliki masih kurang, mungkin kamu perlu menyingkirkan beberapa pengeluaran yang dirasa tidak penting atau tak dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi utang kartu kredit untuk meminta suku bunga yang lebih rendah. Hal penting lainnya, kamu juga perlu memisahkan antara tabungan pribadi dan uang dari tabungan pribadi yang kamu sisihkan untuk menjalankan bisnis tersebut.

  • Mencari Investor

Selain tabungan pribadi, kamu juga bisa mencoba untuk mencari investor untuk menyongsong bisnis yang akan kamu jalankan. Pada dasarnya, investor merupakan atau suatu kelompok yang memberikan dana mereka kepada kamu sebagai modal usaha. Harapannya, bisnis yang kamu jalankan bisa memberikan keuntungan pada mereka pula.

Investor tersebut bisa berasal dari pihak mana saja seperti keluarga, teman, hingga rekan bisnis. Kamu bisa saja mendapatkan investor yang relate dengan bisnismu melalui berbagai cara seperti mengikuti berbagai pelatihan, workshop, hingga kompetisi bisnis tertentu untuk mendapatkan suntikan dana modal usaha milikmu.

Menariknya, ada pula Angel investor dalam dunia startup yang perannya sangatlah bermanfaat bagi kamu yang sedang cari modal usaha. Sebab, Angel investor ini merupakan orang-orang kaya yang tidak terlalu khawatir akan risiko kerugian terhadap bisnis yang kamu jalankan. Namun, biasanya mereka bakal mendapatkan kepemilikan saham hingga ikut andil atas usaha yang kamu bangun tersebut.

shutterstock 2308156545
  • Memanfaatkan Bantuan Pemerintah

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan memanfaatkan berbagai program bantuan dari pemerintah. Misalnya, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan BLT UMKM. Caranya, lakukanlah pendaftaran di masing-masing website serta penuhi beberapa persyaratan sebagai berikut ini.

Baca juga  Sistem Inventory Financing: Definisi, Keuntungan, Pengelolaan

Syarat KUR

  • Individu atau perorangan
  • Mempunyai usaha yang berjalan minimal 6 bulan
  • Menjalankan usaha di salah satu platform e-commerce maupun penyedia rise hailing.
  • Tidak dalam kondisi menerima kredit perbankan, kecuali Kartu Kredit, KPR, dan KKB.
  • Melengkapi persyaratan administrasi seperti identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), serta Surat Izin Usaha berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau rise hailing

Syarat BLT UMKM

  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki usaha mikro dengan dibuktikan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM itu sendiri.
  • Mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Bukan seorang ASN, BUMN dan BUMD, serta anggota TNI/Polri.
  • Tidak sedang menerima KUR.
  • Pinjaman dari Bank

Modal usaha juga bisa didapat dengan mengajukan pinjaman ke bank. Pada umumnya, terdapat beberapa syarat untuk bisa melakukan pinjaman tersebut dengan yang tercantum sebagai berikut ini.

  • Fotokopi KTP & KK
  • Fotokopi slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Salinan dokumen kepemilikan agunan, misalnya BPKB dan sertifikat bangunan.

Selain syarat di atas, kamu juga perlu tahu bahwa setiap bank memiliki ketetapan persyaratan yang berbeda. Misalnya, pihak yang mengajukan tidak sedang memiliki beban hutang dari lembaga mana pun.

  • Crowdfunding

Apabila belum bisa mengajukan pinjaman ke bank, kamu bisa mencoba cara cari modal untuk dengan menyelenggarakan crowdfunding atau penggalangan dana sebagai modal usaha. Cara yang satu ini bisa dilakukan melalui platform tertentu, tapi untuk bisa mendapatkan bantuan dana tersebut bukan hal yang mudah. Kamu harus bisa memberikan penjelasan serta mempromosikan bisnis yang kamu bangun agar bisa meyakinkan orang-orang untuk memberikan suntikan dana pada usaha yang kamu miliki.

  • Penyedia Pembiayaan

Cara mendapatkan modal usaha lainnya yang bisa kamu coba ialah dengan mengajukan modal usaha ke suatu penyedia pembiayaan yang sudah terpercaya dan terdaftar juga diawasi oleh di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga  6 Tips Memilih Dealer untuk Mobil Bekas

Nah, biasanya fasilitas penyedia pinjaman online ini dikenal sebagai fintech. Kamu bisa saja dengan mudah mendapatkan peluang pinjaman dana tersebut.

Kabar baiknya, apabila kamu mencari perusahaan pembiayaan untuk bisnis otomotif, Moladin Dealer adalah pilihan tepat. Yakni, pembiayaan usaha Dealer dengan pencairan tinggi untuk pembayaran jangka pendek atau menengah.

Keunggulannya, semua pengajuan bisa diproses apapun status kredit yang kamu miliki. Selain itu, proses pencairan dana cepat di hari yang sama. Yang pasti, kamu bisa untung maksimal dengan pencairan dana tinggi tanpa biaya di awal. Nah, jika tertarik untuk mencoba cara yang satu ini, kamu bisa langsung mengunjungi Moladin Dealer untuk mengajukan pinjaman segera dengan cara yang cepat, aman, dan praktis.

Jadi, itulah beberapa cara jitu untuk cari modal usaha. Semoga, informasi tersebut bisa bermanfaat buat kamu yang sedang berjuang membangun bisnis. Semangat & selamat mencoba!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika