Minggu, September 25, 2022

Kenal Chevrolet Suburban, Mobil Jokowi di KTT ASEAN AS

by Tigor Sihombing
Chevrolet Suburban

Chevrolet Suburban merupakan sebuah SUV kebanggan negeri Amerika Serikat.  Dimensinya besar dan terlihat kekar. Mobil inilah yang digunakan Presiden Jokowi selama berada di Washington Amerika Serikat, dalam kunjungannya menghadiri KTT khusus ASEAN-AS.

Seperti diketahui dari rilis kepresidenan, Jokowi akan menghadiri beberapa pertemuan. Mulai dari bertemu anggota Kongres, bertemu CEO, besar Amerika, bertemu Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, serta bertemu para pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Nah dalam kegiatannya tersebut Presiden Jokowi akan menggunakan kendaraan Chevrolet Suburban. Mobil yang sama digunakan oleh Presiden Amerika Joe Biden dan kapala negara lainnya ketiga datang mengunjungi Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri Chevrolet Suburban memang tidak masuk secara resmi. Namun desainnya tidak  asing, lataran menyerupai SUV Opel Blazer yang eksis di tanah air.

Jika kamu mengganggap juga demikian memang tidak ada salahnya sih, karena Opel Blazer sendiri berakar dari desain Chevrolet.

Karena menurut beberapa sumber, memang di tahun 1996 ketika Blazer lahir di Indonesia, dikatakan perusahaan tersebut menggunakan merek anak perusahaan GM di Jerman, Opel.

Baca juga  Chevrolet Tracker Terbaru Siap Meluncur, Rival Rocky-Raize!

Menurut catatan komunitas Blazer di Indonesia, enam tahun sejak penjualannya, GM membuat Blazer menyandang nama depan Chevrolet pada 12 September 2002.

Sejak saat itu, logo di gril depan Blazer berganti dari “petir” menjadi dasi kupu-kupu. Jadi bisa dibilang Blazer adalah model campur aduk yang melibatkan tiga negara, Jerman sebagai negara asal Opel, mesin 2.200cc dibuat oleh Holden di Australia, dan dan desain mengusung American Style ala Chevrolet.

Nah untuk Chevrolet Suburban sendiri sudah ada sejak tahun 1935. Model ini juga dipakai di beberapa sub merek perusahaan GM (Pemilik Chevrolet), misalnya saja Chevrolet, Holden, dan GMC.

Khusus pada model GMC, unit ini dinamai  GMC Yukon XL. Selain itu Suburban juga telah diciptakan sebagai model station-wagon dari model-model truk pikap milik Chevrolet.

Chevrolet Suburban Punya Standar Keamanan Kelas 1

Chevrolet Suburban

Jokowi didalam Chevrolet Suburban.

Amerika Serikat sendiri begitu percaya dengan mobil ini. Makanya dari jaman Presiden Obama, Trump, hingga Biden, mobil yang diperkenalkan pada pameran otomotif Los Angeles Auto Show 2006 masih dipakai.

Baca juga  Chevrolet Blazer EV Siap Mengaspal, SUV Sangar!

Khusus mobil kepresidan ini tentunya ada banyak ubahan yang dilakukan divisi Secret Service AS agar mobil ini siap diandalkan untuk menjaga kepala negara.

Mengutip dari laman the Drive, dikatakan mobil tersebut telah mengalami standar keamanan kelas 1. Misalnya penggunaan bodi dan kaca anti peluru hingga anti granat, alat penangkal roket, antena penangkal gelombang radio dan pendeteksi serangan, satelit komunikasi, Wifi, alat kesehatan dan oksigen, hingga senjata api ringan.

Terkait mesinnya, Chevrolet Suburban sebenarnya memiliki 3 pilihan mesin yang seluruhnya merupakan mesin berkapasitas besar khas Amerika Serikat.

Seperti mesin V8 berkapasitas 5.3 liter, dengan tenaga 320 dk dan torsi 460 Nm. V8 6.0 liter, tenaga 352 dk dan torsi 519 Nm, dan V8 6.2 liter, dengan tenaga 395 dk dan torsi 637 Nm.

Demikian ulasan terkait Chverolet Suburban yang digunakan Jokowi dalam KTT ASean – AS. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru berita otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika