Spesifikasi dan Harga Citroen C3 Aircross 2023, LSUV 7-Seater Turbo!

by Baghendra Lodra
Harga resmi Citroen C3 Aircross SUV

Citroen C3 Aircross resmi meluncur di GIIAS 2023. SUV ini tampil lebih bongsor dibanding C3 biasa, pakai konfigurasi jok 3-baris dan bisa menampung 7-orang. Lega bukan?

Keunggulan lainnya, mesin yang dipakai irit karena cuma 1.200 cc turbo dan bertransmisi otomatis. Oleh karenanya, mobil ini akan berhadapan dengan Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Hyundai Stargazer X, Daihatsu Terios, hingga Toyota Rush.

Tidak kalah menarik adalah harga Citroen C3 Aircross cuma Rp 300 jutaan. Walau memang ini bukan banderol resmi, melainkan bocoran yang diungkapkan oleh para sales merek mobil Prancis tersebut di GIIAS 2023.

Mau tahu lebih detail terkait spesifikasi dan harga Citroen C3 Aircross 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Dimensi Eksterior Citroen C3 Aircross 2023

citroen c3 aircross - tampak depan

C3 Aircross tampak lebih elegan dibanding C3 biasa

Spesifikasi eksterior Citroen C3 Aircross jelas lebih besar dari C3 biasa. Panjang mobil LSUV ini mencapai 4.323 mm, lebar 1.796 mm, dan tinggi 1.669 mm.

Kemudian yang tidak kalah istimewa ground clearance mencapai 200 mm. Hal ini ditunjang penggunaan velg 17 inci dengan ban 215/60. Alhasil ketika melewati medan bergelombang, pengemudi akan tetap percaya diri dan tidak takut bodi bawah mobil bersinggungan dengan jalan.

Aura SUV semakin terasa di C3 Aircross dengan kehadiran roof rail, hingga side body moulding. Bodi mobil ini juga terlihat gagah dengan garis bodi yang mengotak.

Baca juga  BMW X3 M dan X4 M Competition Pakai Mesin Terbuas

Soal desain, eksterior C3 Aircross dibuat lebih kalem dibanding C3 biasa. Tampak dari rumah lampu kabut atau foglamp yang sederhana, serta tidak ada aksen warna oranye.

Walau demikian, bukan berarti pilihan warna bodinya tidak atraktif, total ada 10 opsi. Empat warna monotone: polar white, steel grey, platinum grey, dan cosmo blue. Hadir pula enam dual tone: polar white body with platinum grey roof, polar white body with cosmo blue roof, steel grey body with polar white roof, steel grey body with cosmo blue roof, platinum grey body with polar white roof, dan cosmo blue body with polar white roof.

Interior 7-Seater dan Jok Baris Ketiga Bisa Dicopot

citroen c3 aircross - interior jok baris ketiga

Jok baris ketig C3 Aircross bisa dicopot untuk memberi ruang bagasi luas

Dengan jarak sumbu roda mencapai 2.671 mm, maka spesifikasi interior Citroen C3 Aircross 2023 mampu menghasilkan kabin luas. Cukup untuk memuat 3-baris bangku. 

Menariknya lagi, jok baris ketiganya bisa dilepas. Alhasil kalau cuma dipakai oleh 5-orang, bagasi tetap luas dan bisa diisi banyak barang. Fitur tersebut juga dipunya oleh Renault Triber sang kompetitor yang sudah tidak lagi terdengar kabarnya.

Soal kapasitas bagasi, Citroen C3 Aircross dengan seluruh jok berdiri sebenarnya cuma muat 44 liter barang. Hanya saja bila jok baris ketiga dicopot, bisa menampung 511 liter. Kemudian kalau ditambah jok baris kedua dilipat, maka kapasitasnya bisa tembus 839 liter.

Baca juga  Cara Kerja Fitur Eco Idle di Daihatsu Terios Terbaru 2021

Kemudian untuk pelipatan joknya juga tersedia dalam berbagai macam cara. Sebut saja full house celebration mode yang bisa menampung total 7-orang dengan seluruh jok berdiri.

Ada outdoor mode yang mencopot satu jok paling belakang dan melipat 60 persen jok baris kedua. Alhasil kamu bisa meletakkan berbagai barang di sana, sekaligus tetap mendapat ruang untuk 4-orang. Camper mode beda lagi, jok baris ketiga dicopot semuanya sehingga tercipta ruang bagasi di paling belakang, serta interiornya masih mampu menampung 5-orang.

Terakhir, Citroen C3 Aircross juga punya Ultra Space Mode dengan melipat seluruh jok baris kedua dan mencopot jok baris ketiga. Alhasil bagasi yang sangat luas, namun cuma bisa menampung 2-orang di baris depan.

Soal kenyamanan berkendara dan bantingan suspensi, tidak perlu diragukan. C3 Aircross adalah sebuah Citroen yang memang dikenal sebagai merek mobil istimewa soal kenyamanannya.

Fitur-Fitur Modern

interior citroen c3 aircross 2023

Head unit besar dan panel instrumen TFT jadi menambah aura modern di LSUV Citroen ini

26 cm HD touchscreen dengan MyCitroen Connect App yang bisa terkoneksi smartphone. Dengan demikian, berbagai fitur hiburan bisa diakses dengan mudah, seperti memutar musik hingga video.

Hadir pula panel instrumen TFT berukuran 17,78 cm untuk memberi berbagai informasi soal mobil. Di dalamnya terintegrasi tyre pressure monitoring system (TPMS), eco-indicator, dan lain-lain.

Baca juga  4 Kekurangan Chery Omoda 5, Cek Sebelum Beli!

Bicara fitur keselamatan, hadir pula berbagai teknologi standar seperti anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake distribution (EBD), hingga electronic stability programme (ESO). Tidak ketinggalan hadir hill hold assist untuk memberi momentum saat mobil menanjak, serta dual front airbags.

Lalu untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, hadir pula sensor parkir belakang dan kamera mundur. Ini berfungsi mencegah mobil kamu menabrak ketika parkir mundur.

Mesin Citroen C3 Aircross 1.2-Liter Turbo

citroen c3 aircross - dashboard

Citroen C3 Aircross pakai mesin 1.200 cc turbo

Kelebihan lain dari C3 Aircross 2023 pakai mesin 1.2-liter turbo puretech 110. Bicara kubikasi memang kecil, tapi performanya istimewa dengan torsi 205 Nm dan tenaga 110 PS. Sementara untuk transmisi, cuma tersedia 6-percepatan otomatis.

Performa mesin itu tentu mampu bersaing dengan kompetitor seperti Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7 Hybrid, Toyota Rush, Daihatsu Terios, hingga Hyundai Stargazer X yang punya mesin 1.500 cc. Bahkan torsi mesin turbo milik C3 Aircross jauh lebih besar.

Harga Citroen C3 Aircross 2023

citroen c3 aircross - warna dual tone

Dengan mesin 1.200 cc turbo, harga Citroen C3 Aircross cuma Rp 300 jutaaan

Tertarik punya? Harga Citroen C3 Aircross 2023 memang belum diumumkan secara resmi. Walau demikian, sales merek mobil Prancis di GIIAS 2023 menjelaskan bahwa, LSUV 7-seater ini bakal dijual Rp 300 jutaan.

Bila benar, maka harga tersebut sangatlah bersaing dengan para kompetitor lain di Indonesia. Apalagi kehadiran mesin turbo bisa jadi daya terik tersendiri buat konsumen meminang C3 Aircross.

Itulah bahasan soal LSUV terbaru dari Citroen yaitu C3 Aircross. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika