by

Dealer Daihatsu Tutup Selama PPKM Darurat, Bengkel Buka?

PPKM Darurat memaksa dealer Daihatsu tutup, khususnya yang berada di Jawa-Bali dan 15 kota lain. Walau demikian bengkel Daihatsu tetap buka dengan pembatasan karyawan, serta pelayanan prioritas terhadap kendaraan yang membantu sektor esensial dan kritikal.

“Untuk pembelian mobil, memang tidak bisa bertemu di showroom tapi tetap dapat dilakukan secara online baik lewat website Daihatsu, sosial media, dan lain-lain,” kata Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso saat sesi wawancara virtual bersama wartawan pada Kamis (15/7/2021).

Tutupnya showroom ini dilakukan, karena Daihatsu mengikuti arahan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. PPKM Darurat sendiri berlaku sejak 3-20 Juli 2021 di Jawa-Bali. Kemudian pada 12 Juli, berlaku pula di 15 kota dan kabupaten di luar Jawa-Bali.

Rincian 15 daerah yang masuk dalam perpanjangan PPKM Darurat tersebut antara lain Kota Bukittinggi, Kota Padang, dan Kota Padang Panjang (Sumatra Barat); Kota Medan (Sumatra Utara), Kota Batam dan Kota Tanjungpinang (Kepulauan Riau); Kota Bandar Lampung (Lampung); Kota Pontianak dan Kota Singkawang (Kalimantan Barat); Kabupaten Berau, Kota Balikpapan, dan Kota Bontang (Kalimantan Timur); Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat); serta Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari (Papua Barat).

Baca juga  3 Kekurangan Mobil Kembar Raize-Rocky Dibanding Rival

Selain dealer Daihatsu tutup di area PPKM Darurat, dealer di kota-kota lain juga mengalami pembatasan sebanyak 25 persen karyawan. Hal ini merupakan salah satu komitmen pabrikan berlogo D untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Bengkel Daihatsu Tetap Buka, Tapi Dibatasi

dealer daihatsu tutup - bengkel daihatsu buka
Prioritas bengkel Daihatsu selama PPKM Darurat melayani servis untuk ambulans dan kendaraan logistik. Sementara dealer Daihatsu tutup!

Walau dealer Daihatsu tutup di area PPKM Darurat, namun untuk bengkel Daihatsu dipastikan tetap beroperasi. Hanya saja memang karyawan yang boleh masuk kerja sangat terbatas, cuma 10 persen.

Lalu untuk bengkel Daihatsu di luar area PPKM Darurat juga buka, namun dibatasi 25 persen. Lagi-lagi tujuannya untuk membatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, bengkel Daihatsu tidak bisa menerima banyak pelanggan untuk servis. Kemudian ada mobil-mobil tertentu yang diprioritaskan seperti ambulans dan mobil logistik.

“Prioritas kami, kendaraan yang masuk kategori esensial dan kritikal,” kata Hendrayadi.

Oleh karenanya, para pemilik kendaraan penumpang Daihatsu untuk perorangan harus lebih sabar agar bisa masuk ke bengkel resmi selama masa PPKM Darurat. Hendrayadi mengatakan ada baiknya para konsumen melakukan booking terleih dulu.

Baca juga  Penjualan Ritel Daihatsu Naik 36,2%, Sigra Kalahkan Xenia

Menurut laman resmi Daihatsu, booking service ke bengkel resmi bisa dilakukan via call center Astraworld dengan nomor (kode area)-1500898. Dapat pula dilakukan lewat mobile apps DaihatsuKu atau langsung telepon bengkel yang dituju.

Bengkel Daihatsu siap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumuman). Lalu menerapkan sistem pembayaran secara cashless.

Jika kamu tidak mau ke bengkel resmi, perawatan mobil Daihatsu bisa pula dilakukan di rumah melalui Daihatsu Mobile Service (DMS). Hendarayadi mengatakan saat ini sudah ada 138 unit DMS yang siap melayani konsumen di seluruh Indonesia.

Terbaru