by

Fungsi Klep Motor dan Biaya Setelnya, Wajib Tahu!

Kamu sedang mencari tahu mengenai fungsi klep motor? Sebelum kita mengetahuinya, sebaiknya kita paham dahulu pengertian klep yang terdapat pada mesin kendaraan.

Klep atau biasa juga disebut valve adalah katup yang berfungsi untuk mengatur hasil bakaran dengan membuka, menutup, mengecilkan atau membesarkan arusnya. Klep sendiri hanya ada pada motor 4tak dan terpasang pada kepala silinder mesin.

Sedangkan pada motor 2-tak fungsi klep motor digantikan oleh membran reed valve. Selain itu klep juga memilki fungsi yang sangat penting pada kinerja kendaraan. Karena jika klep tidak dalam kondisi settingan terbaik, bisa dipastikan performa mesin tidak maksimal.

Ragam Fungsi Klep pada Motor

Fungsi klep motor

Nah bicara soal fungsi, klep motor memiliki beberapa peran. Pada kendaraan bermotor, tentu terjadi proses pembakaran. Saat inilah klep bekerja.

Klep di sini berfungsi sebagai pengendali sirkulasi agar tidak terjadi pencampuran zat yang dapat menimbulkan ketidaknormalan pada ruang bakar di motor. 

Selain itu klep juga memiliki peran sebagai pengunci material yang akan dibakar di dalam ruang bakar. Alhasil tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran berlangsung, sehingga tenaga yang dihasilkan optimal.

Tahap selanjutnya yang terjadi adalah pembuangan. Fungsi klep motor di sini adalah pemisah antara pintu ruang bakar dan udara keluar. Kemudian lewat klep, zat sisa atau zat buangan dari proses pembakaran itu keluar menuju knalpot.

Mengenal Bagian-bagian Klep Motor

Fungsi klep motor

Selanjutnya, tidak ada salahnya jika mengetahui bagian-bagian klep. hal ini untuk mempermudah kita juga dalam mendeteksi bagian mana saja klep yang mengalami kerusakan. Berikut di antaranya :

Baca juga  Jangan Beli Yamaha Xmax Bekas, Sebelum Baca Ini

Pegas

Pada kondisi sedang tidak tertekan atau free, klep perlu ditahan agar tidak tertutup. Fungsi ini dapat dilakukan oleh salah satu komponen klep yang disebut dengan pegas.

Batang Klep

Batang ini terlihat memiliki ukuran yang lebih panjang dari bagian lainnya. Bagian ini memiliki karakteristik warna besi silver.

Permukaan Gesek

Bagian permukaan gesek bisa disebut sebagai bagian yang memiliki peran penunjang utama yang mendukung fungsi klep. Permukaan gesek ini nantinya akan menentukan apakah katup mengalami kebocoran atau tidak.

Ukuran inilah yang nantinya harus disesuaikan agar mudah menghindari kebocoran.

Retainer cap

Bagian terakhir dari komponen penyusun klep adalah retainer cap. Bagian ini adalah yang paling erat dengan permukaan gesek. Fungsi utamanya adalah sebagai dudukan yang terletak di atas katup yang menempel di batang klep.

Retainer

Bagian retainer adalah komponen yang terdapat dalam bagian dalam daun katup. Bagian ini akan mengunci retainer cap yang menempel pada batang katup sehingga tidak terlepas.

Daun Klep

Bagian klep selanjutnya adalah daun klep. Bagian daun katup terlihat melingkar dan menyatu pada bagian batang klep. Daun klep atau daun katup ini juga yang membantu melekatnya bagian permukaan gesek pada klep.

Baca juga  Perbandingan Pertamax dan Pertalite, Pakai yang Mana?

Ciri-ciri Motor Harus Setel Klep

fungsi klep motor

Klep motor tentu saja harus disetel ulang apabila kondisinya sudah tidak dalam kriteria baik.

Beberapa hal yang dapat dijadikan acuan sebagai tanda bahwa klep motor harus disetel ulang antara lain sebagai berikut.

Sama seperti parts lain pada kendaraan, klep juga memiliki usia setingan pakai. Apalagi jika frekuensi pemakaian yang cukup sering, maka kondisi klep juga sebaiknya lebih cermat lagi untuk dipantau.

Salah satu tanda ini adalah mesin dapat mengeluarkan suara menggelitik. Ini bisa menjadi tanda pertama yang muncul ketika klep motor bocor atau sudah mengalami pelebaran pada bagian permukaan gesek dan retainer capnya.

Tanda klep bermasalah lainnya  adalah tarikan mesin terasa berat. Namun demikian, ini juga bisa menjadi gejala dari komponen lain yang mendapat masalah. Selain itu, klep bermasalah adalah terjadinya kenaikan suhu alias mesin motor jadi cepat panas.

“Klep jika sudah bermasalah itu sangat mudah dideteksi dari suara mesin, suaranya mengganggu, karena biasanya kalau klep sudah renggang terdengar suara ngelitik kasar,” kata Rama, mekanik rumahan di bilangan Daan Mogot Jakarta Barat pada Rabu (9/6/2021).

Biaya Setel Klep Motor

Fungsi klep motor

Agar fungsi klep motor maksimal dan mengkasilkan performa yang baik, klep motor harus disetel secara berkala. Untuk yang awam, menyetel klep cukup sulit karena menyangkut pengalaman dan perhitungan. Maka dari itu untuk urusan setel klep motor ada baiknya diserahkan pada bengkel terpercaya.

Baca juga  Gadai Motor di Pegadaian? Ini Cara dan Syaratnya

Rama mengatakan di bengkelnya biaya setel klep motor dimulai dari harga Rp 25 ribuan, misalnya untuk jenis motor Honda BeAT. “Jasa itu sudah termasuk dengan biaya skir klep motor dan pembersihan kubah ruang bakar,” kata Rama.

Lalu boleh tidak, setel klep ditunda? Sebaiknya jangan. Ketika kamu sudah tahu ada gejala klep bermasalah, segeralah menuju bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

Suara ngelitik dari klep yang kendur akan terdengar terus-menerus sejak mesin dinyalakan hingga saat motor dipakai. Rama menambahkan jika klep sudah semakin kendur dan tidak segera disetel ulang, dampaknya mesin jadi sulit dihidupkan dan putaran mesin jadi tidak stabil ketika langsam.

Selain itu, klep yang kendur dapat mengakibatkan kebocoran kompresi pada mesin, hasilnya motor jadi boros bensin dan motor kehilangan tenaga saat digunakan.

“Payung klep kalau sudah parah saat diperiksa perlu diganti, dampak jangka panjangnya bikin mesin jebol karena klep bisa beradu dengan piston,” kata Rama.

Beda halnya dengan klep bengkok. Penyebab klep bengkok atau patah  biasanya bisa terjadi karena kualitas bensin, atau ubahan di mesin yang salah perhitungan, atau juga bisa dari kualitas oli di mesin yang sudah menurun.

Demikian ulasan terkait fungsi klep motor. Untuk mendapatkan update berita otomotif lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru