Harga BMW i7 dan 735i Rakitan Lokal 2023, Sedan Termewah!

by Firdaus Ali
mobil listrik BMW jadi kendaraan VIP peserta World Water Forum

Harga BMW i7 dan 735i 2023 resmi diumumkan saat peluncuran di Jakarta, Selasa (6/6/2023). Kedua BMW Seri-7 tersebut hadir di Tanah Air, untuk memenuhi segmen sedan mewah. Oleh karenanya wajar, jika banderolnya di atas Rp 2 miliar.

Khusus untuk BMW i7 yang dijual untuk pasar Tanah Air adalah varian i7 xDrive60 Gran Lusso seharga Rp 3,407 miliar. Ini merupakan mobil sedan listrik hasil impor utuh dari Jerman (CBU), kehadirannya sekaligus menjadi produk elektrifikasi termahal yang dipunya oleh The Bavarian.

Sementara itu BMW 735i M Sport merupakan hasil rakitan lokal (CKD) oleh PT Gaya Motor dengan standardisasi BMW Global, baik peralatan maupun SDM. Harga sedan bertenaga mild hybrid tersebut lebih murah dibanding versi listriknya yaitu Rp 2,287 miliar.

“Dalam melanjutkan komitmen kami untuk menambahkan model baru ke pasar Indonesia, kami hadirkan kembali produk rakitan lokal, yaitu The All New 7 (735i). Saat ini sudah ada 9 model BMW Group yang sudah dirakit secara lokal, di antaranya Seri 2, Seri 3, Seri 5, Seri 7, kemudian X1, X3, X5, X7, dan juga MINI Countryman.” terang President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. 

Meski harga BMW i7 dan 735i 2023 berbeda jauh, namun sesungguhnya kedua mobil ini berbasis sama yaitu generasi ketujuh atau dikenal dengan kode bodi BMW G70. Ciri khasnya adalah punya tampilan eksterior yang kental dengan aura kemewahan dan futuristik. Hal itu bisa terlihat dari paras yang memiliki desain grille sangat besar yang dikombinasikan lampu pipih.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV yang Hadir di IIMS 2022

Kemudian, pada bagian belakangnya tampil begitu sederhana dengan pahatan tegas. Hadir pula lampu pipih untuk membuat kesan futuristik semakin terasa.

Masuk ke interior Seri-7 G70, aura kemewahan jelas terasa lewat layar besar berukuran 31,3 inch. BMW menyebutnya sebagai Theatre Screen, bisa terkoneksi dengan kabel HDMI maupun bluetooth ke gawai, sehingga memungkinkan penumpang di baris belakang menikmati layanan film maupun musik streaming.

Interior Mobil Listrik BMW i7 G70 Punya 35 Speaker

interior bmw i7 2023

Tampilan interior BMW i7

Dengan harga BMW i7 xDrive 60 Gran Lusso 2023 yang tembus 3,407 miliar memang terlihat mahal. Terlebih bila dibanding dengan kompetitor yaitu Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line yang mulai Rp 3,1 miliar. Hanya saja kalau pembandingnya adalah varian tertinggi atau EQS 450+ AMG Line dengan banderol Rp 3,525 miliar, maka i7 xDrive 60 sedikit lebih murah.

Bagaimana dengan spesifikasi mobil listrik BMW Seri-7 yang masih impor utuh dari Jerman tersebut? Kapasitas baterai yang digendongnya adalah 105,7 kWh, memungkinkan sedan mewah ini melaju dengan jarak tempuh hingga 625 Km dalam kondisi baterai penuh. Kemudian untuk cas baterainya dari 10-80% cuma butuh 34 menit dengan 195 kW (DC, fast-charging station).

Baca juga  Review Hyundai Ioniq 5, Libas Tanjakan di Cikole Bandung!

Sementara untuk performanya, BMW i7 xDrive60 diklaim dapat mengeluarkan tenaga maksimum 544 hp dan torsi 745 Nm. Soal akselerasi, mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,7 detik.

Harga BMW i7 xDrive60 Gran Lusso yang mahal juga menjadikan spesifikasi interiornya sangat mewah. Hadir Bowers & Wilkins Diamond surround sound-system, 35 speakers, 1.965 W termasuk speakers di head restraint dan 4D untuk menambah pengalaman yang luar biasa ketika mendengar musik.

Ada pula touch screen 5,5 inci di pintu belakang (BMW Touch Command), mengubah kompartemen belakang BMW Seri 7 terbaru menjadi ruang bioskop pribadi di atas roda. Di sini, penumpang dapat melakukan streaming video, bermain game, mendengarkan musik, mendapatkan informasi, dan tonton program yang diunduh – semuanya di dalam perjalanan.

Pengemudi dan penumpang depan juga dapat menggunakan YouTube video-on-demand streaming pada tampilan kontrol untuk pertama kalinya. Anda juga dapat memasang entertainment pilihan Anda dengan HDMI.

Spesifikasi BMW 735i Rakitan Indonesia 

harga bmw i7 dan 7-series CKD 2023

Eksterior BMW G70 tampak belakang

Harga BMW i7 dan 735i 2023 memang berbeda jauh, lantaran spesifikasinya berbeda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, BMW 735i merupakan mobil dengan mesin mild hybrid yang sudah diproduksi lokal atau CKD. Ini juga bisa membuat banderolnya semakin terjangkau.

Baca juga  BMW Seri 4 Meluncur di Indonesia, Ada Coupe dan Convertible

Di atas kertas, BMW 735i M Sport CKD mengadopsi mesin 2.998 cc dengan konfigurasi 6-silinder dilengkapi dengan BMW Twin Power Turbo dan teknologi 48V MHEV, termasuk remote engine start. Di atas kertas, mobil sedan premium tersebut dapat melontarkan tenaga maksimum sebesar 286 hp  dan torsi 425 Nm. Soal kemampuan akselerasinya 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 6,7 detik.

Soal interior BMW 735i M Sport G70 menggunakan speaker Bowers & Wilkins surround soundsystem, 18 speakers, 655 W. Hadir pula kontrol iklim otomatis empat zona sesuai standar dengan slot ventilasi tipe baru. Hadir pula  panel pemanas untuk sandaran tangan di trim pintu dan konsol tengah. Sky Lounge panoramic glass sunroof dan pintu otomatis hanya dengan sentuhan tombol juga termasuk sebagai fitur standar.

Itulah tadi bahasan harga BMW i7 dan 735i di Indonesia, serta spesifikasinya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika