Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Harga dan Jenis Mobil Tesla di Indonesia, Ada Bekas Taksi

by Firdaus Ali
Jenis mobil Tesla

Ada beberapa jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia. Semuanya masuk melalui Importir Umum (IU) bernama Prestige Motors. Harga mobil Tesla tahun 2023 juga tidak ada yang murah, maklum spesifikasinya istimewa.

Kecuali Tesla bekas taksi, mulai tahun 2023 ini sudah dijual oleh Bluebird, harganya sudah lebih terjangkau. Hanya saja memang dari sisi jarak tempuh sudah sangat jauh alias kilometer tinggi. 

Buat yang belum tahu, Tesla merupakan salah satu merek mobil listrik tersohor di kancah dunia otomotif. Ciri khasnya selalu menghadirkan lini produk yang futuristik.

Sedikit menengok perjalanan Tesla. Nama Tesla sendiri diambil dari salah satu nama ilmuan di bidang ilmu fisika, teknisi mekanika dan teknisi listrik asal Amerika Serikat, yaitu Nikola Tesla. Berkat penemuan Tesla pada abad ke 19 dan awal abad 20 tersebut, mobil listrik bisa menjadi populer hingga sekarang. 

Kembali ke Tesla Motors yang merupakan merek mobil. Perusahaan ini didirikan oleh dua insinyur otomotif, yaitu Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning pada Juli 2003. Kedua orang ini ingin membuktikan bahwa mobil listrik lebih baik, lebih cepat, lebih menyenangkan, serta ramah lingkungan. Kemudian pada 2004, Elon Musk datang dengan menjadi pemegang saham terbesar, dan hingga kini menjadi direktur utama atau CEO Tesla.

Menjabat sebagai Direktur dari Tesla Motors, Elon Musk langsung tancap gas. Di mana Elon Musk memiliki tujuan utama untuk mengomersialkan mobil listrik dimulai dari mobil sport premium sebagai awal mula bisnisnya.

Memasuki tahun 2005, Tesla Motors bekerjasama dengan Lotus dan menciptakan Tesla Roadster. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini dapat menempuh jarak sejauh 356km. Tesla Roadster dapat menempuh 0-100km/jam hanya dengan waktu 4 detik. Keberhasilan Tesla Raodster membuat perusahaan ini terus berkembang, hingga memiliki banyak model yang dipasarkan.

Nah, mau tahu apa saja jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia untuk tahun 2023. Berapa kisaran harga Tesla untuk pasar Tanah Air? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Tesla Model S (Rp 3,5 miliar – Rp 4,4 miliar)

jenis mobil Tesla

Head unit Tesla Model S plain model horizontal

Harga dan Jenis mobil Tesla di Indonesia yang pertama kami bahas adalah Model S. Mobil ini dirancang oleh Franz Von Holzthausen. Tak heran, Tesla Model S ini ada sedikit aura desain Mazda sebelum era Kodo design. Sebab, Chief Designer, Tesla Motors ini sebelumnya bekerja di Mazda.

Tesla Model S resmi diluncurkan pada tahun 2012, meski sebenarnya prototipenya sudah ada sejak 2009. Mobil ini menggunakan jenis motor listrik Dual Induction Motor dengan baterai 100 kWh Lithium Ion by Tesla Motor & Panasonic. Di atas kertas, tenaga maksimum untuk kedua motor listrik (depan dan belakang) tersebut sebesar 762 hp dan torsi maksimum 1.087 Nm.

Oh ya, untuk transmisinya menggunakan Single Gear Speed Transmission dan berpenggerak All Wheel Drive. Untuk jarak tempuhnya, Tesla Model S diklaim bisa mencapai 500 kilometer.

Baca juga  Harga Mini Electric Versi Indonesia Diumumkan, Mahal?

Soal fitur, sudah dilengkapi dengan Tesla Auto Pilot. Dimana fitur ini mengandalkan 12 sensor ultrasonik yang dapat mengcover 360 derajat mobil ini. Untuk radar ultrasonik yang diletakkan di bagian depan dapat ‘melihat’ keadaan hingga 160 meter kedepan.

Tesla Model S ini juga dapat beradaptasi dengan lalu lintas bahkan berpindah jalur secara otomatis. Sehingga mobil ini diklaim memiliki kemampuan untuk full autonomous.

Untuk kabin interiornya, Tesla Model S mempunyai konsep simpel alias tidak banyak tomobil seperti mobil bensin. Terdapat layar 17 ini dibagian tengah dashboard untuk mengoperasikan AC, audio, serta fitur lain untuk mengatur pengoperasian dari mobil ini.

Oh ya, tahun 2021 lalu, Elon Musk menambah varian Tesla S Plaid. Dilansir dari laman Pocket Lint, model terbaru ini diklaim mampu melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dengan angka 1,9 detik.

Tenagaganya juga mengalami kenaikan, yaitu mencapai 1020 hp dan torsi puncak 2.000 Nm. Untuk jarak tempuhnya, Tesla S Plaid lebih jauh dari model biasa, yaitu 620 km. Kemudian kecepatan maksimumnya di angka 320 km/jam.

Oh ya, bagian interior juga ada ubahan, head unit yang sebelumnya model vertikal, untuk Tesla S Plaid bentuknya horizontal. Tesla Model S Plaid pun kini dibekali dengan layar untuk penumpang belakang. Lewat layar yang berada pada konsol tengah tersebut, maka Tesla Model S Plaid terlihat ingin lebih memanjakan penumpang yang duduk di belakang.

Tertarik punya? Kisaran harga Tesla Model S Rp 3,5 miliar hingga Rp 4,4 miliar

2. Tesla Model 3 (Rp 1,5 miliar – Rp 2,1 miliar)

Jenis mobil Tesla

Tesla Model 3

Jenis mobil Tesla di Indonesia selanjutnya adalah Tesla Model 3. Bisa dikatakan, model 3 menyasar segmen kelas menengah sesuai dengan keinginan Elon Musk sebagai pendiri Tesla untuk meluncurkan produk mobil bertenaga listrik agar bisa menyentuh segmen yang lebih luas. Harganya pun cukup terjangkau yaitu mulai Rp 1,5 miliar.

Kabin interiornya mempertahankan tampilan simpel. Dimana tidak terdapat tomobol-tombol di dashboard, karena semua fitur diperasikan melalui layah sentuh 15 inchi.

Soal fitur keselamata, terdapat Electronic stability & traction control, Four-wheel antilock disc brakes dengan electronic parking brake, serta terdapat 8 kamera, radar depan, serta 12 ultrasonic sensor yang menunjang Active Safety Technology milik tesla, dimana beberapa fitur di antaranya adalah collision avoidance dan automatic emergency braking.

Selain itu, terdapat pula fitur Enhaned Autopilot. Dimana fitur ini menggabungkan beberapa fitur seperti Autosteer, Lane Change, Side Collision Warning, Automatic Parking, dan Emergency Braking.

Oh ya, ada tiga varian dari Tesla Model 3 (Standar Range Plus, Long Range, Performance). Di mana perbedaanya dari kapasitas baterai, jarak tempuh serta akselerasi dari 0-100 km/jam. Untuk yang Performance, banderolnya paling mahal mencapai Rp 2,7 miliar.

Baca juga  PLN Beli Fleet 10 Ribu Mobil Listrik BYD

3. Tesla Model X (Rp 3,7 miliar – Rp 4,4 miliar)

Jenis mobil Tesla

Tesla Model X

Jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia berikutnya adalah Tesla Model X. Ini merupakan salah satu mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle) buatan Tesla Motors. Dari sisi harga, sekaligus yang termahal.

Tesla Model X mengusung kapasitas baterai 75 kWh. Baterai yang digunakan Tesla Model X tersebut diklaim mampu menempuh jarak hingga 380 kilometer dalam penggunaan normal.

Tesla Model X memiliki dimensi dengan panjang 5.036 mm, lebar 2.270 mm, dan tinggi 1.676 mm. Mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.964 mm.

Soal fitur, mobil ini sudah dilengkapi 9 speaker stereo system dengan FM/HD radio, MP3, AAC, dan MP4 music formats, sistem navigasi, browser, dan lain-lain. Selain itu, Tesla X juga menawarkan bebagai fitur keselamatan canggih. Seperti Side Collision Avoidance.

Di mana fitur Side Collision Avoidance ini memiliki fungsi jika terjadi benturan dari samping, mobil otomatis akan berbelok ke arah berlawanan, sehingga efek benturan berkurang drastis. Spesifikasi istimewa itu, membuat harga Tesla Model X berkisar Rp 3,7 miliar.

Selanjutnya, sama seperti Tesla model S, Tesla model X juga ada varian Plaid yang spesifikasinya tentunya lebih gahar. Tesla melengkapi mobil listrik itu dengan tiga motor listrik dan baterai berkekuatan 100 kWh. Hasilnya tenaga mobil itu mencapai 1.020 daya kuda. Tenaga yang sangat besar itu membuat mobil listrik itu berlari kencang dari diam hingga 90 kilometer per jam dalam waktu 2,5 detik.

4. Tesla Model Y (Rp 1,8 miliar – Rp 2,3 miliar)

Jenis mobil Tesla

Tesla Model Y

Bahasan harga dan jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia selanjutnya adalah Tesla Model Y. Ditawarkan dengan dua varian yaitu Long Range dan Performance.

Long Range memiliki akselerasi 4.8 detik, jarak tempuh 532 km, top speed mencapai 217 km/jam dengan opsi penggerak Dual Motor All-Wheel Drive. Sedangkan untuk varian Performance, daya akselerasi lebih cepat yaitu 3.5 detik, jarak tempuh 513 km, top speed 249 km/jam dengan opsi penggerak sama, yaitu Dual Motor All-Wheel Drive.

Untuk fitur di dalam kabin tersedia layar sentuh 15 inci HD yang disisipkan berbagai fitur seperti kamera jarak jauh, navigasi, film, dan permainan menarik.

Tidak berhenti sampai disitu, ada lagi sound system yang imersif, visualisasi real-time speed, upcoming traffic control, dan kamera 360 untuk mendeteksi kendaraan lain juga pejalan kaki. Soal harga Tesla Model Y beriksar Rp 1,8 – 2,3 Miliar.

5. Tesla Cyber Truck (Rp 1,8 miliar – Rp 2 miliaran)

Jenis mobil Tesla

Tesla Cyber truck

Jenis mobil Tesla berikut ini mempunyai model yang sangat futuristik, namanya adalah Tesla Cyber Truck. Berjenis SUV yang mempunyai ground clearance disesuaikan dengan suspensi adaptif.

Suspensi adaptif sendiri mempunyai kemampuan mengkompensasi beban variabel. Sehingga memudahkan ketika membawa beban berat. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk membuat ground clearance lebih rendah maupun lebih tinggi.

Baca juga  7 Pabrikan Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Kemudian ada pula inverter daya untuk memasok listrik 120-volt dan 240-volt yang memungkinkan penggunaan alat-alat listrik tanpa generator portable. Tak lupa Cyber Truck juga sudah dilengkapi fitur Tesla Autopilot.

Tesla Cyber Truck ditawarkan dalam tiga varian. Yaitu Single-Motor, Dual-Motor dan Tri-Motor. Adapun perbedaanya dari jarak tempuh, kecepatan maksimum, akselerasi 0-100 km/jam.

Di Indonesia, mobil ini pernah dibuka keran pemesanannya pada IIMS 2021. Ketika itu disebutkan bahwa harga Tesla Cybertruck tidak sampai Rp 2 miliar.

6. Tesla Bekas Prestige Motors Model X (Rp 3,8 Miliar)

harga mobil tesla model x bekas

Tesla bekas Prestige Motors dijual mahal

Mobil listrik Tesla memang harganya masih selangit. Spesifikasi dan nilai prestisiusnya memang menjadi daya tarik konsumen yang berkantong tebal.

Namun begitu, nyatanya Tesla bekas sudah ada yang jual. Dalam hal ini Prestige Motor selaku Importir Umum (IU) yang menjual produk Tesla.

Dilansir dari laman resmi Prestige Motor, terdapat Tesla X bekas lansiran 2020 yang dijual dengan harga yang fantastis, yaitu Rp 3,8 miliar. Meski bekas, harganya ternyata lebih mahal dari harga barunya.

Tesla model X bekas ini memang harganya lebih mahal dari harga barunya, Mungkin karena bagian interiornya sudah diupgrade All Black – Carbon Fiber Decor. Sebagai informasi, Prestige Motor menjual Tesla dengan opsi dtandar dan upgrade dibeberapa bagian.

Untuk spesifikasi Tesla Model X bekas yang dijual Prestige Motor sebagai berikut:

  • Tahun produksi: 2020
  • Warna: Midnight Silver Metallic
  • Kilometer: 13.900 an (on going)
  • Performance Type: (Dual Motor All Wheel Drive)
  • Interior Color: All Black – Carbon Fiber Decor
  • Velg: 22 inch Onyx Black Wheels
  • Kapasitas penumpang: 6 orang

7. Tesla Bekas Taksi Bluebird (Kisaran Rp 400 Jutaan)

jensi mobil tesla

Bluebird akan menjual Tesla model X bekas taksi di 2024. Sumber foto: The Jakarta Post

Selain Prestige Motor, Tesla bekas juga bisa didapatkan dari Bluebird. Yup, perusahaan transportasi yang sudah kawakan ini memang menyediakan pilihan taksi mobil listrik dan salah satunya adalah Tesla model X.

Bluebird sendiri sudah menggunakan Tesla model X sebagai armada taksinya dari tahun 2019. Untuk bisa menaikinya, konsumen harus terlebih dahulu melakukan pemesanan melalui aplikasi Bluebird karena jumlahnya terbatas.

Menurut berbagai sumber otomotif nasional, Bluebird akan menjual Tesla model X bekas taksinya di tahun 2024. Alasannya adalah mereka akan menjual setelah mendapatkan mobil listrik baru. Dalam artian peremajaan unit yang biasa mereka lakukan setiap 5 tahun.

Untuk harganya memang belum dirilis, namun informasi yang kami dapatkan saat acara peluncuran Birdmobil, kisarannya mulai dari Rp 400 jutaan. Artinya harga Tesla bekas taksi Bluebird sangat terjangkau bila dibandingkan harga Tesla baru.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia tahun 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika