oleh

5 Harga dan Jenis Mobil Tesla di Indonesia, Ini yang Termurah!

Ada beberapa jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia. Semuanya dijual melalui Importir Umum (IU) bernama Prestige Motors. Harga mobil Tesla juga tidak ada yang murah, maklum spesifikasinya istimewa.

Buat yang belum tahu, Tesla merupakan salah satu merek mobil listrik tersohor di kancah dunia otomotif. Ciri khasnya selalu menghadirkan lini produk yang futuristik.

Sedikit menengok perjalanan Tesla. Nama Tesla sendiri diambil dari salah satu nama ilmuan di bidang ilmu fisika, teknisi mekanika dan teknisi listrik asal Amerika Serikat, yaitu Nikola Tesla. Berkat penemuan Tesla pada abad ke 19 dan awal abad 20 tersebut, mobil listrik bisa menjadi populer hingga sekarang. 

Kembali ke Tesla Motors yang merupakan merek mobil. Perusahaan ini didirikan oleh dua insinyur otomotif, yaitu Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning pada Juli 2003. Kedua orang ini ingin membuktikan bahwa mobil listrik lebih baik, lebih cepat, lebih menyenangkan, serta ramah lingkungan. Kemudian pada 2004, Elon Musk datang dengan menjadi pemegang saham terbesar, dan hingga kini menjadi direktur utama atau CEO Tesla.

Menjabat sebagai Direktur dari Tesla Motors, Elon Musk langsung tancap gas. Di mana Elon Musk memiliki tujuan utama untuk mengomersialkan mobil listrik dimulai dari mobil sport premium sebagai awal mula bisnisnya.

Memasuki tahun 2005 Tesla Motors bekerjasama dengan Lotus dan menciptakan Tesla Roadster. Dalam sekali pengisian baterai, mobil ini dapat menempuh jarak sejauh 356km. Tesla Roadster dapat menempuh 0-100km/jam hanya dengan waktu 4 detik. Keberhasilan Tesla Raodster membuat perusahaan ini terus berkembang, hingga memiliki banyak model yang dipasarkan.

Nah, mau tahu apa saja jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia. Berapa kisaran harga Tesla untuk pasar Tanah Air? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Tesla Model S (Rp 3 miliar)

Jenis mobil Tesla
Tesla Model S

Harga dan Jenis mobil Tesla di Indonesia yang pertama kami bahas adalah Model S. Mobil ini dirancang oleh Franz Von Holzthausen. Tak heran, Tesla Model S ini ada sedikit aura desain Mazda sebelum era Kodo design. Sebab, Chief Designer, Tesla Motors ini sebelumnya bekerja di Mazda.

Baca juga  Spesifikasi Renault Zoe, Mobil Listrik Mungil

Tesla Model S resmi diluncurkan pada tahun 2012, meski sebenarnya prototipenya sudah ada sejak 2009. Mobil ini menggunakan jenis motor listrik Dual Induction Motor dengan baterai 100 kWh Lithium Ion by Tesla Motor & Panasonic. Di atas kertas, tenaga maksimum untuk kedua motor listrik (depan dan belakang) tersebut sebesar 762 hp dan torsi maksimum 1.087 Nm.

Oh ya, untuk transmisinya menggunakan Single Gear Speed Transmission dan berpenggerak All Wheel Drive. Untuk jarak tempuhnya, Tesla Model S diklaim bisa mencapai 500 kilometer.

Soal fitur, sudah dilengkapi dengan Tesla Auto Pilot. Dimana fitur ini mengandalkan 12 sensor ultrasonik yang dapat mengcover 360 derajat mobil ini. Untuk radar ultrasonik yang diletakkan di bagian depan dapat ‘melihat’ keadaan hingga 160 meter kedepan.

Tesla Model S ini juga dapat beradaptasi dengan lalu lintas bahkan berpindah jalur secara otomatis. Sehingga mobil ini diklaim memiliki kemampuan untuk full autonomous.

Untuk kabin interiornya, Tesla Model S mempunyai konsep simpel alias tidak banyak tomobil seperti mobil bensin. Terdapat layar 17 ini dibagian tengah dashboard untuk mengoperasikan AC, audio, serta fitur lain untuk mengatur pengoperasian dari mobil ini.

Tertarik punya? Kisaran harga Tesla Model S Rp 3 miliar.

2. Tesla Model 3 (Rp 1,5 miliar – Rp 2,7 miliar)

Jenis mobil Tesla
Tesla Model 3

Jenis mobil Tesla di Indonesia selanjutnya adalah Tesla Model 3. Bisa dikatakan, model 3 menyasar segmen kelas menengah sesuai dengan keinginan Elon Musk sebagai pendiri Tesla untuk meluncurkan produk mobil bertenaga listrik agar bisa menyentuh segmen yang lebih luas. Harganya pun cukup terjangkau yaitu mulai Rp 1,5 miliar.

Kabin interiornya mempertahankan tampilan simpel. Dimana tidak terdapat tomobol-tombol di dashboard, karena semua fitur diperasikan melalui layah sentuh 15 inchi.

Baca juga  Hyundai Ioniq 5 VS Kona EV, Beli yang Mana?

Soal fitur keselamata, terdapat Electronic stability & traction control, Four-wheel antilock disc brakes dengan electronic parking brake, serta terdapat 8 kamera, radar depan, serta 12 ultrasonic sensor yang menunjang Active Safety Technology milik tesla, dimana beberapa fitur di antaranya adalah collision avoidance dan automatic emergency braking.

Selain itu, terdapat pula fitur Enhaned Autopilot. Dimana fitur ini menggabungkan beberapa fitur seperti Autosteer, Lane Change, Side Collision Warning, Automatic Parking, dan Emergency Braking.

Oh ya, ada tiga varian dari Tesla Model 3 (Standar Range Plus, Long Range, Performance). Di mana perbedaanya dari kapasitas baterai, jarak tempuh serta akselerasi dari 0-100 km/jam. Untuk yang Performance, banderolnya paling mahal mencapai Rp 2,7 miliar.

3. Tesla Model X (Rp 2,6 miliar)

Jenis mobil Tesla
Tesla Model X

Jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia berikutnya adalah Tesla Model X. Ini merupakan salah satu mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle) buatan Tesla Motors. Dari sisi harga, sekaligus yang termahal.

Tesla Model X mengusung kapasitas baterai 75 kWh. Baterai yang digunakan Tesla Model X tersebut diklaim mampu menempuh jarak hingga 380 kilometer dalam penggunaan normal.

Tesla Model X memiliki dimensi dengan panjang 5.036 mm, lebar 2.270 mm, dan tinggi 1.676 mm. Mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.964 mm.

Soal fitur, mobil ini sudah dilengkapi 9 speaker stereo system dengan FM/HD radio, MP3, AAC, dan MP4 music formats, sistem navigasi, browser, dan lain-lain. Selain itu, Tesla X juga menawarkan bebagai fitur keselamatan canggih. Seperti Side Collision Avoidance.

Di mana fitur Side Collision Avoidance ini memiliki fungsi jika terjadi benturan dari samping, mobil otomatis akan berbelok ke arah berlawanan, sehingga efek benturan berkurang drastis. Spesifikasi istimewa itu, membuat harga Tesla Model X berkisar Rp 2,6 miliar.

4. Tesla Model Y (Rp 2 miliar – Rp 2,4 miliar)

Jenis mobil Tesla
Tesla Model Y

Bahasan harga dan jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia selanjutnya adalah Tesla Model Y. Ditawarkan dengan dua varian yaitu Long Range dan Performance.

Baca juga  Mobil Cina, DFSK Gelora E di KTT G20 untuk Shuttle!

Long Range memiliki akselerasi 4.8 detik, jarak tempuh 532 km, top speed mencapai 217 km/jam dengan opsi penggerak Dual Motor All-Wheel Drive. Sedangkan untuk varian Performance, daya akselerasi lebih cepat yaitu 3.5 detik, jarak tempuh 513 km, top speed 249 km/jam dengan opsi penggerak sama, yaitu Dual Motor All-Wheel Drive.

Untuk fitur di dalam kabin tersedia layar sentuh 15 inci HD yang disisipkan berbagai fitur seperti kamera jarak jauh, navigasi, film, dan permainan menarik.

Tidak berhenti sampai disitu, ada lagi sound system yang imersif, visualisasi real-time speed, upcoming traffic control, dan kamera 360 untuk mendeteksi kendaraan lain juga pejalan kaki. Soal harga Tesla Model Y beriksar Rp 2 – 2,4 Miliar.

5. Tesla Cyber Truck (Rp 1,8 miliar – Rp 2 miliaran)

Jenis mobil Tesla
Tesla Cyber truck

Jenis mobil Tesla berikut ini mempunyai model yang sangat futuristik, namanya adalah Tesla Cyber Truck. Berjenis SUV yang mempunyai ground clearance disesuaikan dengan suspensi adaptif.

Suspensi adaptif sendiri mempunyai kemampuan mengkompensasi beban variabel. Sehingga memudahkan ketika membawa beban berat. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk membuat ground clearance lebih rendah maupun lebih tinggi.

Kemudian ada pula inverter daya untuk memasok listrik 120-volt dan 240-volt yang memungkinkan penggunaan alat-alat listrik tanpa generator portable. Tak lupa Cyber Truck juga sudah dilengkapi fitur Tesla Autopilot.

Tesla Cyber Truck ditawarkan dalam tiga varian. Yaitu Single-Motor, Dual-Motor dan Tri-Motor. Adapun perbedaanya dari jarak tempuh, kecepatan maksimum, akselerasi 0-100 km/jam.

Di Indonesia, mobil ini pernah dibuka keran pemesanannya pada IIMS 2021. Ketika itu disebutkan bahwa harga Tesla Cybertruck tidak sampai Rp 2 miliar.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan jenis mobil Tesla yang dijual di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru