Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Sejarah Mobil Tesla, Kendaraan Listrik Paling Terkenal di Dunia

by Tigor Sihombing
sejarah mobil Tesla

Kali ini Moladin akan mengulas sejarah mobil Tesla. Kira-kira mobil listrik ini pertama kali hadir di dunia, tahun berapa ya? Lalu apa mobil Tesla pertama?

Sebelumnya perlu diketahui, jika pabrikan Tesla adalah sebuah perusahaan otomotif yang berbasis di Amerika Serikat. Pendirinya bukan Elon Musk, melainkan Martin Eberhard dan Marc Tarpenning pada tahun 2023. Barulah setelah itu

“Musk memimpin putaran pendanaan Seri A untuk perusahaan senilai $7,5 juta dan menjadi komisaris pada tahun 2004,” beber laman Business Insider.

Kemudian Musk dan Ebenhard bertengkar, hingga akhirnya Ebenhard dipecat dari posisi CEO pada tahun 2007. Alasannya, karena Ebenhard menunda produksi mobil pertama Tesla yaitu Roadster. Elon Musk lalu menjabat sebagai CEO Tesla Motors pada 2008.

Tesla Motors dikenal sebagai salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia dan juga memproduksi baterai dan produk energi terbarukan lainnya. Dalam laman resminya, Tesla mengatakan misi perusahaannya adalah mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan. Salah satu caranya yakni dengan membuat produk yang dirancang untuk menggantikan teknologi produk penyumbang terbesar pencemaran udara dunia.

Mengulas sejarah mobil Tesla, tidak lengkap tanpa mengetahui arti nama Tesla. Elon Musk sendiri, telah memberikan beberapa interpretasi mengenai arti nama “Tesla” yang dipilih untuk perusahaannya.

Salah satu penafsiran yang diberikan oleh Musk, arti nama Tesla diambil dari nama ilmuwan Serbia-Amerika, Nikola Tesla yang dianggap sebagai salah satu pionir dalam bidang teknologi listrik dan magnetisme. Selain itu, Musk juga menyatakan bahwa nama Tesla terkesan futuristik dan inovatif, sehingga cocok dengan visi perusahaan.

Tesla Roadster

sejarah mobil Tesla

Tesla Roadster merupakan mobil listrik pertama buatan merek Amerika tersebut

Untuk saat ini produk-produk utama Tesla Motors adalah mobil listrik Model S, Model X, Model 3, Model Y, dan Cybertruck. Selain itu, Tesla juga mengembangkan teknologi otonom atau self-driving untuk mobil-mobilnya. Tapi tahukah kamu, apa mobil pertama yang diproduksi dan dipasarkan Tesla?

Baca juga  Harga DFSK Gelora E Rp 480 Jutaan, Mobil Listrik Termurah!

Ternyata mobil pertama yang diproduksi oleh Tesla adalah Tesla Roadster. Jadi, sejarah mobil Tesla tidak lepas dari nama Roadster ini.

Buat yang belum tahu, Roadster adalah mobil sport listrik dua kursi yang diluncurkan pada tahun 2008. Mobil ini menggunakan platform dari Lotus Elise dan dilengkapi dengan sistem penggerak listrik yang dikembangkan oleh Tesla.

Tesla Roadster memiliki jangkauan sekitar 245 mil atau sekitar 394 km dengan satu kali pengisian baterai dan dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 125 mph atau sekitar 201 km/jam.

Setelah Roadster, Tesla kemudian mengembangkan beberapa model mobil lainnya seperti Model S, Model X, Model 3, Model Y, dan Cybertruck.

Tesla Model S

sejarah mobil Tesla - model S

Tesla Model S

Mobil produksi Tesla Motors berikutnya adalah sedan listrik Model S. Tesla Model S diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 dan menjadi salah satu model mobil listrik paling terkenal di dunia.

Model S dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih seperti sistem infotainment dengan layar sentuh 17 inci, kemampuan self-driving atau otonom, dan jangkauan yang cukup jauh untuk mobil listrik pada saat diluncurkan.

Model S tersedia dalam beberapa varian, termasuk Model S Plaid yang diluncurkan pada tahun 2021 dan menawarkan kecepatan maksimum lebih dari 200 mph (sekitar 322 km/jam) serta daya jelajah sekitar 390 mil atau sekitar 628 km dengan satu kali pengisian baterai.

Model X

sejarah mobil Tesla

sistem pintu belakang gull-wing

Sejarah mobil Tesla berlanjut melalui kehadiran Model X  pada tahun 2015. Ini menjadi salah satu kendaraan SUV listrik pertama di dunia. Model X dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih, termasuk sistem pintu belakang gull-wing yang memudahkan akses ke bagasi dan kabin, layar sentuh 17 inci untuk sistem infotainment, dan kemampuan self-driving atau otonom.

Baca juga  Volvo XC40 Recharge Sudah Bisa Dipesan!

Model X tersedia dalam beberapa varian, termasuk Model X Long Range dan Model X Plaid yang diluncurkan pada tahun 2021. Model X Plaid menawarkan kecepatan maksimum lebih dari 160 mph (sekitar 257 km/jam) serta jangkauan sekitar 340 mil atau sekitar 547 km dengan satu kali pengisian baterai.

Selain itu, Model X juga dilengkapi dengan sistem penggerak listrik ganda atau all-wheel drive yang memberikan kinerja yang lebih baik di berbagai medan, termasuk jalanan yang berliku atau berbatu.

Tesla Model 3

sejarah mobil Tesla

Tesla Model 3

Model 3 diluncurkan pada tahun 2017 dan menjadi salah satu model mobil listrik yang paling laris di dunia. Model 3 dirancang untuk menjadi mobil listrik yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Model S dan Model X, sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk memilikinya.

Model 3 dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih seperti sistem infotainment dengan layar sentuh 15 inci, kemampuan self-driving atau otonom, dan jangkauan yang cukup jauh untuk mobil listrik pada saat diluncurkan.

Model 3 tersedia dalam beberapa varian, termasuk Model 3 Standard Range Plus, Model 3 Long Range, dan Model 3 Performance. Model 3 Performance menawarkan kecepatan maksimum lebih dari 162 mph (sekitar 261 km/jam) serta jangkauan sekitar 358 mil atau sekitar 577 km dengan satu kali pengisian baterai.

Tesla Model Y

image16

Tesla Model Y

Tesla Model Y adalah SUV listrik yang diluncurkan pada tahun 2020. Model ini dirancang untuk menjadi versi yang lebih kecil dan terjangkau dari versi Model X.

Baca juga  Mobil Listrik Buatan Israel, Bisa Berubah Ukuran!

Model Y dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih, termasuk kemampuan self-driving atau otonom, layar sentuh 15 inci untuk sistem infotainment, dan ruang kabin yang luas untuk SUV berukuran sedang.

Model Y tersedia dalam beberapa varian, termasuk Model Y Long Range dan Model Y Performance. Model Y Performance menawarkan kecepatan maksimum lebih dari 155 mph (sekitar 250 km/jam) serta jangkauan sekitar 303 mil atau sekitar 488 km dengan satu kali pengisian baterai.

Tasla Cybertruck

Tasla Cybertruck

Tesla Cybertruck

Cybertruck diluncurkan pada tahun 2019 dan menjadi salah satu model kendaraan yang paling kontroversial dan unik dalam sejarah otomotif. Truk ini dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi canggih seperti kemampuan self-driving atau otonom, sistem suspensi adaptif, dan layar sentuh 17 inci untuk sistem infotainment.
 
Tesla Cybertruck tersedia dalam beberapa varian, termasuk model dasar dengan jangkauan sekitar 250 mil atau sekitar 400 km dengan satu kali pengisian baterai, model mid-range dengan jangkauan sekitar 300 mil atau sekitar 480 km, dan model high-end dengan jangkauan sekitar 500 mil atau sekitar 800 km.
 
Mobil truk listrik ini juga dilengkapi dengan kemampuan pengangkutan dan muatan yang besar, dengan kemampuan menarik hingga 14.000 pon (sekitar 6.350 kg) dan kapasitas muatan sebesar 3.500 pon (sekitar 1.588 kg).

Walau sudah dijual, tapi hingga sekarang pengiriman Tesla Cybertruck ke konsumen belum juga dilakukan. Beberapa media Amerika Serikat, mengabarkan bahwa Cybertruck akan dikirim ke konsumen pada akhir 2023.

Demikian ulasan sejarah mobil Tesla. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika